Balita dan Anak

4 Juli 2019

Sudah Tahu Belum Moms? Ini 4 Manfaat Baik Tauge untuk Balita

Ternyata banyak lho manfaatnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Biarpun bentuknya kecil, manfaat baik tauge untuk balita ternyata besar lho, Moms. Tauge atau kecambah sebenarnya adalah tumbuhan muda yang berkembang dari biji-bijian, yang kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh balita.

Eits, tapi jangan sembarangan memberikan tauge mentah untuk balita ya, Moms. Karena menurut ahli gizi Alina Petre, MS., tauge mentah mengandung bakteri seperti E. coli dan Salmonella, sehingga wajib dimasak dengan matang sebelum dikonsumsi.

Nah, inilah beberapa manfaat baik tauge untuk balita yang harus Moms ketahui.

Baca Juga: Lezat! Begini Cara Membuat Tauge Goreng Khas Bogor

1. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Sudah Tahu Belum Moms, 4 Manfaat Baik Tauge Untuk Balita 1.jpg

Foto: Diet-health.info

Dalam sebuah studi yang dirilis oleh National Center for Biotechnology Information, dikatakan kalau mengonsumsi tauge secara rutin bisa membantu mengendalikan kadar gula darah balita lho, Moms.

Diduga manfaat baik tauge untuk balita ini terjadi berkat kandungan tinggi antioksidan jenis sulforaphane, yang bisa menurunkan tingkat hemoglobin A1c yang berhubungan dengan pengendalian gula darah, sampai dengan 10 .

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sudah Tahu Belum Moms, 4 Manfaat Baik Tauge Untuk Balita 2.jpg

Foto: Foodandnutrition.org

Ingin Si Kecil selalu sehat supaya tumbuh dan berkembang dengan optimal? Coba mulai tambahkan sedikit tauge ke dalam hidangan favoritnya deh, Moms.

Di dalam tauge terkandung vitamin C yang berperan sebagai stimulan penting bagi sel darah putih untuk memerangi penyakit dan infeksi.

Bukan cuma itu Moms, vitamin C dalam tauge juga berfungsi sebagai antioksidan kuat yang akan melindungi sel tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit kronis, juga mendukung dan menguatkan kulit, tulang rawan, serta organ tubuh.

Baca Juga: Resep Tumis Tauge Tahu Kuning: Sajian Nikmat Sahur dan Berbuka Puasa

3. Melancarkan Pencernaan

Sudah Tahu Belum Moms, 4 Manfaat Baik Tauge Untuk Balita 3.jpg

Tauge juga termasuk salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat balita sedang sembelit, karena mengandung pektin atau serat larut yang akan membantu membersihkan sisa makanan dari usus.

Data dari National Institute of Health juga menyebutkan kalau tauge bisa mengurangi kadar gluten, sehingga makanan jadi lebih mudah dicerna. Berita baik untuk balita yang sensitif terhadap gluten nih, Moms.

4. Mendukung Kesehatan dan Perkembangan Otak

Sudah Tahu Belum Moms, 4 Manfaat Baik Tauge Untuk Balita 4.jpg

Sudah tahu kan Moms, kalau folat itu penting untuk kesehatan dan perkembangan otak balita yang masih dalam masa pertumbuhan? Nah, tauge adalah salah satu sumber folat alami yang bisa dimasukkan ke dalam pola makan balita.

Kadar protein yang cukup tinggi dalam toge juga ikut membantu melindungi pertumbuhan dan kesehatan sel tubuh, menguatkan tulang, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 4 Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Nah, itulah manfaat baik tauge untuk balita. Apakah Moms punya rekomendasi resep berbahan tauge yang cocok untuk balita?

(WA)

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait