Balita dan Anak

22 Juli 2020

4 Tips Memberi Makan Anak Saat Muntah-muntah

Tips agar Moms tidak cemas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Muntah mungkin hal yang normal terjadi pada anak-anak, terutama saat Si Kecil sedang sakit, mabuk perjalanan, stres, dan masalah lainnya. Moms pun harus mencari cara untuk memberi makan anak saat muntah.

Menurut jurnal Management of a Child With Vomiting, muntah adalah refleks pelindung yang menghasilkan pengeluaran paksa isi lambung dari mulut.

Dengan kata lain, muntah terjadi ketika isi lambung kita dengan cepat atau dipaksa untuk dimuntahkan dan dikosongkan melalui mulut. Hal ini bisa terjadi melalui kontraksi otot perut yang tiba-tiba.

Moms pasti merasa cemas dan khawatir saat melihat Si Kecil muntah. Apalagi jika frekuensi muntah anak sering terjasi, hingga menyebabkan anak menjadi lemas dan berkurang nafsu makannya.

Bukannya malah sembuh, Si Kecil bisa tambah sakit karena tidak ada asupan makanan yang masuk. Tetapi jangan khawatir Moms, di bawah ini beberapa tips memberi makan anak yang bisa Moms coba. Disimak, yuk.

Baca Juga: 4 Penyebab Muntah pada Anak yang Harus Moms Ketahui

Tips Memberi Makan Anak saat Muntah

Apa saja yang harus Moms lakukan untuk memberi Si Kecil asupan nutrisi saat sedang muntah? Yuk kita intip.

1. Hidrasi Tubuh Anak Kembali

memberi makan anak saat muntah

Foto: Orami Photo Stock

Muntah akan membuat anak kekurangan banyak cairan. Terutama jika anak muntah air, karena tidak ada makanan yang bisa masuk ke tubuhnya.

Berikan Si Kecil cairan bening jika ingin memberi makan anak saat muntah, hindari memberikan susu dan produk susu lainnya karena akan memicu mual.

Moms bisa berikan anak dalam jumlah kecil setiap 15 menit sekali. Jumlah yang kita berikan pada satu waktu dapat berkisar antara 2 sendok teh hingga2 sendok makan, tergantung pada usia anak dan berapa banyak yang dapat dikonsumsi. Moms bisa berikan anak kaldu atau makanan penutup gelatin.

Baca Juga: Tanda-tanda Balita Dehidrasi Serta Cara Menanganinya

2. Jangan Langsung Memberi Makanan Padat

memberi makan anak saat muntah

Foto: Orami Photo Stock

Hindari memberi anak makanan padat selama 24 jam pertama setelah anak mulai muntah. Sebagai gantinya, Moms bisa membuat anak mengisap es batu atau memberikan anak cairan bening seperti saran di atas.

3. Berikan Makanan yang Lunak

memberi makan anak saat muntah

Foto: rotinrice.com

Setelah anak tidak muntah lagi selama kurang lebih 8 jam, Moms bisa mulai memberikan makanan padat secara perlahan. Tapi jangan memaksakan makanan apa pun.

Anak akan memberi tahu saat dia lapar. Moms bisa coba berikan makanan yang lunak, seperti biskuit asin, roti bakar, kentang tumbuk, sup ringan atau bubur untuk memulai.

Baca Juga: Amankah MPASI Bubur Instan Diberikan Setiap Hari?

4. Mulai Berikan Anak Makanan Biasa

memberi makan anak saat muntah

Foto: Orami Photo Stock

Jika Si Kecil sudah tidak mengalami muntah lagi selama 24 jam, perlahan-lahan kembalilah ke pola makan reguler anak dalam memberikan makan anak saat muntah.

Tidak perlu menghindari produk susu, kecuali membuat anak muntah lagi dan kondisinya menjadi lebih buruk.

Itu dia Moms beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memberi makan anak saat muntah agar tetap ada asupan makan yang masuk ke tubuh Si Kecil. Dicoba ya, Moms.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait