Di atas 5 tahun

3 Desember 2020

7 Cara Agar Anak Suka Membaca dan Jadi Kebiasaan Baik

Yuk, terapkan cara agar anak suka membaca dengan tepat supaya jadi kebiasaan baik di masa depan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Buku adalah jendela dunia, dan sudah jadi impian semua orang tua kalau anak mereka suka membaca. Sebab gemar membaca akan menjadi sebuah kebiasaan baik di masa depan anak-anak, menambah pengetahuannya, dan membantu mereka mudah fokus dan konsentrasi saat melakukan beraham hal.

Namun, kebiasaan membaca tidak akan tumbuh dalam diri Si Kecil dengan sendirinya. Mereka butuh stimulasi serta pendampingan untuk menumbuhkan minat bacanya. Untuk itu, Moms harus menerapkan cara agar anak suka membaca yang tepat.

Baca Juga: Supaya Lebih Seru, Lakukan 5 Hal Ini Saat Membaca Dengan Balita

Pentingnya Menerapkan Cara Agar Anak Suka Membaca

Ternyata, Membaca Bermanfaat untuk Kesehatan, Lho-5.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Saloni Krishnan dan Mark H Johnson yang diterbitkan oleh Book Trust, terbukti bahwa membaca dapat mengasah keterampilan keaksaraan anak di masa depan, memfasilitasi interaksi sosial antara mereka dan orang dewasa, dan mendorong anak-anak untuk terlibat dengan dunia di sekitar mereka.

Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa membaca bisa menjadi sumber informasi yang stabil di sepanjang kehidupan anak. Stabilitas ini memungkinkan mereka untuk mengakses teks secara konstan dan dapat sangat bermanfaat bagi Si Kecil yang tumbuh dalam kondisi yang menantang. Jadi, penting sekali Moms menerapkan cara agar anak suka membaca sejak dini.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih, Perhatikan 7 Hal Ini Saat Mencari Buku Cerita Anak

7 Cara Agar Anak Suka Membaca Sejak Dini

1.Berikan Contoh

belajar-membaca-untuk-anak-5-tahun.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Shanna Schwartz, pemimpin staf pengembang senior di Columbia University Teachers College Reading and Writing Project, New York City, anak-anak akan selalu meniru apa yang dilihatnya dari orang tua.

Ketika anak dikelilingi junk food, maka dia akan tumbuh menyukai junk food. Namun jika Si Kecil dikelilingi orang yang suka membaca buku, maka dia akan menyukai hal itu juga. Pastikan anak selalu melihat ketika Moms sedang membaca. Jangan lupa berikan kesan menyenangkan mengenai kebiasaan tersebut.

Baca Juga: Yuk Ajak Anak ke 5 Perpustakaan Ini Agar Mereka Senang Membaca!

2. Bangun Ruang Khusus Membaca

ajak bermain di perpustakaan

Foto: Orami Photo Stock

Menciptakan sebuah ruang khusus untuk membaca atau perpustakaan mini bisa jadi salah satu cara agar anak suka membaca. Moms bisa bangun ruangan tersebut di salah satu sudut rumah, misalnya di pojokan ruang keluarga.

Ajak juga si kecil untuk menentukan tema ruangan tersebut. "Bekerja sama dengan anak Anda untuk menjadikan area tempat dia ingin nongkrong membuat waktu membaca menjadi lebih menarik.”

3. Hidupkan Bacaannya

yuk ajak anak wisata aquarium hero

Foto: Orami Photo Stock

Si Kecil akan terpesona ketika bisa melihat hal-hal yang dia baca secara langsung. Jadi ketika dia menyukai buku tentang ikan, ajaklah di ke Sea World untuk melihat beragam ikan. Saat dia menyukai kisah Iron Man, jangan ragu membelikannya topeng Iron Man untuk dikenakannya. Hal itu akan membuat Si Kecil merasa dekat dengan bacaannya dan tak sabar membaca kisah baru.

Baca Juga: 6 Disney Princess Favorit Sepanjang Masa

4. Nonton Film dari Buku yang Dibaca

mengajak anak pertama kali ke bioskop hero banner magz (1510x849)

Foto: Orami Photo Stock

Cara agar anak suka membaca selanjutnya adalah dengan memberikan Si Kecil buku bacaan yang sudah diangkat ke dalam film. Contoh yang paling mudah adalah dongeng klasik Disney. Cobalah baca bersama-sama dan ketika sudah selesai, Moms bisa mengajaknya untuk menonton filmnya. Hal ini biasanya bagus untuk memotivasi Si Kecil jadi suka membaca.

5. Bacakan dengan Lantang

7 Tips Membacakan Buku Pada Balita Berkebutuhan Khusus 3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip kalimat legendaris Albert Einstein, "Kalau ingin anak Anda jadi cerdas, bacakan mereka dongeng. Kalau ingin anak lebih cerdas lagi, bacakan lebih banyak dongeng." Jadi, manfaatkan waktu luang Moms untuk membacakan buku pada Si Kecil.

Menurut Dr. Nancy Carlsson-Paige, Ed.D., penulis buku Taking Back Childhood membacakan buku dengan lantang adalah cara agar anak suka membaca yang punya segudang manfaat. "Membaca dengan lantang mengajarkan edukasi dan ilmu sosial. Selain membuat anak fokus, mendengarkan cerita dari buku juga memberi jeda istirahat saat mata Si Kecil lelah membaca," jelasnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Dongeng Dalam Membentuk Karakter Anak

6. Lakukan Singkat, Sederhana, dan Mudah

Tips-Memilih-Buku-Anak-Sesuai-Dengan-Usia-Dan-Kemampuan-Membaca-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jangan berharap Si Kecil punya banyak waktu untuk membaca. Anak usia balita dan pra sekolah punya rentang perhatian yang lebih pendek daripada bayi. Coba carilah buku yang pendek dan sederhana. Biarkan dia membaca sedikit tapi dilakukan beberapa kali sehari. Hal yang sama juga perlu Moms lakukan saat membacakan cerita untuknya.

7. Biarkan Anak Memilih Bukunya

rekomen buku edukatif anak hero banner magz (1510x849)

Foto: Orami Photo Stock

Cara agar anak suka membaca yang terakhir adalah dengan membiarkan Si Kecil memilih buku bacaannya. Moms juga bisa mengajak Si Kecil pergi ke toko buku. Di sana biarkan dia memilih sendiri buku yang dia suka.

Kalau takut dia sembarang memilih buku, siapkan opsi 2-3 buku dari Anda dan ajak dia memilih salah satu di antaranya. Anak-anak akan lebih senang membaca buku yang disukai dan dipilih sendiri.

Untuk mendapatkan manfaat kebiasaan membaca yang ditanamkan pada Si Kecil, imbangi dengan pemberian nutrisi yang tepat dan bisa membantu penyerapan stimulasinya. Salah satu yang bisa Moms berikan adalah dengan memberikan asupan Bebelac 4 Bebenutri Vanila.

Susu bubuk untuk anak usia pra sekolah ini dilengkapi dengan minyak ikan, Omega 3 dan 6, FOS:GOS 1:9, serta 13 Vitamin & 5 Mineral, termasuk zat besi, zinc, vitamin A dan kalsium untuk pertumbuhan otak Si Kecil yang optimal.

Bebelac 4 Bebenutri Vanila hadir dengan berbagai pilihan rasa yang lezat. Moms bisa pilih rasanya yang sesuai dengan lidah Si Kecil. Nutrisi tepat dari Bebelac dan pemberian stimulasi berupa deretan cara agar anak suka membaca di atas akan mendukung Si Kecil tumbuh hebat.

(ADV)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait