Home & Living

27 Juli 2021

11 Rekomendasi Tanaman Vertical Garden untuk Mempercantik Rumah

Temukan tanaman vertical garden yang cocok untuk rumah Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Vertical garden adalah salah satu ide unik untuk hiasan di rumah Moms. Apalagi jika tidak memiliki lahan yang luas untuk menumbuhkan tanaman. Karena tanaman vertical garden sangat mudah untuk dirawat dan bisa tumbuh di pot yang ukurannya kecil.

Pada dasarnya, jenis tanaman vertical garden tidak jauh berbeda dari yang biasanya. Hanya saja disusun ke atas atau secara vertikal. Selain itu, Moms juga bisa memilih tanaman rambat seperti timun yang memang bisa tumbuh ke atas.

Baca juga: Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini Di Kamar Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

Rekomendasi Tanaman Vertical Garden

Moms yang ingin memiliki kebun, tetapi lahan di rumah sempit, berikut rekomendasi tanaman vertical garden yang mudah untuk dirawat.

1. Tanaman Paku

Tanaman Vertical Garden, tanaman paku

Foto: freepik.com

Tanaman paku merupakan salah satu jenis tanaman vertical garden yang sangat disukai karena kemampuannya beradaptasi dan tahan akan kelembapan. Tanaman ini juga sangat mudah tumbuh dan bisa menutupi tembok dengan cepat.

Beberapa jenis tanaman paku yang mudah untuk dirawat adalah pakis pedang, pakis bintang biru dan pakis sarang burung. Umumnya, tanaman ini memang tumbuh ke bawah. Jadi saat ingin diiletakan di tembok, sebaiknya Moms menutupinya dengan tanaman lain.

2. Bromelia

Tanaman Vertical Garden, bromelia

Foto: freepik.com

Kebanyakan bromeliad memiliki akar yang dangkal dan hanya membutuhkan sedikit ruang untuk tumbuh. Ciri ini membuat bromelua menjadi tanaman vertical garden yang bisa jadi pilihan Moms.

Daunnya yang berwarna-warni dan bunga yang indah menjadi nilai tambah dari tanaman satu ini.

3. Tanaman Paku Sarang Burung

Tanaman Vertical Garden di rumah

Foto: freepik.com

Tanaman paku satu ini dikenal tumbuh dengan baik di dalam pot. Cara perawatannya juga mirip dengan Pakis Boston. Jenis tanaman vertical garden ini sangat cocok untuk menjadi hiasan di rumah.

Karena daunnya yang berwarna kuning-hijau membuat dinding di rumah Moms semakin enak untuk dipandang.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

4. Golden Pothos

Tanaman Vertical Garden golden pothos

Foto: freepik.com

Rekomendasi tanaman vertical garden yang bisa dipilih adalah golden photos. Dedaunan berwarna hijau membuat tanaman rambat ini memberikan kesan menyegarkan di rumah.

Selain untuk memperindah rumah, golden photos juga bisa mengatasi kualitas udara yang buruk. Tanaman ini juga bisa memberukan efek tenang saat diletakan di rumah atau kantor.

Keunikan lain dari tanaman ini adalah kemampuannya untuk tetap hijau, meskipun berada di dalam ruangan gelap. Namun, jika ingin menjaga tanaman ini agar selalu prima, sebaiknya diletakan di tempat yang banyak terkena sinar matahari langsung Moms.

5. Tanaman Lipstik

Tanaman Vertical Garden tanaman lipstick

Foto: gardeningknowhow.com

Tanaman yang memiliki bentuk bunga seperti lipstik ini sangat cocok untuk vertical garden di rumah Moms. Bunga ini akan tumbuh merambat ke bawah hingga satu setengah meter. Biasanya mereka bisa hidup jika menempel di tanaman lain.

Umumnya, tanaman vertical garden ini mudah tumbuh dengan lebat. Tanaman ini juga membutuhkan matahari dalam jumlah sedang. Jadi Moms yang tinggal di apartemen tetap dapat merawat tanaman ini.

6. Sukulen

Tanaman Vertical Garden, sukulen

Foto: Orami Photo Stock

Sukulen adalah tanaman dengan beberapa bentuk, warna, dan bunga yang beragam. Karena dapat menyimpan air di dalam daun dan/atau batangnya, tanaman vertical garden ini sangat mudah untuk dirawat.

Tanaman ini juga sangat udah beradaptasi dengan iklim yang keras di mana air langka atau datang secara sporadis. Tak heran, kalau sukulen merupakan tanaman yang sangat cocok untuk Moms yang super sibuk.

Baca juga: Mudah Dirawat dan Minimalis, Ini 8 Tanaman yang Cocok di Apartemen

7. Dreacaena

Tanaman Vertical Garden dracaena

Foto: freepik.com

Dracaena merupakan salah satu tanaman vertical garden yang bisa jadi koleksi di rumah. Selain mudah dirawat, tanaman ini juga bisa menjaga tanah agar selalu lembap, tetapi tidak basah.

Saat Moms terlalu banyak menyiram air ke tanaman ini, daunnya akan berubah warna menjadi kuning dan terkulai. Penting untuk selalu menjaga jumlah air yang akan diberikan saat memilih dracaena sebagai tanaman di kebun vertikal Moms.

8. Pohon Puring

Tanaman Vertical Garden, tanaman puring

Foto: pinterest.com

Pohon puring adalah semak berwarna-warni dengan daun kasar berwarna-warni pada siang hari. Dalam kondisi cahaya rendah, daun baru akan lebih kecil dan kurang berpigmen.

Tanaman vertical garden ini sangat cocok berada di daerah dengan kelembapan tinggi. Cara merawatnya juga cukup mudah. Moms hanya perlu membiarkan permukaan tanah mengering ketika selesai disiram ya. Sehingga pohon dapat menyerap air dengan efektif.

Baca juga: Yuk Coba Berkebun di Rumah, Ini 9 Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah

9. Hosta

Tanaman Vertical Garden, hosta

Foto: freepik.com

Tanaman vertical garden yang mirip dengan lilin ini juga bisa Moms pilih untuk dirawat di rumah. Hosta tumbuh subur di daerah yang beriklim sejuk atau dataran tinggi.

Warna daun hijau yang mencolok dengan bentuk beragam membuat tanaman ini sangat cocok untuk menjadi hiasan di dinding rumah Moms.

10. Anggrek

Tanaman Vertical Garden, anggrek

Foto: Orami Photo Stock

Moms juga dapat memilih bunga anggrek sebagai tamanan vertikal garden di rumah. Pastikan Moms telah memilih jenis anggrek yang tidak telalu sulit perawatannya.

Dendribium dan Oncidium spp adalah jenis anggrek yang bisa Moms pilih karena perawatannya cukup mudah. Pastikan tidak menaruh tanaman ini dibawah sinar matahari langsung jika ingin mendapatkan anggrek tumbuh subur dan indah.

11. Caladium

caladium Tanaman Vertical Garden

Foto: orami photo stock

Bentuk caladium yang unik bisa menjadi hiasan di taman vertikal rumah Moms. Daunnya yang besar dengan kombinasi warna mencolok membuat tanaman vertical garden memberikan efek menyenangkan di luar rumah.

Tanaman ini sangat mudah untuk dirawat karena tahan terhadap berbagai iklim. Jadi, Moms tidak akan kesulitan saat memilih tanaman ini untuk di rumah.

Baca juga: Tanaman Buah yang Cocok Ditanam Menggunakan Pot (Tabulampot)

Manfaat Vertical Garden

Manfaat Tanaman Vertical Garden

Foto: freepik.com

Selain menambah keindahan, vertical garden juga memiliki manfaat lain lho, Moms. Jurnal Frontiers of Psychology menjelaskan membuat vertical garden di dalam kelas dapat membantu siswa lebih fokus dalam belajar. Selain itu, adanya kebun vertikal di dalam ruangan juga bisa membantu menenangkan pikiran Moms.

Tak hanya itu, masih ada beberapa manfaat lain dari vertical garden yang perlu Moms ketahui. Berikut penjelasannya.

1. Dapat Dibuat di Lahan Sempit

Karena menggunakan tumbuhan merambat, vertical garden sangat mudah untuk dibuat di lahan yang sempit. Jadi, Moms yang tinggal di apartemen atau rumah dengan lahan terbatas.

2. Memanfaatkan Ruangan Tidak Terpakai di Rumah

Keuntungan lain dari berkebun vertikal adalah dapat memanfaatkan ruang yang tidak digunakan lagi di rumah. Selain itu, Moms juga dapat menempatkannya di mana pun asalkan cukup mendapatkan sinar matahari.

3. Mempercantik Rumah

Kebun vertikal dapat menambah keindahan di rumah. Struktur dan penyangga vertikal dapat digunakan dengan cara yang indah untuk menciptakan privasi, menyembunyikan area yang tidak sedap dipandang, atau menambahkan ruang taman dan ruang rahasia ke halaman.

Baca juga: 5 Tanaman Ini Banyak Manfaatnya Lho Jika Ditaruh di Meja Kerja

4. Mudah Dirawat

Salah satu manfaat terbaik dari berkebun vertikal adalah sangat mudah untuk dirawat. Selain itu, tanaman yang dirawat menggunakan pot juga bisa mengurangi risiko terkena gulma, hama yang tinggal di tanah. Selain itu penyakit tanaman yang ditularkan melalui tanah juga tidak akan menyerang tanaman Moms.

5. Lebih Mudah Mendapat Sinar Matahari

Karena tumbuh ke atas, tanaman merambat akan terkena sinar matahari dengan baik. Hal ini membaut mereka dapat berkembang lebih baik daripada yang dibiarkan tumbuh di tanah.

6. Tahan Terhadap Penyakit

Tanaman rambat dapat mengurangi penyebaran jamur dan penyakit yang ditularkan melalui tanah, sehingga tanaman lebih sehat. Selain itu, tanaman juga tidak akan mudah membusuk seperti saat tumbuh di tanah.

Baca juga: Cara Menanam Kaktus, Tanaman Hias yang Mudah Dirawat dan Hemat Air

Demikian rekomendasi tanaman vertical garden yang bisa Moms pilih untuk di rumah. Semoga bermanfaat ya.

  • https://wiki.nurserylive.com/t/top-10-plants-for-vertical-garden/2172
  • https://www.miraclegro.com/en-us/library/small-space-gardening/best-plants-vertical-gardening
  • https://www.homestolove.com.au/best-plants-for-vertical-gardens-13376
  • https://www.thespruce.com/top-foliage-plants-4021628
  • https://getbusygardening.com/vertical-gardening-benefits/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait