Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
1 November 2020

Moms, Simak Ragam Manfaat Masker Cokelat dan Cara Membuatnya Berikut!

Punya cokelat atau bubuk kakao di rumah? Jangan cuma dimakan, coba buat masker cokelat berikut di rumah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Saat Moms sedang merasa tertekan secara emosional dan stres, sebatang cokelat akan bisa membuat Moms merasa lebih baik dalam sekejap. Ini karena cokelat membantu meningkatkan kelancaran endorfin tubuh dan mengurangi stres.

Namun, nyatanya cokelat tidak hanya enak di lidah aja nih Moms.Cokelat juga memiliki banyak manfaat bagi kulit bila dimakan atau bahkan dioleskan pada kulit seperti dijadikan masker cokelat.

Mengutip The Journal of Nutrition, flavanol dalam dark chocolate dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Studi ini juga menunjukkan bahwa flavanol makanan dari kakao menawarkan fotoproteksi dan meningkatkan sirkulasi darah dermal.

Efeknya ini dapat dikaitkan dengan antioksidan yang akan melawan radikal bebas.

Cokelat, terutama cokelat hitam, dibuat dari biji kakao. Makanan ini sarat dengan polifenol, katekin, dan flavonol, antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit, meningkatkan aliran darah ke kulit, menjaga kulit tetap terhidrasi, dan menjaga elastisitas kulit.

Jadi, Moms pasti bisa mendapatkan manfaat juga jika menggunakan masker cokelat. Lagi pula saat ini hampir semua klinik kecantikan memiliki perawatan chocolate facial.

Saat Moms menjalani perawatan masker wajah cokelat, Moms akan merasa seperti ada air mancur cokelat yang meleleh di wajah dan mulut. Kalau sudah begini, siapa yang bisa menolaknya?

Baca Juga: Mengatasi Jerawat dengan Cokelat? Kenapa Tidak! Simak Manfaatnya di Sini

Manfaat Masker Cokelat untuk Kecantikan

Manfaat Masker Cokelat untuk Kecantikan

Foto: prelo.co.id

Ada beberapa manfaat masker cokelat untuk kecantikan yang perlu Moms ketahui berikut ini:

1. Menghidrasi Kulit dan Menjaganya Tetap Segar

Cokelat mengandung antioksidan dan vitamin C yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab serta membuatnya terlihat segar sepanjang hari.

Jika Moms memiliki kulit yang kasar dan kering, maka menggunakan masker cokelat adalah suatu keharusan, karena memberikan kelembapan pada kulit dan menjaganya tetap terhidrasi akan membuat kulit sehat dan tampak segar.

Jadi, Moms bisa menjalani perawatan cokelat ini dua kali dalam sebulan untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Melindungi Kulit dari Kondisi Lingkungan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, cokelat hitam dibuat dari biji kakao dan biji ini memiliki antioksidan dalam jumlah tinggi. Ini bisa menjadi manfaat lain dari masker cokelat.

Cokelat hitam juga mengandung triptofan, senyawa penting yang memberikan perlindungan kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya, polusi, cuaca buruk, dan lain-lain, sehingga mengurangi munculnya keriput dan garis halus.

3. Menutrisi Kulit

Masker cokelat akan memberikan nutrisi pada kulit karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kulit tampak awet muda.

Masker ini juga akan membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, kulit kasar, bintik hitam, bintik penuaan dan sebagainya.

4. Mencerahkan Kulit

Masker cokelat sangat bagus untuk mencerahkan kulit, ini karena mereka kaya akan antioksidan kuat yang akan membantu merangsang sel-sel kulit untuk meregenerasi dan menurunkan produksi pigmen.

5. Pelembap yang Sangat Baik

Masker cokelat akan sangat bermanfaat untuk kulit kering. Kulit kering membuat kulit tampak kusam dan pucat dan jika tidak dirawat dengan baik akan mengakibatkan penuaan dini.

Jadi, oleh karena itu, khasiat luar biasa yang ditemukan dalam cokelat akan membantu melembabkan kulit dan membuatnya tampak bercahaya.

Mengutip The Journal of Nutrition, flavonol yang ada dalam coklat tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya tetapi juga meningkatkan tingkat hidrasi kulit dan meningkatkan aliran darah

6. Melawan Penuaan

Seperti kita ketahui bersama, penuaan adalah proses alami dan semua orang akan mengalaminya. Namun Moms pasti tidak ingin kondisi ini cepat terjadi kan?

Salah satu tanda penuaan adalah kerutan. Moms memang tidak bisa menghentikan penuaan, tapi setidaknya Moms bisa memperlambat prosesnya dengan merawat wajah dengan masker cokelat.

Cokelat mengandung antioksidan yang akan bekerja dengan cara mencegah munculnya keriput.

7. Mengatasi Alergi

Ekstrak kakao juga dapat menyembuhkan gejala dermatitis atopik. Ini juga menjadi manfaat lain dari masker cokelat.

Sebuah studi yang dipublikasikan Science Direct, yang melibatkan tikus dilakukan oleh para peneliti dari Seoul National University dan University of Massachusetts menemukan bahwa polifenol yang ditemukan dalam ekstrak kakao mengurangi peradangan dan menyembuhkan gejala alergi lain yang terkait dengan kondisi kulit.

8. Mendetoksifikasi Kulit

Cokelat, bila dikombinasikan dengan kafein, merupakan detoksifikasi kulit yang sangat baik. Ini membantu mengangkat sel kulit mati dan memungkinkan sel kulit baru bernafas.

9. Membantu untuk Menghilangkan Jerawat

Antioksidan yang ada dalam coklat akan membantu merangsang sel kulit dan membunuh bakteri penghasil jerawat.

Jadi, Moms yang punya masalah dengan kulit yang berjerawat bisa mencoba untuk memasukkan masker cokelat ke perawatan rutin mingguan atau bulanan tergantung saran dokter kulit.

10. Membuat Kulit Halus

Cokelat mengandung sifat melembapkan yang memberikan kelembapan pada kulit dan menjadikan kulit lembut, kenyal dan halus. karena itu, manfaat masker cokelat dapat membuat kulit halus.

11. Mengangkat Sel Kulit Mati

Masker cokelat sangat efektif dalam mengangkat sel kulit mati.

Kakao dan gula bila dikombinasikan akan menjadi scrubber yang sangat baik dan ini akan membantu mengelupas sel-sel mati dan memungkinkan sel-sel baru untuk beregenerasi sehingga membuat kulit lembut dan halus.

12. Meremajakan Kulit

Masker cokelat juga dapat membant meremajakan kulit. Antioksidan yang ditemukan dalam coklat membantu meremajakan kulit Moms dan membuat kulit terasa segar dan cerah.

Baca Juga: 3 Ide Charcoal Mask yang Mudah Dibuat Sendiri, Sempat Jadi Tren

7 Cara Membuat Masker Cokelat di Rumah

7 Cara Membuat Masker Cokelat di Rumah

Foto: india.com

Tidak cuma asal oles saja lho Moms, ada beberapa cara membuat masker cokelat yang bisa dilakukan di rumah sesuai dengan masalah yang Moms miliki berikut ini:

1. Masker Wajah Lush Chocolate Untuk Kulit Berminyak Dan Rawan Jerawat

Bahan:

  • 1 sendok makan coklat bubuk (tanpa pemanis, yang digunakan untuk memanggang)
  • Sejumput kayu manis
  • 1 sendok makan madu (organik)

Cara Membuat:

  1. Ambil mangkuk dan campur bubuk coklat, madu, dan kayu manis.
  2. Buat pasta. Jika pasta terlalu kental, tambahkan lebih banyak madu.
  3. Oleskan ke wajah dan leher.
  4. Biarkan selama 20-30 menit dan kemudian bersihkan.

Campuran bahan-bahan ini akan mampu mencegah jerawat karena cokelat dan madu memiliki sifat antioksidan yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat tanpa membuat kulit menjadi kering.

Masker cokelat ini juga menjaga kulit agar tetap lembut dan kenyal. Moms harus melakukan perawatan ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Masker Wajah dari Cokelat Hitam

Bahan:

  • 2 batang cokelat hitam (gunakan yang mengandung setidaknya 70 persen kakao)
  • ⅔ cangkir susu
  • 1 sendok teh garam laut
  • 3 sendok makan gula merah

Cara Membuat:

  1. Lelehkan batang coklat dalam mangkuk.
  2. Tambahkan garam, gula, dan susu ke dalamnya dan aduk rata.
  3. Biarkan hingga dingin lalu oleskan ke wajah dan leher.
  4. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas.

Masker ini kaya akan antioksidan dan akan menutrisi kulit dan melindunginya dari radikal bebas berbahaya. Moms harus melakukan perawatan ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Masker Wajah Cokelat dan Tanah Liat

Bahan:

  • ¼ cangkir bubuk kakao
  • 2 sendok makan tanah liat (Fuller's earth)
  • 2 sendok makan yogurt tawar
  • 1 sendok teh jus lemon
  • 1 sendok teh minyak kelapa

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan dengan seksama.
  2. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher.
  3. Biarkan selama 15-20 menit.
  4. Cuci dengan air dingin.

Masker ini sangat baik untuk wajah kusam karena jus lemon dan yogurt mencerahkan kulit dan membuka pori-pori. Bubuk kakao juga kaya akan antioksidan, dan bersama dengan minyak kelapa dan tanah liat, akan meremajakan kulit.

Moms harus melakukan perawatan ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca Juga: Bolehkah Memakai Sheet Mask Setiap Hari?

4. Masker Wajah Cokelat dengan Bubuk Kakao Dan Krim Kental

Bahan:

  • 1 sendok makan bubuk coklat (tanpa pemanis)
  • 1 sendok makan krim kental

Cara Membuat:

  1. Campur bubuk kakao dengan krim kental dan buat pasta.
  2. Bersihkan wajah secara menyeluruh dan gunakan masker wajah.
  3. Biarkan selama 15-30 menit dan kemudian bersihkan.

Ini adalah masker cokelat untuk wajah yang sangat bernutrisi dan melembabkan serta cocok untuk semua jenis kulit. Bahan-bahannya akan menenangkan kulit, membuatnya lembut dan kenyal, dan juga menghaluskannya.

Moms harus melakukan perawatan ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Masker Wajah Toning Chocolate

Bahan:

  • Cokelat leleh (50 gram)
  • 1 buah pisang
  • 1 cangkir strawberry
  • 1 cangkir semangka

Cara Membuat:

  1. Haluskan buah-buahan dan tambahkan coklat ke dalamnya.
  2. Oleskan masker wajah dan biarkan selama setidaknya 20 menit.
  3. Cuci dengan air hangat.

Masker wajah pengencang dengan bahan dari buah campuran ini sangat melembabkan. Ia akan melembabkan kulit dan membuatnya lebih sehat.

Masker cokelat untuk wajah ini sangat bermanfaat selama musim panas karena memiliki efek yang sangat menenangkan pada kulit. Moms harus melakukan perawatan ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Masker Cokelat untuk Kulit Kusam

Bahan:

  • 4 sendok makan bubuk coklat (tanpa pemanis)
  • 4 sendok makan bubuk kopi
  • 8 sendok makan krim kental (Moms bisa menggunakan susu almond, yogurt, atau santan)
  • 2 sendok makan santan

Cara Membuat:

  1. Gabungkan semua bahan.
  2. Oleskan campuran di wajah dan leher
  3. Biarkan selama 20-30 menit.
  4. Cuci bersih.

Masker wajah ini tidak hanya menutrisi kulit tetapi juga mengelupasnya dengan lembut. Minyak kelapa membuatnya tetap terhidrasi, produk susu melembabkannya, dan bubuk kakao menenangkan kulit karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Moms harus melakukan perawatan ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Masker Peel Off Cokelat

Bahan:

  • ⅓ cangkir bubuk kakao tanpa pemanis
  • ¼ cangkir madu organik
  • 2 sendok makan gula merah

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan dengan seksama untuk membentuk pasta kental.
  2. Oleskan ke seluruh wajah dan leher.
  3. Biarkan mengering.
  4. Kupas dengan lembut. Moms juga bisa memijat dengan air untuk membilasnya.

Kakao dan gula menghilangkan semua sel kulit mati dari wajah dan membuka pori-pori. Sementara itu, madu akan membunuh bakteri dan melembabkan kulit. Moms harus melakukan perawatan ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Itulah manfaat masker cokelat dan cara membuat masker wajah yang bisa Moms lakukan di rumah.

Jadi, sekarang kalau ada dark chocolate atau bubuk kakao di rumah jangan cuma untuk dikonsumsi saja ya Moms. Kini Moms sudah tahu banyak jenis masker yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecantikan.

Namun, jika Moms masih ragu untuk menggunakan masker cokelat karena kulit Moms tergolong sensitif, maka Moms sebaiknya diskusikan dengan dokter kulit pribadi terlebih dahulu ya sebelum menggunakannya.

Atau sebaiknya Moms coba sedikit-sedikit dahulu untuk melihat reaksinya. Jika kulit memerah, terasa gatal, dan tidak nyaman, maka sebaiknya jangan dilanjutkan. Selamat mencoba ya Moms!

Artikel Terkait