Tren

17 Januari 2021

Tak Hanya Cantik, Inilah 11 Manfaat Bunga Anggrek untuk Kesehatan dan Kecantikan

Di samping penampilan menawannya, bunga anggrek punya manfaat kecantikan dan kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Selama ini Moms mungkin mengenal bunga anggrek sebagai bunga hias yang indah dipandang. Tetapi, tidak banyak yang tahu kalau bunga anggrek ternyata memiliki banyak manfaat, terutama untuk kecantikan dan kesehatan.

Tanaman anggrek (Orchidaceae), merupakan salah satu spesies tanaman berbunga indah yang tersebar di seluruh dunia terutama di wilayah tropis, dan merupakan salah satu tumbuhan paling tangguh yang hidup di planet ini.

Tanaman anggrek pada umumnya merupakan tumbuhan terestrial atau epifit (tumbuh di tanaman lain daripada berakar di tanah) dan memiliki warna bunga yang indah.

Karena itulah, bunga anggrek merupakan bunga yang populer dan disukai karena kecantikannya.

Siapa yang menyangka, ada manfaat bunga anggrek yang mungkin belum Moms ketahui. Simak apa saja daftar manfaatnya berikut ini.

Kerap Dijadikan Obat Herbal

anggrek1

Foto: Orami Photo Stock

Banyak orang menjadikan bunga anggrek sebagai tanaman hias guna mempercantik rumah maupun halaman.

Bunga anggrek memiliki beberapa spesies yang tersebar di seluruh dunia dan beberapa di antaranya merupakan spesies bunga anggrek yang langka.

Maka tidak heran, ada orang yang rela merogoh kocek hingga jutaan Rupiah untuk membeli bunga anggrek sebagai koleksi.

Selain enak dipandang karena kecantikannya, bunga anggrek juga memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Bunga ini termasuk tanaman yang dapat dikeringkan dan dihaluskan untuk dijadikan obat herbal. Bunga anggrek juga dapat dikonsumsi dalam bentuk teh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akar anggrek memiliki sifat antibiotik alami. Ada beberapa jenis bunga anggrek yang sering dijadikan obat herbal seperti Aerides odorata, Anoectochilus Formosa, dan Rhynchostylis retusa.

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat bunga anggrek? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menanam dan Merawat Anggrek

Manfaat Bunga Anggrek Untuk Kecantikan

Sebagian orang yang lebih suka memilih menggunakan bahan alami dalam produk perawatan kecantikan wajah dan kulit karena dipercaya lebih aman digunakan untuk jangka panjang.

Selain buah dan sayur, bunga dan beberapa jenis tumbuhan rupanya juga menjadi bahan alami yang sering dipilih sebagai bahan tambahan perawatan kecantikan wajah.

Beberapa jenis bunga yang sering didengar dalam komposisi produk perawatan kecantikan di antaranya adalah bunga anggrek, bunga mawar, bunga lavender, dan masih banyak jenis bunga lainnya.

Bunga anggrek salah satunya, mengandung beberapa zat yang dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Tidak hanya sebagai tanaman hias, bunga anggrek memiliki khasiat untuk mencerahkan, melembabkan, dan mengencangkan kulit.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat bunga anggrek untuk kecantikan di bawah ini!

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Coba Sekarang!

1. Melawan Radikal Bebas

Bunga anggrek memiliki kandungan antioksidan

Foto: Freepik.com

Manfaat bunga anggrek untuk kecantikan yang pertama adalah bunga anggrek dapat melawan radikal bebas.

Kelopak bunga anggrek dikemas dengan antosianin, yaitu pigmen pada tumbuhan yang menciptakan warna seperti warna merah muda, ungu, dan biru.

Antosianin juga ditemukan pada beberapa buah-buahan seperti blueberry, delima, acai, dan anggur.

Antosianin pada bunga anggrek bermanfaat melindungi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dengan cara menonaktifkan molekul yang sangat reaktif seperti radikal bebas dan reactive oxygen species (ROS) yang terbentuk selama kulit terkena paparan sinar matahari dan dapat mengakibatkan kerusakan sel dan jaringan kulit yang signifikan.

Selain itu, antosianin pada bunga anggrek dapat meningkatkan enzim detoksifikasi yang membantu menghilangkan racun, serta mengurangi peroksidasi lipid (kerusakan lemak) dan kerusakan DNA yang dapat memicu pembentukan kanker.

Mengutip dari Botanical Formulations, terdapat penelitian yang menunjukkan antosianin berpotensi melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Meskipun penelitian ini masih dalam bentuk murni berbasis kimia, hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan antosianin topikal dengan dosis rendah dapat mencegah kerusakan kulit UV dengan menurunkan jumlah radiasi UVB yang sampai ke epidermis (lapisan terluar kulit).

2. Mengurangi Tanda Penuaan

Banyak perusahaan kosmetik di dunia yang menggunakan ekstrak bunga anggrek sebagai bahan aktif dalam produk mereka. Beberapa penelitian pun dilakukan guna mengecek validasi manfaat bunga anggrek untuk kecantikan.

Salah satunya dalam jurnal penelitian A Comprehensive Review of the Cosmeceutical Benefits of Vanda Species (Orchidaceae), mengatakan bahwa bunga anggrek memiliki manfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan.

Ekstrak anggrek dari spesies Vanda Coerulea dan V. Teres dapat memperlambat penuaan yang disebabkan oleh reactive oxygen species (ROS) selama kulit terkena paparan sinar UV karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

Ekstrak bunga anggrek berguna sebagai anti-aging karena ekstrak ini dapat merangsang respirasi mitokondria agar bekerja dengan lebih baik.

Dengan kerja yang maksimal dari mitokondria, maka sel-sel kulit sehat dan baru akan beregenerasi dengan cepat serta melepaskan sel-sel kulit mati yang dapat memperparah penuaan.

Selain itu bunga anggrek mengandung mineral alami seperti kalsium, zinc dan magnesium yang juga mampu membantu melawan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Bunga anggrek juga dapat mengatur pigmentasi kulit sehingga membuat warna kulit lebih merata.

3. Melembapkan Kulit

Bunga anggrek dapat melembapkan kulit

Foto: Freepik.com

Manfaat bunga anggrek untuk kecantikan selanjutnya adalah bunga anggrek mampu melembabkan kulit. Bunga anggrek memiliki mucilage (lendir) yang dapat menjaga hidrasi pada kulit.

Mucilage berfungsi sebagai pelembab dan emolien karena daya ikat airnya yang tinggi.

Selain itu, antosianin yang terdapat pada bunga anggrek juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dengan mencegah kerusakan kolagen, sekaligus memulihkan kulit dari kerusakan yang sudah terjadi.

4. Mencerahkan Kulit

Jika Moms ingin memiliki wajah cerah dan bercahaya, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan menggunakan produk kecantikan yang mengandung ekstrak bunga anggrek.

Manfaat bunga anggrek untuk kecantikan kulit ini karena selain antosianin, bunga anggrek juga memiliki senyawa kimia lain yaitu flavonoid.

Flavonoid mengandung konsentrasi antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu melawan radikal bebas yang ada di lingkungan.

Hasilnya, bunga anggrek mampu berkontribusi dalam menjaga penampilan kulit dan membuatnya lebih cerah.

Baca Juga: Tak Hanya Nikmat Jadi Lalapan, Ketahui Manfaat Daun Kenikir Berikut!

Manfaat Bunga Anggrek Untuk Kesehatan

Selain untuk kecantikan, bunga anggrek juga bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa budaya di dunia bahkan percaya bahwa bunga anggrek dapat menjadi obat herbal untuk berbagai macam penyakit seperti demam, kencing manis, ginjal dan paru-paru.

Menurut sejarah Tiongkok kuno, bunga anggrek baik batang dan umbi nya sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Sebenarnya apa saja manfaat bunga anggrek untuk kesehatan?

Mari kita bahas satu persatu!

5. Kaya Akan Antioksidan

Bunga anggrek adalah salah satu sumber antioksidan

Foto: Freepik.com

Manfaat bunga anggrek untuk kesehatan yang pertama adalah bunga anggrek kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Mengutip dari Healthline, tanpa antioksidan, radikal bebas akan menyebabkan kerusakan serius dengan sangat cepat dan dapat berakibat fatal.

Sebenarnya, radikal bebas memiliki fungsi untuk kesehatan, misalnya sel kekebalan tubuh menggunakan radikal bebas untuk melawan infeksi.

Oleh karena itu, antioksidan sangat diperlukan dalam tubuh untuk menjaga keseimbangan jumlah radikal bebas di dalam tubuh.

Pasalnya, jika jumlah radikal bebas melebihi jumlah antioksidan, dapat menyebabkan keadaan yang disebut dengan stres oksidatif dan dapat memicu berbagai penyakit seperti kanker.

6. Meredakan Stres

Stres merupakan reaksi tubuh yang umum terjadi pada setiap manusia. Banyak faktor pemicu stres seperti tekanan batin akibat masalah keluarga, pekerjaan, cinta, dan lain sebagainya.

Meskipun banyak faktor pemicu stres, tetapi banyak juga hal yang dapat meredakan stres, misalnya dengan pergi berlibur, pijat, atau melakukan hobi yang disenangi.

Namun, tahu tidak Moms, kalau ternyata ada manfaat bunga anggrek sebagai bunga yang dapat membantu melawan stres?

Ada beberapa jenis bunga anggrek yang dapat mengobati rasa stres seperti Aerides odorata, Vanda tricolor, Dendrobium crumenatum, dan Phalaenopsis violacea.

Spesies bunga-bunga anggrek ini memiliki aroma yang harumnya menenangkan.

Bunga anggrek juga digunakan dalam banyak obat-obatan herbal yang dapat membantu ketenangan mental.

7. Merawat Tulang dan Gigi

Bunga anggrek mampu merawat tulang dan gigi

Foto: Freepik.com

Manfaat bunga anggrek untuk kesehatan selanjutnya adalah bunga anggrek dapat membantu merawat kesehatan tulang dan gigi.

Bunga anggrek mengandung kalsium dan magnesium yang berperan penting dalam kesehatan tulang dan gigi.

Kalsium berkontribusi untuk membantu mengurangi pengeroposan tulang. Sedangkan magnesium berkontribusi pada peningkatan kepadatan tulang dan membantu mencegah timbulnya osteoporosis.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Menjaga Metabolisme Tubuh

Manfaat bunga anggrek lainnya adalah jika dikonsumsi bunga anggrek dapat menjaga metabolisme tubuh. Salah satu zat yang ditemukan dalam bunga anggrek adalah zinc.

Zinc merupakan nutrisi yang dapat membantu sistem kekebalan dan fungsi metabolisme di dalam tubuh.

Dalam jurnal yang diterbitkan oleh National Library of Medicine menyatakan bahwa zinc diperlukan untuk aktivitas lebih dari 300 enzim yang membantu metabolisme, pencernaan, fungsi saraf, dan banyak proses lainnya.

Zinc juga penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka serta menjaga indera perasa dan indera penciuman.

Selain itu, kandungan antosianin dan flavonoid pada bunga anggrek juga menunjukkan kemampuan untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

9. Meningkatkan Konsentrasi

Bunga anggrek dapat meningkatkan konsentrasi

Foto: Freepik.com

Manfaat bunga anggrek untuk kesehatan otak juga ada lho, Moms.

Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa berada di sekitar tanaman dapat membantu meningkatkan konsentrasi, produktivitas, dan meningkatkan retensi memori hingga 20 persen.

Jadi, tidak ada salahnya untuk memiliki tanaman bunga anggrek di rumah atau di tempat kerja lho, Moms.

10. Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernaan bisa menjadi semakin parah jika tidak segera ditangani.

Sebelum menggunakan obat pencahar, tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan alami guna menghilangkan sembelit dan melancarkan pencernaan.

Salah satu bahan alami yang dapat membantu melancarkan pencernaan adalah bunga anggrek. Ini menjadi manfaat bunga anggrek yang tentunya penting diketahui.

Bunga anggrek mengandung serat dan cairan yang membuatnya cocok untuk mencegah dan mengobati sembelit, diare, dan masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: 12 Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan yang Patut Dicoba

11. Menyehatkan Mata

Bunga anggrek memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan mata

Foto: Freepik.com

Manfaat bunga anggrek untuk kesehatan mata adalah berkat kandungan yang terletak pada daun dan bunganya. Daun dan bunga anggrek mengandung vitamin C dan E yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Mengutip dari North Carolina Optometric Society, menyatakan bahwa vitamin C berpotensi dapat menurunkan risiko katarak.

Selain itu, bila dikonsumsi bersamaan dengan nutrisi penting lainnya, dapat memperlambat degenerasi makula mata akibat usia dan hilangnya ketajaman visual.

Sedangkan vitamin E berfungsi untuk melindungi sel di mata dari molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang merugikan tubuh dengan memecah jaringan sehat.

Bagi Moms yang ingin mencoba merasakan khasiat bunga anggrek, saat ini sudah cukup banyak produk yang mengandung bunga anggrek di dalamnya. Coba yuk, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait