Inspirasi Nama Bayi

INSPIRASI NAMA BAYI
28 Januari 2021

10 Rangkaian Nama Bayi Perempuan dalam Alquran 3 Kata, Cantik!

Deretan nama bayi perempuan dalam alquran 3 kata ini penuh makna
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak nama yang bisa menjadi inspirasi untuk diberikan kepada bayi. Salah satunya, banyak dari keluarga muslim yang mencari inspirasi dari Alquran.

Diyakini bahwa ketika seorang anak diberi nama dari Alquran, dia akan selamanya diingatkan tentang kitab suci dan ayat-ayatnya.

Sebab biasanya, jika seseorang sedang bingung atau gelisah, Alquran bisa memberi jawaban, termasuk saat ingin menentukan nama bayi yang baru lahir. Namun, ada beberapa aturan saat memutuskan akan memilih nama dari Alquran.

Semua kata dalam Al-Qur'an memiliki arti dan makna khusus. Beberapa kata tidak cocok digunakan sebagai nama karena konteks, makna, atau latar belakang sejarahnya.

Itu juga diarahkan oleh Nabi Muhammad untuk menghindari nama-nama yang memiliki arti negatif, tidak praktis, atau aneh.

Oleh karena itu, Moms harus memilih nama yang memiliki arti yang menyenangkan bagi anak-anaknya. Nama utusan, nabi, dan Allah juga dianjurkan untuk digunakan. Di bawah ini adalah daftar nama bayi perempuan dalam Alquran 3 kata yang bisa menjadi referensi.

Baca Juga: 19 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Unik yang Diawali dengan Huruf A

Nama Bayi Perempuan dalam Alquran 3 Kata

10 Nama Bayi Perempuan Dalam Alquran 3 Kata -1

Foto: Orami Photo Stock

Melihat banyaknya kebaikan dan makna yang tersirat pada nama dalam Alquran, ada baiknya Moms untuk segera memilih dan memberikan nama tersebut kepada Si Gadis yang baru lahir.

Agar tidak terlalu membingungkan, Moms bisa memilih nama bayi perempuan dalam Alquran 3 kata di sini!

1. Khayrah Hadeya Mastoorah

Memiliki arti kebaikan kebaikan dari seseorang yang diberi petunjuk namun tetap sederhana membuatnya termasuk dalam nama bayi perempuan dalam Alquran 3 kata yang cantik dan menawan.

Kata Kayrah disebutkan sekitar 190 kali dalam Alquran, salah satunya dalam ayat berikut, yakni: “Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha melihat apa-apa yang kamu kerjakan”. (QS Al-Baqarah (2): 110)

Kata Hadi atau hadeya disebutkan 4 kali dalam Alquran dengan varian yang beragam seperti ‘Hada’ yang berarti ‘Dia membimbing’, dan 'Huda' yang berarti ‘bimbingan’, disebutkan lebih dari 100 kali. Sedangkan Mastoorah berarti seorang gadis yang tersembunyi, tertutup dan gadis yang sederhana.

2. Saalihah Farhana Hakeema

Saalihah yang berarti bijak dan baik, Farhana yang berarti gadis yang ceria serta Hakeema memiliki arti berwawasan luas dan tegas tentunya akan menjadi nama mengandung harapan yang baik untuk Si Kecil. Nama bayi perempuan dalam Alquran 3 kata ini akan menjadi doa agar Si Kecil tumbuh sesuai namanya.

Shaalihah atau yang memiliki kata dasar Shalih disebutkan lebih dari 60 kali dalam Alquran, salah satunya dalam surat Al-A’raf, yakni: 73. “Dan (kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka shaleh. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya.

Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhammu. unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, Maka biarkanlah Dia Makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun, (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih." (QS Al-A’raf (7): 73)

3. Nourah Mariam Bahaar

Memiliki arti cahaya ibu nabi di musim semi yang indah, memberikan nama ini kepada anak yang baru lahir akan menjadi nama yang menawan. Moms yang berharapa anak akan tumbuh dengan baik dan menarik hati siapapun yang mengenalnya tentu merasakan nama ini sebagai harapan.

Nur atau Nourah yang berarti cahaya disebutkan sekitar 48 kali dalam Alquran. Salah satunya dalam surat Al-baqarah berikut ini: “Perumpamaan mereka adalah seperti orang yang menyalakan api, Maka setelah api itu menerangi sekelilingnya Allah hilangkan cahaya (yang menyinari) mereka, dan membiarkan mereka dalam kegelapan, tidak dapat melihat.” (QS Al-Baqarah (2): 17)

Nama Nur bisa digunakan untuk anak laki-laki dan perempuan. Khusus untuk perempuan, biasanya ditambahkan dengan akhiran 'ah'. Mariam sendiri merupakan nama ibu dari Nabi Isa AS yang terkenal dengan kesalihannya. Nama ini disebutkan sekitar 36 kali dalam Alquran, dan hanya dapat digunakan untuk perempuan.

Baca Juga: 8 Nama Bayi Perempuan Indonesia yang Unik dan Cantik

4. Shamsah Ameenah Maslmah

10 Nama Bayi Perempuan Dalam Alquran 3 Kata -2

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms telah melalui masa yang sulit selama kehamilan dan melahirkan, memberikan nama yang baik agar bayinya selalu selamat tentu menjadi harapan. Salah satunya dengan memberikan nama bayi perempuan dalam alquran 3 kata ini yang berarti matahari yang setia dan memberi keselamatan.

Shams memiliki arti matahari dalam bahasa Arab. Kata in disebutkan sekitar 35 kali dalam Alquran, salah satunya adalaha: “Abraham berkata, "Sungguh, Allah memunculkan matahari dari timur, jadi bawalah dari barat." Sehingga orang kafir diliputi (oleh keheranan), dan Allah tidak membimbing orang yang berbuat salah.” (QS Al-Baqarah (2): 258)

Ammen atau Ameenah berarti seseorang yang dipercaya, setia, atau memiliki imaan yang kuat. Maslama sendiri berarti seorang gadis dengan perasaan keselamatan dan keamanan. Rangkaian nama tersebut akan jadi harapan agar anak tumbuh dengan baik dan selalu berada dalam lindungan-Nya.

5. Aabida Mohameda Dahab

Aabida yang memiliki asal kata Aabid berarti kuat, dan penyembah. Sedangkan Mohameda asal katanya adalah Muhammad yang merupakan nama nabi dan rasul yang memiliki arti orang yang terpercaya. Sedangkan dahab memiliki arti emas yang berasal dari bahasa arab.

Ketiga kata tersebut termasuk dalam rangkaian nama bayi perempuan dalam alquran 3 kata yang bisa diberikan untuk bayi baru lahir. Sebab, nama tersebut jarang ditemui dan juga memiliki arti yang indah, terutama tercatat juga dalam Alquran.

Versi perempuan, Muhammadah meskipun jelas tidak disebutkan dalam Alquran, namun memiliki persamaan yang persis sama artinya sebagai Muhammad, kecuali bahwa secara artinya menjadi 'perempuan terpuji', bukan 'orang yang terpuji'.

6. Diyaa Muneera Jameelah

Memiliki arti sumber cahaya yang cemerlang dan indah, akan cocok diberikan untuk buah hati Moms yang berjenis kelamin perempuan. Kelak, akan tersebut akan menjadi sumber cahaya dalam keluarga yang mampu membuat suasana di rumah menjadi lebih hidup dan hangat.

Apalagi semuanya adalah nama bayi perempuan dalam Alquran, yang terdiri dari 3 kata. Diyaa disebutkan tiga kali dalam Alquran. Salah satunya adalah: “Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui". (QS Yunus (10): 5)

Selain itu, meskipun nama Jameelah berarti indah atau cantik, namun Alquran sering menggunakannya hanya untuk merujuk pada keindahan dalam perilaku. Salah satunya dalam sebuah ayat: “Mereka datang membawa baju gamisnya (yang berlumuran) dengan darah palsu. Ya'qub berkata: "Sebenarnya dirimu sendirilah yang memandang baik perbuatan (yang buruk) itu; Maka kesabaran yang baik Itulah (kesabaran itu indah). dan Allah sajalah yang dimohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu ceritakan.” (QS Yusuf (12): 18).

7. Khaleelah Amal Bariza

Khaleelah artinya teman dekat dan disebutkan tiga kali dalam Alquran. dan Amal berarti harapan yang telah disebutkan dua kali dalam Alquran. Sedangkan Bariza berarti terkenal yang disebutkan dua kali. Saat dirangkaikan, nama ini akan terdengar indah dengan berisi harapan untuk Si Kecil.

Kata amal salah satunya terdapat dalam ayat berikut: “Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.” (QS Al-Kahfi (18): 46).

Nama ini akan cocok diberikan, terutam bagi anak perempuan pertama yang akan menjadi sosok yang hangat dan akrab dan mengayomi adik-adiknya, dan juga sebagai harapan orang tua agar Si Kecil tumbuh sesuai dengan namanya.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Musik

8. Layyina Baheejah Marjan

Rangkaian nama bayi perempuan dalam Alquran 3 kata ini memiliki arti sosok yang lemah lembut, cantik dan ramah yang menjadi mutiara kecil yang halus. Arti dari nama ini bisa menjadi harapan agar Si Kecil menjadi sosok perempuan seperti yang diharapkan oleh Moms ini kelak.

Baheej biasanya digunakan dalam deskripsi tumbuhan. Kata ini muncul dua kali dalam Alquran, salah satunya: “Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata.” (QS Qaf (50): 7).

Menurut beberapa ulama, Marjaan adalah 'mutiara kecil dan halus', sementara yang lain mengatakan itu mengacu pada benda laut yang berharga yang juga dikenal sebagai karang merah (Corallium rubrum), yang memiliki warna sangat merah dan telah digunakan dalam pembuatan perhiasan selama ribuan tahun. Ini disebutkan dua kali dalam Alquran.

9. Tareqah Judy Marwah

Moms juga bisa mengingat momen melahirkan dengan memasukkannya kepada nama, misalnya saat melahirkan di malam hari. Tareqah yang berarti bintang jatuh atau pengunjung malam bisa dipilih.

Kemudian ditambahkan dengan Judy yang merupakan nama tempat bahtera Nabi Nuh bersandar saat banjir berakhir, dan marwah yang berarti batu putih yang halus.

Karena termasuk dalam rangkaian nama bayi perempuan dalam Alquran 3 kata, nama Judy terdengar persis seperti nama Barat populer Judy, yang merupakan kependekan dari Judith. Para ahli mengatakan bahwa ini tidak masalah, asalkan diakui bahwa namanya bersumber dari Alquran dan bukan dari Kristen.

Menurut Abu Hanifah, Marwah berarti batu putih halus dan keras, jenis yang digunakan hewan sebagai tempat menjilat garam untuk memberi nutrisi. Arti lainnya adalah batu putih yang digunakan untuk menyalakan api, yang kemungkinan besar berarti kuarsa. Itu adalah nama sebuah bukit di Mekah, yang penting untuk kegiatan haji, dan menjadi salah satu dari dua bukit tempat Hajar mencari air.

10. Naadhira Shafaa Zahrah

Rangkaian nama bayi perempuan dalam Alquran 3 kata ini akan membuat Moms tertarik. Nama Nadhira menggambarkan sesuatu yang indah, bersinar, dan murni. Hanya ada satu ayat yang menyantumkan nama ini, yakni: “(Beberapa) wajah, Hari itu, akan bersinar.” (QS Al-Qiyaama (75):22).

Kata Safaa berarti berarti batu besar dan halus, dan ini adalah nama sebuah bukit di Mekah, dan memiliki hubungan yang penting dengan islam karena dibutuhkan untuk haji. Ini juga untuk memperingati kejadian saat Siti Hajar ketika berlari di antara dua bukit untuk mencari air bagi putranya Ismail.

Zahrah memiliki arti bunga. Dalam ungkapan Arab popular, itu berarti itu adalah salah satu hal yang membuat hidup menyenangkan, misalnya kesehatan, kekayaan, dan anak-anak dapat digambarkan sebagai bunga dunia. Dalam Alquran, kata ini dapat dianggap berarti 'kemegahan' dan 'karunia'.

Selain nama yang cantik dan memiliki arti yang bermakna, Moms bisa memilih salah satu dari deretan nama bayi perempuan dalam Alquran 3 kata ini untuk Si Kecil. Jangan lupa siapkan nama panggilan yang menggemaskan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait