Scroll untuk melanjutkan membaca

KARIER & KEUANGAN
07 April 2022

7 Tips Membeli Perhiasan Emas di Toko, Wajib Periksa Kemurniannya!

Apa saja ya tips membeli perhiasan emas di toko yang aman?
7 Tips Membeli Perhiasan Emas di Toko, Wajib Periksa Kemurniannya!

Perempuan sepertinya tidak bisa terlepas dari perhiasan. Jika Moms baru pertama kali pertama membeli perhiasan, tips membeli perhiasan emas di toko ini mungkin akan membantu.

Sebab, dengan banyaknya toko perhiasan mungkin Moms akan bertanya-tanya toko mana yang harus dikunjungi dan apa saja yang perlu diingat sebelum membeli emas.

Bukan hanya itu, membeli emas langsung di toko akan memberikan sensasi tersendiri. Ini karena Moms dapat melihat dan merasakan langsung keindahan dan kecantikan perhiasan yang akan dibeli.

Adanya inflasi penurunan maupun kenaikan nilai uang sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada harga emas. Tidak heran jika logam mulai ini adalah barang yang paling tepat untuk berinvestasi.

Baca Juga: Ini Ketentuan dan Cara Menghitung Zakat Emas, Wajib Tahu!

Tips Membeli Perhiasan Emas di Toko

Tips Membeli Perhiasan Emas di Toko -1

Foto: Tips Membeli Perhiasan Emas di Toko -1

Foto: Vietnamnews.vn

Ada yang menggunakan perhiasan untuk menunjukkan kapasitasnya, seperti saat menggunakan Berlian, Emas, Perak, Mutiara dan bahan lainnya.

Meski waktu berubah, pentingnya perhiasan telah meningkat, dikutip Journal La Sociale. Ini yang menjadi alasan banyaknya orang yang membuat perhiasan sebagai barang investasi.

Karena emas bukan hanya barang mewah tetapi juga sering menjadi barang investasi, penting untuk mengetahui semua hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli logam mulia ini.

Beberapa tips membeli perhiasan emas di toko ini dapat menjadi pedoman sebelum membawa pulang barang berharga dan memancarkan keindahan itu ke rumah.

1. Periksa Kemurnian

Nilai emas ditentukan oleh kemurniannya yang diukur dalam 'karat'. 1 karat mengandung 4,2% emas murni. Jadi, emas 24 karat dianggap sebagai yang paling murni dan memiliki kemurnian rata-rata 99,99%.

Untuk menentukan peringkat karat emas, kemurnian keseluruhan logam dipecah menjadi 24 bagian. Jika sepotong emas bertanda 18K, berarti dari total 24 bagian, 18 bagian produk terdiri dari emas dan sisanya terdiri dari logam lain seperti seng, perak, tembaga, dan sebagainya.

Jika Moms menginginkan gelang atau cincin, kadar 10 dan 12 karat sudah cukup baik meskipun terkena gesekan permukaan keras.

Sementara itu, jika Moms ingin membeli anting atau kalung, disarankan untuk membeli perhiasan dari emas dengan kadar 14-18 karat.

2. Cek Harga

Harga emas di Indonesia cenderung naik dan turun sewaktu-waktu dengan berbagai alasan. Oleh karena itu, mengecek harga sebelum berbelanja adalah tips membeli perhiasan emas di toko yang tak kalah penting.

Biasanya, toko perhiasan akan menampilkan harga emas saat ini yang memudahkan pembeli untuk melihatnya. Namun, selalu merupakan keputusan yang bijaksana untuk memeriksa kembali harga pasarannya.

Sebab harganya selalu berfluktuasi. Jadi pastikan mengecek update harga terbarunya hari ini sebelum ke toko. Lebih disarankan membeli ketika harganya sedang turun, agar bisa dijual dan mendapatkan keuntungan ketika harga naik.

Baca Juga: Cek Apa Arti Mimpi Beli Emas, Benarkah Pertanda Kemakmuran?

3. Kunjungi Beberapa Toko

Sebelum memilih perhiasan yang diinginkan, pergilah ke berbagai toko. Sebab, sebagian besar toko memiliki produk yang hampir sama, dan hanya berbeda dalam harganya saja.

Jika Moms memiliki keterampilan menawar yang baik, mengunjungi berbagai toko bisa sangat bermanfaat. Jangan lupa untuk mengunjungi toko yang lebih kecil di kota.

Bisa jadi mereka memiliki harga yang lebih menarik dari pada toko besar. Ini bisa terjadi terutama karena tidak banyak orang yang melewati toko-toko ini.

Meski begitu, Moms tetap harus membeli emas hanya dari toko yang memberikan sertifikasi kemurnian dan jaminan penjualan kembali.

4. Cek Kondisi Fisik

Sebelum membayar, pastikan dulu kondisinya tidak ada cacat atau goresan. Cek juga noda pada perhiasan, jangan sampai membeli produk yang tidak mengkilap karena mempengaruhi harga jualnya nanti.

Selain itu, jika Moms membeli perhiasan kalung maka lebih disarankan memilih yang menggunakan kunci S karena lebih awet daripada kunci tekan.

5. Cek Reputasi Toko

Jangan hanya mengincar harga murah saja, pastikan Moms membeli di toko emas yang memiliki reputasi baik. Apalagi harga emas di pasaran dengan kadar yang sama tidak jauh berbeda. Sebaiknya hati-hati dengan toko yang terlalu menurunkan harga di bawah pasaran.

Baca Juga: Beda dengan Artis Lain, Sandra Dewi Punya Bisnis Perhiasan Emas

6. Ketahui Paduan Warnanya

Emas 24 karat murni tampak kuning dan manawan tetapi, tidak praktis untuk membeli emas murni karena teksturnya yang lunak dan mahal.

Inilah sebabnya metode untuk membuat perhiasan adalah dengan mencampur emas dengan logam kuat lainnya. Karena barang-barang ini biasanya tidak lebih dari emas 18 karat, logam lainnya mempengaruhi warna kuning dan menghasilkan paduan dengan warna yang berbeda.

Ada beberapa warna emas yang perlu Moms ketahui, seperti:

  • Kuning emas. Ternyata, tidak semua perhiasan emas kuning sebenarnya adalah emas. Sebab, ada pelapisan yang umum untuk perhiasan emas dan kadang-kadang sengaja dilakukan untuk menjaga penampilan emas kuning.
  • Emas putih.Ini terlihat seperti versi perak yang lebih cerah dan sepopuler kuning-emas untuk cincin pertunangan. Emas putih terbuat dari logam putih seperti Paladium, Nikel atau Mangan yang lebih kuat dari emas.
  • Rose gold. Paduan emas dengan rona merah muda, rose gold terlihat seperti blush on pink. Untuk mendapatkan warnanya, tembaga ditambahkan ke emas, seringkali 14 karat atau kemurnian 58,5%.

7. Simpan Nota Pembelian Emas

Ketika membeli emas, Moms akan menerima nota pembayaran. Nota tersebut biasanya berisi harga perhiasan, berat dan kadarnya, lalu akan ada gambar bentuk perhiasan juga.

Simpan nota dengan baik dan jangan sampai tercecer karena itu merupakan bukti pembelian perhiasan di toko emas. Jika hilang, Moms akan kesulitan untuk menjual perhiasan tersebut nanti.

Dan jika dijual, maka harga dari perhiasan tersebut akan turun karena tidak memiliki nota. Jadi, jangan sampai karena hal yang sepele, Moms mengalami kerugian pada saat menjualnya.

Berbelanja untuk perhiasan emas bisa menjadi tugas yang sulit. Jadi, ingat tips membeli perhiasan emas di toko ini untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi yang berharga tersebut.

  • https://www.policybazaar.ae/tips-for-buying-gold-jewelry-in-the-uae-grart/
  • http://newinera.com/index.php/JournalLaSociale/article/view/92
  • https://www.agincourtresources.com/read-agincourt/tips-membeli-perhiasan-emas-di-toko/
  • https://www.melekkeuangan.id/perhiasan-emas/