3-12 bulan

3-12 BULAN
6 Oktober 2020

Tahapan Perkembangan Bayi 1 Tahun: Ia Sudah Bukan Bayi Kecil Lagi!

Kenali berbagai perkembangan bayi 1 tahun pertama dan ketahui pula tanda merah untuk segera dikonsultasikan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perkembangan bayi 1 tahun pertama benar-benar diikuti oleh kecepatan yang luar biasa. Berat badannya akan berlipat ganda selama 5 hingga 6 bulan, dan tiga kali lipat pada ulang tahun pertamanya.

Tonggak perkembangan bayi 1 tahun pertama termasuk berguling, duduk, berdiri dan mungkin berjalan merupakan prestasi utama. Dan hati Moms atau Dads kemungkinan besar akan meleleh saat memanggil kalian untuk pertama kalinya.

Menurut March of Dimes, jika Si Kecil lahir prematur sebelum 37 minggu kehamilan, Moms perlu melihat sedikit berbeda perkembangan bayi 1 tahun pertamanya. Usia ini diharapkan untuk mencapai berbagai tonggak didasarkan pada tanggal kelahirannya, bukan tanggal lahirnya.

Jadi, jika Si Kecil lahir dua bulan lebih awal, kemungkinan besar dia akan mencapai tonggak perkembangan dua bulan lebih lambat dari perkiraannya.

Kemudian, apa saja perkembangan bayi 1 tahun pertama serta hal yang harus menjadi lampu merah untuk Moms maupun Dads?

Perkembangan Bayi 1 Tahun: Fisik

Perkembangan bayi 1 tahun pertama, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Berat badan Si Kecil kemungkinan besar akan tiga kali lipat sejak lahir. Perkembangan bayi 1 tahun pertama yaitu mereka tumbuh sebesar 50 persen sekitar 9 hingga 11 inci dan otak mereka sekitar 60 persen dari ukuran dewasa.

Namun, setelah percepatan pertumbuhan bayi 1 tahun yang luar biasa, kenaikan berat badan Si Kecil akan mulai melambat seiring dengan peningkatan aktivitasnya. Di samping itu, Moms dan Dads pun perlu tahu bahwa percepatan pertumbuhan dapat sedikit berbeda setiap anak.

Penting diingat bahwa tidak masalah bagi Si Kecil untuk terlihat sedikit lebih besar atau lebih kecil dari teman-temannya. Jika Moms serta Dads melakukan pemeriksaan secara rutin dengan baik selama tahun pertama Si Kecil, maka keadaan ini memungkinkan dokter memastikan bahwa anak tetap pada jalurnya.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Sering Dialami Bayi dalam 1 Tahun Pertama Kehidupannya

Perkembangan Bayi 1 Tahun: Keterampilan Motorik

Perkembangan bayi 1 tahun pertama, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Si Kecil yang menginjak satu tahun harus berdiri sendiri,dan mungkin telah mengambil langkah pertamanya itu. Jika belum, Moms dan Dads harus siap untuk mengabadikan momen saat pertama kali dia melakukannya.

Bila ia telah mengambil langkah pertama sebelum 12 bulan dan berjalan sendiri saat berusia 14 atau 15 bulan maka ini disebut sebagai keterampilan motorik kasar.

Sementara itu, keterampilan motorik halus dalam perkembangan bayi 1 tahun pertama yaitu kemungkinan besar sudah bisa minum dari cangkir, makan dengan sendok, dan membantu melepaskan pakaian.

Si Kecil juga harus mulai menggunakan beberapa barang sehari-hari dengan benar, termasuk telepon, dan sikat rambut. Meski tujuannya dengan hal-hal ini mungkin tidak sempurna, dia pasti memiliki niat yang benar.

Perkembangan bayi 1 tahun pertama kemungkinan akan mencerminkan beberapa perubahan besar untuk Si Kecil. Dalam waktu singkat mereka cenderung berubah dari merangkak menjadi berjalan.

Perkembangan Bayi 1 Tahun: Waktu Tidur

Perkembangan bayi 1 tahun pertama, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Pada usia 1 tahun, Si Kecil tidur sekitar 10 hingga 12 jam di malam hari dan tidur siang selama 2 hingga 4 jam. Total tidur mungkin sekitar 14 jam.

Si Kecil mungkin sedikit berkurang tidur di siang hari dan lebih banyak di malam hari. Moms atau Dads mungkin menemukan Si Kecil mulai bertransisi dari dua kali tidur seiang yang lebih pendek ke satu kali tidur lebih lama pada saat ini. Secara umum, pola tidur Si Kecil berarti waktu tidur Moms dan Dads.

Perkembangan Bayi 1 Tahun: Nutrisi

Perkembangan bayi 1 tahun pertama, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Pola perkembangan bayi 1 tahun pertama ialah Si Kecil dapat melakukan transisi dari ASI atau susu pertumbuhan ke susu sapi murni. Si Kecil membutuhkan lemak ekstra untuk pertumbuhan dan perkembangan otak yang sehat.

Jangan alihkan ke susu rendah lemak atau makanan rendah lemak lainnya sampai mencapai usia 2 tahun, atau disarankan oleh dokter anak.

Sekarang Si Kecil akan lebih sering makan-makanan keluarga, berhati-hatilah dengan bahaya tersedak. Hindari memberikan anggur utuh untuk anak yang berusia 1 tahun, popcorn, atau makanan lain yang bisa tersangkut di tenggorokannya.

Moms atau Dads juga harus tahu Si Kecil membutuhkan sekitar 1.000 kalori yang dibagi antara tiga kali makan dan dua kali cemilan sehari untuk makanan bayi 1 tahun. Tak hanya itu, kalian pun akan memerhatikan bahwa Si Kecil mungkin ingin makan banyak makanan sekaligus atau tidak sama sekali.

Prefensi makanan pun berubah dari hari ke hari. Hal ini normal. Kemudian, perkembangan bayi 1 tahun pertama sebaiknya memperkenalkan beberapa makanan yang sebelumnya ada dalam daftar terlarang.Seperti madu dapat ditambahkan ke makanan Si Kecil.

Baca Juga: 13 Makanan Bayi 1 Tahun yang Dianjurkan dan Dilarang, Catat!

Perkembangan Bayi 1 Tahun: Cara Komunikasi

Perkembangan bayi 1 tahun pertama, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Kosakata Si Kecil saat 1 tahun pertama berkembang pesat. Moms atau Dads mungkin akan mendengar beberapa kata, seperti "Mama", "Dada", "tidak", atau "uh-oh" secara teratur sekarang. Anak usia satu tahun belajar bahasa dengan meniru ucapan orang tua mereka, jadi diharapkan anak akan menjadi sedikit meniru, jika dia belum melakukannya.

Pada usia satu tahun, Si Kecil menjadi lebih sosial. Mereka mulai memahami apa yang dikatakan orang kepada mereka, dan mereka menggunakan keterampilan bahasa yang baru mereka temukan untuk menarik perhatian orang-orang di sekitar mereka.

Di bulan ke-12, Si Kecil juga akan menguji batas-batasnya, yang dapat menanggapi permintaan Moms atau Dads dengan "tidak" atau bahkan membuat ulah. Bersikaplah tegas dan beri tahu Si Kecil bahwa perilaku ini tidak dapat diterima. Sementara itu, hargai perilaku baik dengan pujian atau camilan.

Untuk membantu berkomunikasi, Urbanchildinstitute.org, meminta agar Moms atau Dads berbiara lembut kepada Si Kecil dengan suara yang tenang dan menggunakan ucapan serta kata-kata normal. Di samping itu, berikut juga bisa membantu cara berkomunikasi:

  • Tanggapi suara bayi
  • Tunjukkan kegembiraan saat dia berbicara dan mengoceh.
  • Gunakan nama Si Kecil ketika Moms atau Dads berbicara.
  • Si Kecil menangis menunjukkan bahwa dia membutuhkan sesuatu

Perkembangan Bayi 1 Tahun: Perkembangan Sosial

Perkembangan bayi 1 tahun pertama, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Sebagian besar, anak usia 1 tahun lebih suka bermain di samping anak lain, bukan dengan mereka. Tapi, Moms atau Dads mungkin melihat Si Kecil kadang-kadang mulai melibatkan anak-anak lain.

Perlu diingat, anak usia 1 tahun tidak akan mengerti apa artinya berbagi dan mungkin sangat posesif terhadap mainannya sendiri. Jangan memaksa mereka berbagi dengan anak-anak lain.

Sebaliknya, beri mereka beberapa barang yang terlarang dari orang lain sehingga mereka merasa memiliki kendali atas permainan mereka.

Baca Juga: Bolehkah Anak di Bawah 1 Tahun Diberikan Gula dan Garam?

Perkembangan Bayi 1 Tahun: Permainan

Perkembangan bayi 1 tahun pertama, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Bermain penting untuk perkembangan anak di usia ini. Ketangkasan Si Kecil yang baru ditemukan akan membuat mereka bersemangat untuk menyelidiki benda-benda di sekitarnya.

Mengguncang atau membenturkan alat musik dan bermain dengan mainan yang memiliki tuas, roda, dan bagian yang bergerak semuanya populer di zaman ini. Balok selalu merupakan pilihan yang baik, terutama saat Si Kecil merobohkan menara yang dibangun bersama

Untuk mainan terbaik dalam perkembangan anak usia 1 tahun pertama, mainan dorong bisa sangat menyenangkan. Carilah barang-barang kokoh yang akan membantu Si Kecil menjaga keseimbangannya saat mereka mulai menguji keterampilan motorik baru.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 1 Tahun

Perkembangan Bayi 1 Tahun: Perkembangan Emosi

perkembangan bayi 1 tahun: emosi

Foto: Orami Photo Stock

Si Kecil yang berusia 1 tahun akan mulai mencoba juga menjadi mandiri dalam banyak hal. Mereka mungkin bersikeras untuk mencoba membantu berpakaian sendiri dan mungkin ingin menguji keterampilan fisik yang baru.

Namun, mereka juga cenderung lebih melekat dan mencari kenyamanan kepada Moms saat merasa lelah, takut, atau kesepian. Berurusan dengan kecemasan akan berpisah atau separation anxiety, menjadi sulit. Hindari menyelinap saat anak Moms atau Dads tidak melihat.

Menghilang secara tidak terduga dapat membuat kecemasan Si Kecil semakin parah dalam jangka panjang. Sebaliknya, berikan ciuman dan janji Moms atau Dads akan segera kembali. Jangan mengulur waktu terlalu lama untuk mengucapkan selamat tinggal karena akan memperburuk keadaan juga, jadi usahakan agar rutinitas ini singkat serta meyakinkan.

Perkembangan Bayi 1 Tahun: Milestones

Perkembangan-Bayi-1-Tahun-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut American Pregnancy Association, berikut ini rangkuman perkembangan bayi 1 tahun pertama yang bisa Moms dan Dads ketahui:

  • Berjalan dengan satu tangan dipegang
  • Dapat berdiri sendiri dan mencoba langkah pertama sendirian
  • Duduk dari posisi berdiri tanpa bantuan
  • Mencoba membangun dua menara blok tetapi mungkin gagal
  • Membalik halaman di buku
  • Mengikuti objek yang bergerak cepat
  • Mengatakan tiga kata atau lebih selain "mama" atau "dada"
  • Memahami arti dari beberapa kata
  • Mengulangi kata yang sama berulang kali
  • Meniru suara, seperti suara anjing dan kucing
  • Mengenali objek dengan namanya
  • Memahami perintah verbal sederhana
  • Menunjukkan kasih saying
  • Menunjukkan kemandirian dalam lingkungan yang akrab
  • Menempel pada orang tua dalam situasi yang aneh
  • Menelusuri objek di mana ia terakhir terlihat

Sementara itu, Moms atau Dads perlu waspada bila perkembangan bayi 1 tahun pertama tidak mencapai sesuai dengan panduan dari Center of Disease and Prevention:

  • Tidak merayap
  • Tidak menahan diri saat dibantu
  • Tidak menelusuri hal-hal yang dia lihat saat Moms atau Dads sembunyikan
  • Tidak mengucapkan satu kata pun seperti "mama" atau "dada"
  • Tidak mempelajari gerakan seperti melambai atau menggelengkan kepala
  • Tidak menunjuk pada sesuatu
  • Kehilangan keterampilan yang pernah dimilikinya

Meskipun setiap anak itu unik, jika Si Kecil tidak mencapai salah satu perkembangan bayi 1 tahun pertama. Maka, beritahu dokter untuk meminta pemeriksaan perkembangan. Bicaralah dengan seseorang di komunitas yang Moms akrab untuk dukungan.

Di sisi lain, Moms dan Dads luangkan waktu untuk merayakan pencapaian Si Kecil dalam setahun terakhir. Lihat kembali foto-foto yang diambil semenjak awal kehadirannya, dan kalian pasti akan takjub melihat betapa mereka telah berkembang.

Sangat menggoda untuk membandingkan kegembiraan Moms atau Dads dengan anak-anak lain. Namun, ingatlah bahwa Si Kecil merupakan individu yang unik dengan segala kelebihan serta kekurangannya sendiri.

Apa yang dilakukan bayi lain pada usia 1 tahun tidak ada hubungannya dengan apa yang telah Moms dan Dads capai dan akan terjadi masa depan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait