Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Masalah Tidur Bayi | Apr 29, 2018

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak dalam 7 hari

Bagikan


 

Selama awal-awal masa kelahiran bayi, salah satu problem yang dihadapi Moms adalah bagaimana caranya agar bayi tidur nyenyak. Karena hingga berusia sekitar enam minggu, memang bayi menjadi lebih sering terbangun. Lantas apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat bayi tidur nyenyak sehingga Moms bisa beristirahat dengan cukup? Yuk, coba menerapkan metode 7 hari membuat bayi tidur nyenyak berikut ini:

Hari ke-1: Mulai Mengatur Jadwal Rutin

Tidur siang cukup lama hingga sore hari cenderung membuat bayi bangun ketika waktu tidur malam. Hal seperti ini harus Moms perhatikan. Biasakan bayi untuk bangun pada jam yang sama saat pagi hari, dan usahakan saat siang hari bayi tidak tidur dalam waktu terlalu lama. Pada malam hari Moms juga harus berusaha membuat bayi tidur tepat waktu. Lakukan sesuatu yang bisa membuat bayi merasa tenang dan nyaman sehingga ia bisa tidur dengan nyenyak sepanjang malam.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Tidur Bagi Bayi 1-3 bulan?

Hari ke-2: Praktikkan Secara Konsisten

Hari ini adalah lanjutan dari rutinitas yang Moms mulai di hari pertama. Lakukan apa yang sudah dimulai secara konsisten. Bayi mungkin masih akan bangun untuk menyusu pada hari pertama, namun di hari kedua ini Moms bisa melihat sendiri mulai ada perbedaan dari kebiasaan tidurnya saat siang serta malam hari. Terus cari tahu hal-hal apa yang bisa membuat bayi merasa tenang dan membuatnya tidur nyenyak.

Hari ke-3: Biarkan Menangis Sejenak

Bayi mungkin akan tertidur lelap saat Moms sedang menyusuinya sebelum jam tidur malam, tetapi saat ditempatkan di tempat tidurnya bayi justru terbangun dan menangis. Biarkan bayi menangis sejenak di saat Moms memasukkannya ke tempat tidurnya sendiri. Perlahan-lahan bayi akan tertidur, terlebih lagi bayi yang usianya masih cukup muda akan sangat mudah kembali tertidur.

Hari ke-4: Kendalikan Diri

Moms tentu berharap ada perkembangan yang signifikan pada hari ke-4. Bayi mungkin justru akan lebih sering menangis. Saat si kecil melakukan protes dengan menangis, inilah waktunya Moms mengontrol atau mengendalikan diri. Diamkan sejenak si kecil saat menangis, tunda waktu respon Moms sekitar 10 menit.

Hari ke-5: Tetap Jalankan Langkah 4 Hingga Bayi Terbiasa

Biasanya di hari ke-5 sudah bisa terlihat hasil dari program membuat bayi tidur lelap. Sehingga malam ke-5 memang bisa disebut malam keberuntungan bagi Moms. Tetapi jika bayi masih terus merengek dan menangis di jam tidurnya, tunda respon Moms hingga 15 menit. Meskipun begitu, Moms tentunya tidak boleh sampai lupa untuk terlebih dahulu menyusuinya sebelum jam tidur si kecil.

Hari ke-6: Bayi Tidur Tepat di Jam Tidurnya

Moms sudah bisa melihat sendiri bahwa di hari ke-6 bayi sudah bisa tidur dengan tenang tepat di jam tidur malamnya. Moms mungkin masih sering terbangun untuk mengecek dan memastikan kondisinya. Biasanya ini karena Moms khawatir bayi kedinginan. Moms bisa memastikan si kecil mengenakan pakaian hangat, jadi meskipun terlepas dari selimut tidak akan kedinginan.

Hari ke-7: Waktunya Tidur Nyenyak

Bukan hanya memberikan Moms kualitas tidur yang lebih baik dan tenang. Bayi yang sudah bisa tidur nyenyak tepat di hari ke-7 juga akan lebih terjaga kesehatannya. Kebiasaan tidur yang baik akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dalam menghadapi setiap fase pertumbuhan bayi.

Bagaimana? Moms sudah siap membuat bayi tidur nyenyak selama 7 hari? Lakukan dengan sabar ya, Moms.

<RGW>

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.