Resep

RESEP
26 Juni 2020

Resep Egg Benedict untuk Sarapan

Cocok untuk Moms yang suka kuning telur meleleh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Telur adalah bahan makanan favorit bagi banyak orang tua karena disukai Si Kecil dan praktis diolah. Namun kalau dibikin jadi telur ceplok dan dadar terus, bosan juga, ya. Coba resep egg benedict untuk sarapan ini saja!

Egg benedict adalah menu sarapan atau brunch tradisional Amerika yang terdiri dari roti English muffin dengan topping bacon atau ham, poached egg, serta siraman saus hollandaise. Tampilannya seperti open sandwich.

Saus hollandaise mirip mayones, sama-sama berwarna kuning dan berbahan kuning telur. Bedanya, kalau mayones menggunakan minyak, saus hollandaise memakai mentega leleh.

Karena English muffin dan bacon atau ham agak susah dicari di Indonesia, keduanya bisa diganti dengan roti tawar dan daging asap (smoked beef). Resep egg benedict dari NY Times Cooking ini sudah disesuaikan.

Yuk, siapkan bahan-bahannya dan eksekusi resep egg benedict untuk sarapan berikut ini!

Bahan Egg Benedict

Saus Hollandaise

  • 250 gram unsalted butter
  • 3 kuning telur
  • 1 ½ sdt air perasan lemon
  • ¼ sdt bubuk paprika atau cabai (opsional)
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 2 sdt air

Poached Egg

  • 1 sdm cuka
  • Garam secukupnya
  • 8 butir telur

Bahan Lainnya

  • 8 lembar roti tawar
  • 8 lembar daging asap
  • 2 sdm unsalted butter
  • 2 batang kucai, iris-iris
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Minyak atau mentega secukupnya untuk menumis daging asap

Baca Juga: Resep Sandwich Telur untuk Sarapan

Cara Membuat Egg Benedict

Saus Hollandaise

  1. Lelehkan butter di panci kecil dengan api sedang sampai berbuih tapi tidak sampai cokelat. Kira-kira 3-4 menit. Sisihkan.
  2. Blender kuning telur dan air sampai menyatu.
  3. Pelan-pelan, masukkan butter leleh yang masih panas tadi dan blender lagi sampai tercampur rata. Jika terlalu kental sampai sulit diblender, tambahkan ½ sdt air lagi.
  4. Tambahkan air lemon, bubuk paprika, garam, dan merica. Blender lagi hingga rata saja.
  5. Pindahkan saus hollandaise ke mangkuk kecil. Tutup dengan plastic wrap yang diletakkan menempel ke permukaan saus agar bagian atas saus tidak kering.

Poached Egg

  1. Masukkan air, cuka, dan garam ke dalam panci. Panaskan dengan api kecil sampai muncul gelembung-gelembung kecil.
  2. Dengan sendok sayur, aduk air searah jarum jam. Pecahkan satu buah telur di sebuah mangkuk. Tuangkan telur ke panci dan biarkan air yang berputar membuat putih telur membungkus kuning telur. Lakukan langkah yang sama untuk telur-telur lain. Satu panci bisa memasak kira-kira empat telur sekaligus.
  3. Setelah empat menit, cek kematangan telur. Ambil salah satu telur dengan sendok sayur dan tekan bagian putihnya. Jika belum padat, masukkan lagi ke air. Masak sampai putih telur mengeras tapi kuning telurnya masih encer, atau sekitar 4-5 menit.
  4. Setelah kematangannya pas, angkat telur dari air dan tiriskan. Sisihkan.

Baca Juga: Resep Sandwich Telur untuk Sarapan Sehat Anak, Yuks Buat!

Roti

Panggang roti dengan alat pemanggang roti, oven, atau wajan datar sampai garing dan berwarna cokelat keemasan. Karena akan diberi telur dan saus di atasnya, roti harus kokoh.

Daging Asap

Tumis daging asap dengan sedikit minyak di wajan datar menggunakan api sedang agak besar sampai pinggirannya renyah, atau sekitar enam menit. Angkat.

Penyelesaian

  1. Olesi roti dengan mentega.
  2. Secara berurutan, letakkan daging asap, poached egg, dan saus hollandaise di atas masing-masing roti. Kemudian, taburi dengan kucai, garam, dan lada.
  3. Nikmati segera.

Untuk: 8 buah

Per buah egg benedict mengandung sekitar 383 kalori, 30 gram lemak, 16 gram lemak jenuh, 1 gram lemak trans, 9 gram lemak tunggal tak jenuh, 3 gram lemak tak jenuh ganda, 15 gram karbohidrat, 2 gram serat pangan, 15 gram protein, serta 498 mg sodium.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Sebutir Telur Untuk Sarapan Anak Setiap Hari

Variasi Egg Benedict

  • Saus hollandaise juga bisa dibuat dengan metode double boiler. Panci kecil diletakkan di atas panci besar berisi air yang dipanaskan dengan api kecil. Di panci kecil tersebut, kuning telur, air lemon, lada, dan air dikocok bersama lalu ditambahi butter leleh sedikit-sedikit sambil terus dikocok. Setelah tercampur rata, panci kecil diangkat dari panci besar.
  • Egg benedict juga memiliki banyak variasi yang bisa disesuaikan dengan bahan yang Moms punya di rumah. Moms bisa mengganti atau menambah bahan seperti tomat, bayam, steak kecil, salmon, avokad, kornet, hash brown, dan sebagainya.

Resep egg benedict untuk sarapan ini bisa Moms coba untuk besok pagi. Hmm… Lezat!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait