Scroll untuk melanjutkan membaca

JALAN-JALAN
10 Juni 2022

Serba-Serbi Taman Waduk Pluit, Cocok untuk Moms yang Gemar Jogging!

Sayangnya, semenjak pandemi, kondisinya jadi kurang terawat
Serba-Serbi Taman Waduk Pluit, Cocok untuk Moms yang Gemar Jogging!

Foto: jakarta-tourism.go.id

Moms, di Jakarta memang sudah sangat banyak area yang untuk jalan-jalan atau menghabiskan waktu ya, Moms. Salah satunya adalah Taman Waduk Pluit. Tapi kira-kira apakah lokasi ini masih bisa Moms kunjungi?

Nah, sesuai dengan namanya, lokasi ini berada di Pluit, Kota Jakarta Utara. Bagi Moms yang tinggal di daerah Jakarta Utara tentunya sudah tahu lokasi ini, bukan?

Waduk Pluit atau yang dikenal juga sebagai Taman Waduk Pluit memunyai luas sebesar 10 hektar yang dilengkapi dengan banyak fasilitas, salah satunya adalah tempat olahraga.

Menariknya, dulu Taman Waduk Pluit sempat masuk nominasi di Guangzhou International Award for Urban Innovation tahun 2014 untuk kategori Special Recognition, lho Moms!

Yuk, Moms intip serba-serbi Waduk Pluit yang dulunya dikenal kumuh lalu apakah sekarang masih kumuh?

Baca Juga: Wisata Pulau Komodo, Tujuan Wisata yang Sangat Memanjakan Mata

Tentang Taman Waduk Pluit

taman waduk pluit

Foto: taman waduk pluit

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti melansir dari Direktori Pariwisata, sebelum menjadi tempat yang dikunjungi orang, Waduk Pluit merupakan kawasan padat penduduk yang sangat dikenal dengan lokasi kumuh.

Presiden Joko Widodo yang dulunya sempat menjadi Gubernur DKI Jakarta mengubah citra Waduk Pluit menjadi destinasi wisata murah meriah bahkan gratis dan nyaman untuk penduduk Jakarta dan sekitarnya.

Di dalam lokasi ini, ditanami berbagai macam pepohonan dan juga tersedia lapangan rumput hijau yang asri untuk dijadikan tempat bersantai atau olahraga.

Fasilitas yang bisa Moms temukan di sini adalah jogging track atau area jogging, lapangan basket, dan tempat bermain untuk Si Kecil.

Moms juga bisa menikmati pemandangan waduk yang cukup indah dilihat ketika sore hari sambil menikmati matahari terbenam.

Di lokasi ini Moms juga diizinkan untuk menggelar tikar untuk bersantai sambil melepas penat, lho!

Nah, tapi apakah hal ini masih bisa dilakukan? Yuk simak sampai habis, ya Moms!

Baca Juga: 7+ Pantai Gratis di Jakarta, Salah Satunya White Sand Beach PIK 2!

Fasilitas Taman Waduk Pluit

tempat jogging di waduk pluit

Foto: tempat jogging di waduk pluit (https://alamendah.org/2014/06/09/pasar-terminal-tpa-taman-dan-hutan-kota-terbaik-2014/taman-waduk-pluit-1/)

Foto: alamendah.org

Moms, lokasi Taman Waduk Pluit tidak jauh dari Taman Kalijodo yang juga tidak kalah terkenal. Sesuai dengan namanya, lokasi ini memberikan suasana area taman sebagai lokasi bermain Si Kecil ataupun untuk Moms dan Dads.

Lokasinya yang juga terletak di Jakarta, Moms bisa melihat hamparan hijau di tamannya beserta pemandangan gedung tinggi khas ibu kota membuat wisata Moms semakin dramatis.

Biasanya taman ini dijadikan sebagai tempat piknik atau wisata bersama keluarga ataupun teman. Moms bisa membawa makanan dan minuman kemudian membuka alas atau tikar untuk bersantai.

Nah, di Taman Waduk Pluit ada apa saja sih yang bisa Moms temui?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Sentul yang Hits, Ada Taman Fathan Hambalang dan Curug Putri Kencana!

1. Jogging Track

Seperti yang sudah disinggung di atas, Taman Waduk Pluit menyediakan lokasi untuk jogging track. Bagi Moms dan Dads yang gemar olahraga jogging di pagi hari, berkunjung ke sini bisa menjadi pilihan.

Area jogging track yang tersedia pun cukup luas jadi sangat cocok untuk yang ingin olahraga.

3. Terdapat 6 Jenis Alat Olahraga

area olahraga taman waduk pluit

Foto: area olahraga taman waduk pluit

Foto: Orami Photo Stocks

Selain jogging track, Moms bisa menemukan 6 jenis alat olahraga yang disediakan. Jadi tidak hanya jalan santai ataupun lari, Moms bisa menggunakan alatnya.

Seperti Air Walker, Seated Bike, Seat Leg Press, Seat Body Puller, Seat Horse Ride, Stand Weight Lifting. Tidak hanya digunakan untuk orang dewasa, anak-anak juga bisa menggunakannya, Moms!

Tapi tentunya dengan pantauan, ya Moms.

Baca Juga: Serba-Serbi Allianz Ecopark, Tempat Olahraga Sekaligus Wisata Edukasi Anak!

3. Area Rumput yang Luas

Area rumput yang ada di Taman Waduk Pluit cukup luas, lho Moms! Tidak hanya rumput di area ini Moms bisa menemukan pohon-pohon dan area hijau lainnya.

Kondisi Taman Waduk Pluit Sekarang

kondisi sekarang taman waduk pluit

Foto: kondisi sekarang taman waduk pluit

Foto: alamendah.org

Moms sayangnya semenjak pandemi, Taman Waduk Pluit tidak lagi seperti yang digambarkan. Beberapa fasilitasnya memang masih ada dan masih bisa digunakan beberapa.

Namun sebagian areanya cukup tidak terawat. Bahkan tidak jarang Moms akan menemukan sampah di setiap pinggirannya. Tapi jika Moms masih bisa memanfaatkan area jogging tracknya.

Memang sangat disayangkan jika perawatan semakin kendur dan tidak lagi konsisten, sedangkan dulunya taman ini menjadi taman favorit bagi wisatawan atau bagi yang tinggal di daerah Jakarta Utara.

Tong sampah yang dulunya tersedia dengan banyak pun kini sangat sulit ditemukan, dengan begitu tidak heran jika lokasi ini bisa ditemui sampah.

Hal ini kerap menjadi kenangan para pengunjung rutin sebelumnya, Moms!

Nah itu dia Moms serba-serbi Taman Waduk Pluit yang dahulu menjadi taman favorit banyak orang. Moms masih bisa berkunjung ke area ini ataupun ke Taman Kalijodo yang juga tidak jauh dari Waduk Pluit.

  • https://direktoripariwisata.id/unit/7287

Copyright © 2023 Orami. All rights reserved.