2-3 tahun

9 Oktober 2020

Ini Tanda Balita Tumbuh Gigi, Yuk Pelajari!

Ketika suhu badannya hangat, apakah normal?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Begita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sebagian besar bayi mendapatkan gigi pertama saat berusia antara 6 dan 10 bulan. Tapi apakah gigi mereka berhenti tumbuh saat memasuki usia balita? Jawabannya tidak, Moms.

Ketika anak memasuki masa balita, giginya pun akan tumbuh satu per satu. Oleh karenanya kita perlu mengenal tanda balita tumbuh gigi, dan gejala-gejala yang mungkin mendorong kita pada situasi darurat.

Jika bayi Moms tumbuh gigi lebih awal, ia mungkin mendapatkan gigi pertamanya segera setelah 3 bulan. Sangat jarang, gigi pertama bayi sudah terlihat saat lahir.

Dalam kasus lain, Moms mungkin harus menunggu sampai ia berusia satu tahun atau lebih. Kapan pun gigi pertama bayi muncul, rayakan tonggak sejarahnya dengan mengambil gambar dan mencatat tanggalnya di buku bayi anak ya.

Baca Juga: Gigi Balita Patah, Apa yang Harus Dilakukan?

Tanda-tanda Balita Tumbuh Gigi

Tanda-tanda Balita Tumbuh Gigi, Salah Satunya Rewel

Foto: Orami Photo Stock

Berdasarkan jurnal American Dental, gigi-gigi geraham balita akan muncul pada usia mereka 2 tahun. Biasanya muncul ketika seorang anak berusia antara 23 dan 33 bulan.

Geraham bawah biasa muncul lebih dulu, yakni antara usia 23 dan 31 bulan, disusul sepasang lainnya di atas yang biasanya muncul antara usia 25 dan 33 bulan.

Banyak balita tidak menunjukkan tanda-tanda rasa sakit saat tumbuh gigi. Namun, ketika gigi-gigi geraham ini datang, itu bisa sangat menyakitkan, dan menyebabkan kegoncangan dan lekas marah.

Eva Dasher, menulis pada laman babycenter, dan telah ditinjau oleh KT Park, M.D., ahli gastroenterologi, gigi sebenarnya benar mulai berkembang saat bayi masih dalam rahim.

Kemunculannya bisa menunjukkan tanda-tanda umum tumbuh gigi pada balita antara lain:

  1. Lekas ​​marah atau rewel
  2. Produksi air liur berlebih
  3. Gusi yang bengkak dan sensitif
  4. Mengunyah atau menggigit hampir semua benda padat yang ada di depannya
  5. Menolak makan
  6. Sulit tidur
  7. Menggosok wajah dan telinga
  8. Suhu tubuhnya menghangat sampai 37,2 derajat Celcius

“Geraham yang tumbuh pada anak dua tahun, tidak menyebabkan demam tinggi atau sakit perut. Tapi ada sedikit kasus anak dengan salah satu gejala mungkin menderita pilek, atau penyakit yang berhubungan dengan perut,” kata Eva.

Kerewelan anak cenderung memburuk di malam hari, ketika anak lelah dan memiliki sedikit gangguan dari rasa sakit. Seorang anak yang mengalami rasa sakit pada gusi dan mulut, cenderung ogah menunjukkan area tersebut kepada orang dewasa.

Menyanyikan lagu atau memainkan permainan yang melibatkan menjulurkan lidah dan membuka mulut lebar dapat membantu Moms mengetahui gigi mana yang sedang tumbuh.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Karang Gigi pada Balita, Wajib Dilakukan!

Perawatan jika Ada Tanda Balita Tumbuh Gigi

Tanda-tanda Balita Tumbuh Gigi, Salah Satunya Rewel

Foto: Orami Photo Stock

Banyak metode perawatan rumahan yang sederhana dapat membantu meredakan rasa sakit pada gigi. LamanMedical News Today berbagi kiat mengurangi ketidaknyamanannya, antara lain:

  1. Gosok gusi perlahan dengan jari bersih.
  2. Minta anak memegang sendok dingin di antara gigi mereka.
  3. Minta anak menggigit alas kain yang dingin dan basah atau kain lap yang dibasahi air es
  4. Menawarkan teether atau mainan tumbuh gigi untuk dikunyah. Perlu diingat, teether harus dibuat dari karet yang kuat dan tidak boleh beku. Teether yang terlalu keras bisa melukai anak.
  5. Menerapkan pelembap secara teratur ke kulit di sekitar mulut untuk mencegah retak dan kekeringan yang disebabkan oleh air liur.
  6. Alihkan rasa sakitnya dengan mewarnai, menyanyikan lagu, dan menari
  7. Acetaminophen atau ibuprofen juga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan selama 1 atau 2 hari.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Balita Rewel Karena Tumbuh Gigi

Tanda Balita Tumbuh Gigi dalam Kondisi Darurat

Tanda-tanda Balita Tumbuh Gigi, Salah Satunya Rewel

Foto: Orami Photo Stock

Pastikan untuk memberikan penghilang rasa sakit yang aman untuk anak-anak, dan jangan pernah memberi anak lebih dari dosis yang disarankan.

Jika Moms ingin memberikan pereda nyeri pada anak setelah 2 atau 3 hari, mereka harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Namun, segeralah pergi ke dokter jika anak mengalami gejala lain yang darurat akibat tumbuh gigi, antara lain:

  1. Diare
  2. Muntah
  3. Demam lebih tinggi dari 38,0 derajat Celsius

Nah, itulah beberapa tanda balita tumbuh gigi yang perlu Moms ketahui. Jika Si Kecil menunjukkan tanda-tandanya, bantu dia untuk tetap merasa nyaman ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait