3-12 bulan

26 November 2020

Ketahui 3 Tanda Kulit Bayi Sensitif Berikut Ini

Karena bayi belum memiliki pelindung kulit yang baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Kulit Si Kecil di usia bayi memang perlu dilindungi dengan ekstra, karena lapisan pelindungnya masih belum terbentuk dengan baik. Karenanya, tidak jarang bayi memiliki tanda kulit bayi sensitif.

Lapisan pelindung kulit anak ini menjadi kering, teriritasi dan bernoda. Dampaknya, mungkin akan terbentuk ruam marah atau bercak gatal pada Si Kecil.

"Kulit sensitif cukup umum pada bayi dan balita. Sebagian besar masalah kulit dapat dicegah atau diobati dengan mudah," terang Sunil Kalia, dokter kulit di Vancouver, mengutip Today's Parent.

Baca Juga: 3 Tips Mandi untuk Bayi Berkulit Sensitif

Tanda Kulit Bayi Sensitif

Ketahui apa saja tanda-tanda kulit bayi sensitif berikut ini, Moms.

1. Eksim

tanda kulit bayi sensitif-eksim.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

"Eksim, yang juga terkadang disebut sebagai dermatitis atopik, merupakan kondisi kulit kronis yang memengaruhi sekitar 17 persen anak-anak," kata Miriam Weinstein, dokter kulit anak di Rumah Sakit Anak Toronto.

Eksim menjadi tanda kulit bayi sensitif, karena kondisi ini disebabkan oleh kulit yang tidak mampu menjaga kelembapan. Akibatnya, kulit menjadi iritasi, kering, gatal dan meradang.

2. Heat Rash

tanda kulit bayi sensitif-heat rash.jpg

Foto: parents.com

Ruam panas, biang keringat, ruam keringat, ini merupakan gangguan dari tanda kulit bayi sensitif yang timbul ketika anak menjadi panas dan kulitnya tidak berventilasi dengan baik.

"Keringat terperangkap di bawah kulit dan membuatnya menjadi merah dan bergelombang. Bayi bisa mengalami kesulitan mengatur suhu tubuh, dan bisa dehidrasi dengan cepat. Pastikan mereka nyaman dan tidak kepanasan," jelas Tara Chobotuk, dokter anak di Halifax.

Ruam panas dapat muncul pada punggung anak setelah terlalu lama berada di kursi mobil, atau terjadi pada lipatan kulit karena mengenakan pakaian ketat atau sintetis.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Kulit Sensitif Balita

3. Muncul Jerawat Bayi

jerawat bayi.jpg

Foto: emmasdiary.co.uk

Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), jerawat bayi terjadi pada sekitar 20 persen dari semua bayi. Jerawat yang muncul sebelum 6 minggu tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, AAD menyarankan agar Moms berbicara dengan dokter anak jika jerawat berkembang setelah usia 6 minggu, karena mungkin bukan jerawat atau mungkin merupakan tanda masalah kesehatan lain.

Jika bayi Moms berjerawat dalam beberapa minggu pertama kehidupannya, sebaiknya hindari penggunaan krim atau sabun berminyak pada kulitnya.

Moms dapat menggunakan air hangat untuk membersihkan wajah dan area yang terkena, tetapi jangan gunakan krim atau salep jerawat. Biasanya jerawat akan hilang dengan sendirinya tanpa perawatan formal.

Cara Menjaga Kulit Bayi yang Sensitif

Studi dari jurnal Dermatology Research and Practice, mengatakan bahwa menjaga kulit bayi tetap bersih, terutama dalam menghindari tanda-tanda kulit bayi sensitif dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Namun sebetulnya, perlu juga bagi Moms untuk memperhatikan segala perlengkapan bayi yang mungkin berisiko memicu masalah pada kulit bayi yang sensitif, misalnya saja pada pakaian bayi.

Moms harus memilih pakaian bayi yang terbuat dari bahan yang sudah pasti aman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Baca Juga: 6 Penyebab Iritasi Kulit pada Bayi, Bisa Dicegah Moms!

Jika Moms belum menemukannya, maka Takoyakids Essentials bisa menjadi jawaban atas permasalahan kulit sensitif bayi.

Apa itu Takoyakids Essentials? Ini adalah koleksi pakaian bayi dari usia 0-24 bulan, yang terbuat dari bahan organic cotton yang sudah teruji hypoallergenic, sehingga tidak akan menimbulkan alergi dan aman digunakan untuk bayi dengan kulit sensitif.

Kottonville-0213.jpg

Foto: kottonville.com

Bukan hanya itu saja Moms, keunggulan lainnya ada pada materialnya yang sudah bersertifikat OEKO-TEX dan dilengkapi dengan ultra absorbent, yaitu kemampuan menyerap keringat yang sangat baik.

Dengan membeli Takoyakids Essentials, Moms sudah memberikan Si Kecil pakaian yang memiliki bahan lembut untuk kulit bayi, serta tidak mengandung zat pewarna beracun. Moms bisa lebih tenang, karena risiko alergi dan iritasinya sangat rendah.

tanda kulit bayi sensitif

Foto: kottonville.com

Takoyakids Essentials ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Moms bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp43.000 saja.

Moms yang ingin membeli Takoyakids Essential untuk si buah hati, bisa langsung mendapatkannya hanya di Kottonville.com. Untuk Si Kecil pastinya harus yang terbaik dong Moms. Yuk, langsung beli!

(ADV)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait