Kesehatan

12 Mei 2020

Waspada, Ketahui 5 Tanda-Tanda Awal Mata Katarak

Katarak adalah masalah mata yang umum pada lansia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Katarak adalah penyakit mata yang sangat umum terjadi seiring bertambahnya usia. Masalah penglihatan ini membuat seolah ada area berawan di lensa mata.

Pada awalnya dilansir oleh National Eye Institute, seseorang mungkin tidak menyadari jika memiliki mata katarak. Namun seiring berjalannya waktu, katarak dapat membuat penglihatan buram, kabur atau kurang berwarna.

Seseorang juga mungkin kesulitan membaca atau melakukan kegiatan sehari-hari lainnya. Tapi, masalah ini masih bisa diatasi dengan operasi menghilangkan katarak.

Orang yang menggunakan lensa mata setiap hari, mulai dari membaca, mengemudi hingga mengamati burung. Seiring bertambahnya usia dilansir oleh healthline.com, protein di dalam lensa dapat menggumpal dan mengubah lensa mata dari bening menjadi berawan.

Adapun kondisi lainnya yang meningkatkan risiko seseorang menderita katarak, antara lain:

  1. Sering berada di bawah sinar matahari tanpa pelindung mata
  2. Merokok
  3. Gula darah tinggi
  4. Menggunakan obat steroid
  5. Paparan radiasi

Baca Juga: Warna Mata Ternyata Ungkapkan Kesehatan Tubuh Kita! Ini Dia Penjelasannya

Gejala Mata Katarak

Sebanyak lebih dari 20 juta orang Amerika di atas usia 40 memiliki katarak di satu atau kedua matanya.

Adapun gejala mata katarak yang dilansir oleh The Healthy, antara lain:

1. Penurunan Persepsi Warna

Tanda katarak - persepsi warna.jpg

Foto: shutterstock.com

Katarak akan menurunkan persepsi mata terhadap warna. Beberapa warna akan terlihat memudar ketika seseorang sudah memiliki katarak. Misalnya, warna putih akan terlihat jauh lebih kuning daripada aslinya.

"Ketika orang mengembangkan katarak, ada warna-warna yang akan terlihat pudar atau menguning," kata Michael Nordlund, MD dari Cincinnati Eye Institute.

Karena itu, operasi katarak akan melakukan perbaikan yang salah satunya meningkatkan penglihatan warna. Tetapi operasi hanya mengembalikan visi warna ketika masa mudanya.

Baca Juga: Warna Mata Ternyata Ungkapkan Kesehatan Tubuh Kita! Ini Dia Penjelasannya

2. Sensitif Terhadap Cahaya

Tanda katarak - sensitif cahaya.jpg

Foto: shutterstock.com

Tingkat cahaya tertentu akan mengganggumu ketika memiliki katarak, meskipun sebelumnya tidak. Seperti cahaya lampu dan matahari yang akan menjadi musuh terbesar penderita katarak. Karena, katarak menyebarkan banyak cahaya yang masuk ke mata.

Dokter mata mengatakan bahwa sensitivitas terhadap cahaya adalah gejala yang paling umum.

"Jika orang memiliki katarak, cahaya tidak memiliki jalur di bagian belakang mata. Sehingga seseorangsemakin sulit melihat dengan jelas," kata James Schumer , MD, dokter spesialis mata.

Baca Juga: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Anak, Tidak Hanya Wortel!

3. Kesulitan Mengemudi Malam Hari

Tanda katarak - nyetir malam hari.jpg

Foto: shutterstock.com

Katarak juga menyulitkan seseorang mengatur keseimbangan antara gelap dan terang ketika berada di lalu lintas. Kondisi ini sangat menyulitkan orang katarak ketika mengemudi di malam hari.

Jika lampu kendaraan dan lampu jalanan menyebabkan sakit kepala, maka seseorang perlu memeriksakan dirinya ke dokter.

"Pasien sering mengeluhkan masalah mengemudi malam hari dan membaca rambu-rambu jalan. Kondisi ini yang membuat orang sering mengubah kacamata atau resep lensa kontak," kata Shoshana Ungerleider , MD, dokter penyakit dalam di California Pacific Medical Center Sutter Health.

4. Kesulitan Membaca Tulisan Kecil

Tanda katarak - membaca huruf kecil.jpg

Foto: shutterstock.com

Kesulitan melihat huruf dan angka kecil adalah salah satu tanda seseorang membutuhkan kacamata baca. Jika kacamata tidak membantu, maka katarak bisa jadi penyebabnya.

Menurut American Optometric Association, lensa di dalam mata sebanding dengan lensa kamera, yang memfokuskan cahaya ke retina dan membiarkan kita melihat sesuatu dengan jelas. Lensa ini sebagian besar terdiri dari air dan protein.

Protein dalam lensa diatur supaya memungkunkan cahaya melewatinya. Karena, katarak menyebabkan protein menggumpal dan tulisan kecil semakin sulit dibaca cetakan kecil menjadi sulit dilihat.

Scott MacRae, MD, dokter spesialis mata dan ketua Komite Kesehatan Masyarakat dengan American Academy of Ophthalmology, mengutip pembacaan bahwa penglihatan kabur satu tanda katarak yang menggelegar.

Baca Juga: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Anak, Tidak Hanya Wortel!

5. Visi Ganda

Tanda katarak - visi ganda.jpg

Foto: shutterstock.com

Diplopia lebih dikenal sebagai penglihatan ganda, yang bisa menjadi tanda lain dari katarak. Namun, visi ganda ini bukanlah sebagai diplopia yang berasal dari penyelarasan mata tidak tepat. Visi ganda akan terjadi bahkan ketika melihat melalui satu mata.

"Pada awalnya, katarak dapat menyebabkan kekaburan pada penglihatan seseorang yang memengaruhi sebagian kecil dari lensa mata dan mungkin tidak begitu terlihat," kata Dean Hart , OD, ahli kacamata dan profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Columbia.

"Tapi seiring dengan bertambahnya ukuran katarak, itu akan menutupi lebih banyak lensa dan juga akan mendistorsi cahaya yang melewatinya. Akibatnya, Anda bisa mendapatkan penglihatan ganda dalam satu mata jika hanya mata yang memiliki katarak," kata Dean.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait