Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
19 Agustus 2019

Ternyata Menyiapkan Balita ke Sekolah Bisa Membakar Banyak Kalori

Kalori yang terbakar bisa setara dengan lari maraton lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Siapa yang menyangka, kalau menyiapkan balita ke sekolah dapat membuat berat badan Moms turun? Sebuah studi menyebutkan bahwa kegiatan ini setara dengan membakar 3.000 kalori, lho!

Mengutip waterfordwhispersnews.com, studi ini dilakukan oleh para ahli terkemuka dalam ilmu olahraga. Mereka mengungkapkan bahwa orang tua dapat membakar kalori sebanyak 3.000 kalori untuk membuat anak mereka mau bersekolah.

American College of Sports Medicine telah mengonfirmasi bahwa tindakan yang dilakukan oleh orang tua untuk membujuk anak bersiap ke sekolah membakar jumlah energi yang sama dengan yang dikeluarkan saat lari maraton.

"Ya, itu sebenarnya setara dengan lari maraton dan kemudian melawan beruang yang marah," jelas Profesor Olan Wyche, kepala penelitian yang mengamati lebih dari 1.000 keluarga yang rutin menyiapkan balita ke sekolah.

Baca Juga: 5 Ekstrakurikuler Unik yang Bikin Anak Semangat Sekolah

Punya Lebih dari Tiga Anak Bakar Kalori Lebih Banyak Lagi

anak ke sekolah-1.jpg

Apalagi ketika Moms memiliki lebih dari tiga anak, maka jumlah kalori dalam tubuh yang dibakar bisa lebih banyak lagi, yaitu hingga 4.000 kalori!

"Sekarang, jika Anda punya lebih dari tiga anak, itu bisa lebih dari 4.000 kalori dengan semua usaha besar orang tua untuk memohon tanpa akhir, mengemis, dan meneriakkan lembut pada anak-anak mereka agar segera berpakaian dan siap ke sekolah," tambah Prof Wyche.

Pembakaran kalori juga terjadi pada anak, ketika mereka termasuk anak yang sulit diajak koordinasi untuk bisa bersiap-siap ke sekolah.

"Ketika anak menendang dan meronta-ronta di tempat tidur, menangis, dan pura-pura pilek, anak-anak juga bisa membakar kalori, tetapi masih tidak setara dengan kalori yang dibakar dari pihak orang tua," tutup Prof. Wyche.

Karenanya, jika anak sudah ke sekolah, lebih baik Moms sisihkan waktu sebentar untuk beristirahat dan mendapatkan pijatan yang intens setelah akhirnya bisa membuat anak-anak mau menyiapkan diri pergi ke sekolah.

Baca Juga: 4 Makanan yang Harus Dihindari Pada Menu Bekal Sekolah Anak

Tips Membantu Menyiapkan Balita ke Sekolah

anak ke sekolah-2-2.jpg

Memulai rutinitas sekolah adalah langkah besar bagi anak, dan orang tua dapat memainkan peran penting dalam menyiapkan balita ke sekolah.

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa membantu anak menyiapkan diri ke sekolah sehingga Moms tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyiapkan balita ke sekolah, dikutip Parents.

1. Tetapkan Jadwal Rutinitas

Mengikuti rutinitas memberikan peluang untuk membuat keputusan dan bertindak secara bertanggung jawab. Dengan memiliki jadwal harian, ini dapat membantu memudahkan transisi anak sebelum ia siap bersekolah.

"Anak-anak belajar paling baik ketika rutinitas dan jadwal harian ditetapkan. Rutinitas memberikan peluang untuk belajar tentang urutan, pengurutan, dan konsep waktu," jelas Rebecca Palacios, Ph.D., penasihat kurikulum senior untuk ABCmouse.com.

"Rutinitas yang sudah mantap membuat transisi lebih lancar dan membantu anak-anak untuk mempersiapkan mental keesokan harinya," tambahnya.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Jika Balita Memiliki Rutinitas Harian

2. Konsisten dengan Rutinitas Pagi dan sebelum Tidur

Jika dilakukan secara konsisten, rutinitas memberi anak rasa memiliki dan adanya kepastian, serta memberi orang tua kesempatan untuk bisa berhubungan lebih baik dengan anak mereka.

Rutinitas pagi hari dapat mencakup membantu anak merapikan tempat tidur, berpakaian, sarapan, menyikat gigi dan rambut, dan menyiapkan barang-barang pribadi.

Sementara, rutinitas di waktu tidur bisa melakukan hal yang menenangkan seperti mandi, mengganti baju tidur, membaca buku, menyikat gigi, berdoa, membahas kegiatan seharian, menyanyikan lagu, serta memberikan pelukan dan ciuman.

3. Atur Tugas Harian

Bahkan seorang anak dapat membersihkan piringnya dari meja, mengambil mainan, berpakaian sendiri, memberi makan hewan peliharaan, dan memberikan bantuan untuk kebutuhan rumah tangga kecil lainnya.

Jangan lupa untuk selalu memberikan dukungan, dorongan, dan tentunya ucapan terima kasih ketika Si Kecil sudah menyelesaikan tugasnya ya, Moms.

Artikel Terkait