Scroll untuk melanjutkan membaca

RUPA-RUPA
16 Maret 2022

8 Tips Fotografi Mobil untuk Mendapatkan Hasil yang Keren

Ternyata memotret mobil juga ada tekniknya, lho
8 Tips Fotografi Mobil untuk Mendapatkan Hasil yang Keren

Apakah Moms atau Dads sedang ingin menjual mobil? Maka ada baiknya untuk mempelajari trik fotografi mobil supaya bisa mempromosikan mobil dengan lebih menarik kepada calon pembeli nantinya.

Jika sudah memahami teknik fotografi mobil yang baik, maka kemungkinan mobil akan diminati calon pembeli atau laku lebih cepat.

Cobalah untuk memanfaatkan beberapa gadget yang dimiliki untuk melakukan fotografi, seperti misalnya kamera DSLR, mirrorless atau smartphone. Namun, cara paling praktis mudah dan cukup terjangkau yakni dengan memanfaatkan smartphone.

Jika memahami trik trik khusus fotografi mobil dengan kamera smartphone, dijamin Moms atau Dads bisa mendapatkan hasil foto yang lebih bagus dan menarik. Hasilnya bisa sekadar untuk pamer di sosial media, atau untuk membuat promosi penjualan mobil yang lebih bagus.

Baca Juga: 9+ Rekomendasi Tempat Foto OOTD di Jakarta, Instagrammable Banget!

Ini Tips Fotografi Mobil

Ada beberapa tips untuk fotografi mobil yang bisa Moms coba terapkan, antara lain:

1 .Pilih Latar yang Bagus

fotografi mobil

Foto: fotografi mobil (instagram.com/attahalilintar)

Foto: Orami Photo Stock

Coba tentukan lokasi pemotretan dengan baik. Pilihlah lokasi yang benar-benar cocok dengan jenis mobil yang akan difoto.

Jika memotret mobil dengan gaya urban, maka lakukan di tempat dengan suasana perkotaan besar. Atau untuk yang ahak stylish bisa mengambil lokasi-lokasi seperti taman kota.

Sementara itu, jika mobil adalah jenis mobil adventure, coba lakukan fotografi mobil di lokasi alam bebas seperti di padang rumput luas atau kawasan offroad.

2. Coba Ambil Angle dari Atas

Tahukah Moms bahwa sebenarnya mobil tidak hanya bagus jika difoto dari depan atau samping saja. Coba foto dari angle atas atau teknik bird eye sehingga bisa mengekspos bagian atas mobil yang mungkin jarang dilakukan orang-rang.

Coba parkirkan mobil di luar ruangan seperti di lapangan yang luas. Kemudian coba foto dari atas bangunan. Jika terlalu tinggi, coba manfaatkan fitur zoom pada kamera. Selain itu, supaya hasilnya lebih bagus, pastikan mobil bersih dari objek lain.

Baca Juga: 7 Tips Fotografi Bayi ala Fotografer Profesional, Bisa Dilakukan di Rumah!

3. Pamerkan Interior Mobil

fotografi mobil-2

Foto: fotografi mobil-2

Foto: carvaganza.com

Saat mereview mobil, sebenarnya tidak hanya bagian eksteriornya saja. Coba perlihatkan juga bagian dalam mobil yang juga unik.

Memotret interior mobil juga bisa lebih mengekspos detail-detail bagian menarik yang ada di mobil, seperti bagian setir atau dashboard mobil. Gunakan juga angle yang lebih dekat untuk mendapatkan hasil yang bagus.

4. Pamerkan Bagian Mobil yang Paling Bagus

Pastinya setiap mobil memiliki ciri khasnya sendiri, seperti desain lampu yang unik, velg racing atau bagian lainnya. Nah, dengan fotografi mobil, maka Moms atau Dads bisa memamerkan bagian terbaik ini.

Bagian-bagian ini wajib difoto dan dipamerkan sehingga orang-orang akan merasa tera=tarik dengannya. Apalagi jika tujuan fotografi mobil ini untuk penjualan, dijamin akan banyak orang yang tertarik.

5. Pastikan Menggunakan Pencahayaan yang Baik

Sebagaimaan teknik fotografi pada umumnya, pastikan untuk menggunakan pencahayaan yang baik. Alangkah lebih baik jika mengambil gambar di luar ruangan dengan pencahayaan alami.

Namun jangan memotretnya di tengah hari yang terik. Coba lakukan pengambilan gambar saat golden hour yaitu pagi hari sekali pukul 6 pagi atau sore hari pukul setengah 6 sore.

Dengan begini, maka akan didaptkan foto yang agak dramatis. Namun pastikan pengaturan exposure pada kamera atau ponsel cukup memadai untuk melembutkan cahaya matahari yang terik, ya.

Baca Juga: Kredit Mobil Syariah: Hukum, Syarat, dan Lembaga Penyedia

6. Gunakan Filter

fotografi mobil-3

Foto: fotografi mobil-3

Foto: piqsels.com

Untuk hasil yang lebih bagus, tidak ada salahnya untuk menggunakan filter. Teknik fotografi mobil ini akan membuat tampilannya semakin menarik. Salah satu jenis yang bisa dicoba adalah black and white.

Filter ini bisa memberikan kesan dramatis kepada mobilmu apalagi jika mobil yang difoto adalah mobil klasik. Maka kesan klasiknya ini akan semakin matang dan terasa.

Tak hanya itu saja, denhan filter black and white, maka ia dapat menyamarkan gangguan objek lain pada background foto mobil.

7. Coba Potret Saat Mobil Melaju

Salah satu teknik fotografi mobil yang bisa dicoba adalah dengan memotretnya saat ia sedang melaju cepat. Dengan teknik panning, Moms atau Dads bisa menampilkan mobil kamu yang sedang melaju. Namun, jika ingin hasil yang lebih bagus, coba gunakan kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless.

Selain itu, coba atur kamera pada mode manual dan menonaktifkan fitur autofocus-nya, lalu mengatur kecepatan kamera antara 1/8 hingga 1/60 detik sesuai dengan kecepatan mobil melaju. Jangan lupa untuk memastikan pengaturan cahaya lalu siapkan spot di mana mobil bisa melaju. Jika sudah siap, segera ambil gambar terbaik saat mobil tengah melaju.

8. Lakukan Cropping

Supaya hasil fotonya ini tidak membosankan, Moms atau Dads tidak harus memotret mobil secara utuh. Coba manfaatkan fitur crop untuk memotong foto mobil . Namun, pastikan bagian terbaik mobil tepat berada di tengah frame supaya orang yang melihat foto ini tetap akan fokus ke mobil.

Baca Juga: 10 Desain Garasi Mobil untuk Rumah Minimalis

Itulah beberapa tips fotogarfi mobil agar mendapatkan hasil foto yang keren. Selamat mencoba, ya!

  • https://carro.id/blog/tips-trik/tips-foto-mobil-demi-dapatkan-hasil-terbaik/5597/
  • https://www.idntimes.com/automotive/car/rijalu-ahimsa/7-tips-mudah-fotografi-mobil-agar-tampil-keren-di-instagram-c1c2/7
  • https://nissan.co.id//artikel/artikel-features-and-tips/tips-menjadi-fotografer-mobil-professional.html