Kesehatan

8 Mei 2019

Tidur Cukup Tapi Lelah Sepanjang Hari, Kenapa Ya?

Seharusnya, tidur nyenyak di malam hari akan membuat Moms merasa segar dan berenergi ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms, pernahkan merasa lelah dan mengantuk meski semalam sudah tidur cukup selama 8 jam? Tak hanya lelah, tapi Moms juga merasa kurang fokus dan seolah membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang.

Jika hanya terjadi sesekali, mungkin saja penyebabnya karena Moms terlalu lelah di hari sebelumnya, sehingga masih ada utang tidur yang belum terbayar. Tapi, bagaimana kalau hal ini terjadi berulang kali, bahkan setiap hari?

Idealnya, orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam. Tetapi, jika Moms sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup namun tetap merasa lelah, pastilah ada alasan di balik itu. Dan, alasannya bisa sangat bervariasi.

Merasa lelah tanpa sebab yang jelas seringkali dapat menunjuk pada sejumlah masalah kesehatan tertentu, atau mungkin juga ada sesuatu yang membuat tidur Moms tidak berkualitas.

Nah, supaya Moms tidak penasaran dan bertanya-tanya, yuk telaah 5 penyebab kenapa tetap lelah dan mengantuk meski telah tidur cukup.

1. Kurang Aktivitas Fisik

Tidur Cukup Tapi Lelah Sepanjang Hari, Gejala Apa 1.jpg

Foto: bustle.com

Dikutip dari alaskasleep.com, banyak orang mengasosiasikan aktivitas fisik dengan kelelahan. Tapi, dalam kasus ini, yang terjadi justru sebaliknya. Faktanya, tidak melakukan aktivitas fisik apa pun justru akan membuat Moms semakin lelah.

Jadi, jika Moms memang sedang tidak ada agenda apapun dan hanya berdiam diri saja di rumah, tak ada salahnya melakukan olahraga ringan selama setidaknya setengah jam. Gerakan yang teratur akan membuat tubuh Moms terjaga.

Baca Juga: 4 Dampak Negatif Kurang Tidur Bagi Kesehatan Perempuan

2. Mengalami Dehidrasi

Tidur Cukup Tapi Lelah Sepanjang Hari, Gejala Apa 2.jpg

Foto: nhs.uk

Dampak dehidrasi tak sekadar membuat haus dan pusing, tapi juga bisa membuat Moms merasa kelelahan dan kurang berenergi.

Dehidrasi akan mengubah kekentalan darah, yang dapat membuat kerja jantung jadi kurang efisien, yang menyebabkan Moms mengalami kelelahan sepanjang waktu.

3. Depresi

Tidur Cukup Tapi Lelah Sepanjang Hari, Gejala Apa 3.jpg

Foto: Unsplash

Salah satu gejala depresi yang paling umum adalah kelelahan. Gangguan mental ini dapat membuat Moms merasa lelah sepanjang waktu, tidak peduli berapa banyak tidur yang Moms dapatkan. Dan Moms seringkali tidak menyadari Moms mengalami depresi sampai Moms menyadari betapa mengantuk dan lelahnya tubuh Moms.

Dikutip dari healthline.com, orang yang depresi biasanya merasa sangat lelah dan tidak tertarik melakukan aktivitas apa pun. Dan jika kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu lama dan tak kunjung membaik, pertimbangkan untuk menemui terapis.

4. Minum Alkohol dan Kopi Berlebihan

Tidur Cukup Tapi Lelah Sepanjang Hari, Gejala Apa 4.jpg

Foto: Unsplash

Banyak yang menganggap segelas alkohol dapat membuat rileks dan membantu seseorang tidur nyenyak di malam hari. Tapi, faktanya tidak begitu, lho.

Meskipun segelas anggur akan menimbulkan rasa kantuk, Allen Towfigh, MD, direktur medis New York Neurology & Sleep Medicine, P.C., di New York City, dalam bustle.com, mengatakan bahwa alkohol sesungguhnya menyabotase kualitas tidur.

Ini sama halnya seperti kopi. Minum kopi enam jam sebelum waktu tidur, akan memengaruhi kualitas tidur seseorang.

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Dihindari Saat Kurang Tidur

5. Melewatkan Sarapan

Tidur Cukup Tapi Lelah Sepanjang Hari, Gejala Apa 5.jpg

Foto: Unsplash

Sarapan ibarat bahan bakar untuk melakukan segala aktivitas seharian. Jadi, tak heran jika Moms akan merasa lemas tak bertenaga jika tidak mengisi bahan bakar di pagi hari.

Itu dia 5 alasan yang paling mungkin kenapa Moms kerap merasa lelah dan mengantuk meski sudah tidur cukup di malam hari.

Mulai sekarang, perbaiki kebiasaan-kebiasaan yang merugikan waktu tidur, ya, Moms. Semoga tidur Moms menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

(VAN/AND)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait