Home & Living

19 Juli 2021

7 Tips Membersihkan Rumah setelah Isolasi Mandiri Covid-19, Jangan Asal!

Jangan sampai ada yang terlewat ya Moms
placeholder

Foto: freepik.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tata cara membersihkan rumah usai melakukan isolasi mandiri karena Covid-19 perlu diketahui. Pasalnya virus ini bisa saja kembali ke tubuh kita jika tata cara pembersihan rumah tak dilakukan dengan benar.

Tak bisa dipungkiri, pasien isolasi mandiri atau isoman kita semakin membludak. Rumah sakit dan tenaga kesehatan pun kewalahan untuk menangani pasien dengan gejala berat dan sedang.

Hal tersebut membuat pasien dengan gejala ringan harus melakukan isolasi mandiri. Lalu, bagaimana jika isoman sudah selesai dilakukan? Ini dia.

Baca Juga: 7+ Paket Isolasi Mandiri untuk Pasien COVID-19 di Wilayah Jabodetabek, Catat!

Cara Bersihkan Rumah Usai Isolasi Mandiri

Tips Bersihkan Rumah Setelah Isoman

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan rumah usai isoman. Ini dia tipsnya!

1. Siapkan Masker dan Sarung Tangan

Dilansir dari Dekoruma, langkah pertama yang sangat penting adalah menyiapkan masker dan sarung tangan. Masker medis sangat dibutuhkan untuk melindungi diri dari masuknya virus ke tubuh kita.

Sementara sarung tangan pun dibutuhkan agar droplet dan debu tidak langsung mengenai tangan kita.

2. Buka Jendela dan Nyalakan Kipas

Langkah selanjutnya dalam membersihkan rumah usai isoman adalah dengan membuka jendela dan menyalakan kipas angin. Hal ini perlu langsung dilakukan setelah pasien sembuh dan meninggalkan ruang isolasi mandiri.

Tunggulah selama 24 jam untuk membiarkan sinar matahari masuk dan terjadinya perputaran udara dalam ruangan isolasi dan udara luar ruangan.

3. Pisahkan Perabot dan Barang yang Digunakan

Langkah ketiga dalam tata cara membersihkan rumah setelah isolasi mendiri adalah menyingkirkan perabotan sesegera mungkin.

Moms perlu memisahkan pakaian kotor, peralatan makan, sprei, sarung bantal dan guling serta benda-benda lain yang digunakan oleh pasien isoman sebelumnya.

Langsung cuci dengan bersih ya, Moms! Tapi ingat, jangan digabung dengan pakaian kotor yang dipakai oleh orang yang sehat.

Baca Juga: 7 Tips Membersihkan Rumah Secara Cepat Jika Sedang Tidak Punya Waktu

4. Gunakan Cairan Pembersih atau Disinfektan

Setelah barang pribadi dikeluarkan, Moms bisa langsung mulai membersihkan area dan furnitur yang permukaannya keras. Mulai dari menyapu, mengepel dan membersihkan rangka tempat tidur beserta meja, sofa, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk memastikan sudut atau benda yang lebih kecil seperti gagang pintu, teralis jendela dan bagian dalam rak juga dibersihkan dengan seksama ya, Moms!

Gunakanlah cairan pembersih khusus untuk mengepel lantai. Moms juga bisa menggunakan disinfektan untuk perabotan agar bisa dipastikan semuanya bersih dari virus.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah Ini Efektif Menghindarkan Virus Covid-19

5. Bersihkan Juga Alat Elektronik

Jangan lupa untuk meminta orang yang selesai menjalankan isoman membersihkan telepon genggamnya. Hal ini untuk menghindari ia terkena virus yang sudah menempel di gadget atau gawainya tersebut.

Moms juga tak boleh melewatkan untuk membersihkan remote TV, AC, laptop, mouse, keyboard dan lain sebagainya, ya!

6. Buang yang Tidak Perlu

Jangan sampai ada virus yang tertinggal di rumah, Moms! Jika memang ada barang yang perlu dibuang, jangan merasa sayang untuk membuangnya, ya!

Jika memang perlu membakar atau membuang pakaian yang dipakai saat isoman, silakan isoman.

Berbagai barang seperti sikat gigi pasien, sponge yang digunakan untuk mencuci alat makan bekas pasien pun bisa dibuang. Hal itu penting dilakukan agar kita bisa memastikan virus Covid-19 sudah tak hinggap di rumah.

7. Disinfeksi Seluruh Rumah

Agar bisa memastikan rumah terbebas dari virus, jangan ragu untuk melakukan disinfektan di seluruh penjuru rumah. Sekarang, sudah banyak sekali layanan disinfektan yang bisa Moms sewa.

Jadi, jangan sampai kita lengah dan masih membiarkan virus Covid-19 hadir di rumah kita, ya Moms! Usai membersihkan secara menyeluruh, segeralah lakukan disinfektan ke seluruh rumah.

Cara Membersihkan dan Mendisinfeksi Benda setelah Isolasi Mandiri COVID-19

Tips Bersihkan Rumah Setelah Isoman

Foto: Orami Photo Stock

Beda benda, beda juga lho cara membersihkannya Moms. Hal ini tentu dilakukan agar tidak ada sedikitpun sisa virus yang tertinggal. Berikut ini ulasan lengkap cara membersihkan benda setelah isolasi mandiri seperti dirangkum dari Ochsner Health.

Baca Juga: Penting, 4 Barang Bayi Ini Harus Sering Dibersihkan dengan Disinfektan

1. Permukaan

  • Gunakan sabun dan air sebelum mendisinfeksi permukaan yang kotor.
  • Untuk mendisinfeksi, larutan pemutih rumah tangga, larutan alkohol dengan setidaknya 70% alkohol, dan disinfektan rumah tangga yang paling umum terdaftar EPA harus efektif.
  • Larutan pemutih rumah tangga yang diencerkan dapat digunakan jika sesuai untuk permukaan. Ikuti petunjuk pabrik untuk aplikasi dan ventilasi yang tepat. Pastikan tanggal kedaluwarsa produk belum lewat. Pemutih yang sudah lewat masa berlakunya tidak efektif melawan virus corona. Jangan mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya.
  • Cara menyiapkan larutan pemutih: 5 sendok makan (sepertiga cangkir) pemutih per 3,7 liter air
  • Ikuti petunjuk pabrik untuk membersihkan dan mendisinfeksi produk.
  • Untuk permukaan yang lembut dan berpori seperti lantai berkarpet, permadani dan gorden, hilangkan kotoran yang terlihat jika ada dan bersihkan dengan pembersih yang sesuai.
  • Jika ada barang yang bisa dicuci, cuci barang sesuai dengan instruksi pabriknya menggunakan pengaturan air hangat yang sesuai dan biarkan barang benar-benar kering.
  • Jika barang tidak dapat dicuci, gunakan produk yang cocok untuk permukaan berpori.

2. Linen, Pakaian, dan Barang Lainnya

  • Bersihkan cucian kotor dengan hati-hati, virus dapat menyebar melalui udara sebagai tetesan.
  • Cuci semua barang yang sesuai sesuai dengan petunjuk pabrik. Cuci pada dengan air hangat yang sesuai dan keringkan sampai benar-benar kering. Cucian kotor yang pernah kontak dengan orang sakit bisa dicuci dengan barang lain.
  • Jangan lupa untuk membersihkan dan mendisinfeksi keranjang atau apa pun yang digunakan untuk mengangkut cucian.

Baca Juga: Ketahui Cara Membuat Disinfektan dari Produk Pembersih Rumah Tangga Berikut Ini

3. Alat Pelindung Diri dan Kebersihan Tangan

Selama proses pembersihan, petugas kebersihan atau mungkin Moms sendiri harus memakai sarung tangan dan pakaian sekali pakai.

  • Sarung tangan dan pakaian pelindung harus sesuai dengan produk disinfektan.
  • Gunakan perlindungan tambahan jika diperlukan berdasarkan produk yang digunakan.
  • Sarung tangan dan baju pelindung harus dilepas dengan hati-hati untuk menghindari kontaminasi area sekitar atau orang yang memakainya. Pastikan untuk mencuci tangan setelah melepas sarung tangan.
  • Sarung tangan harus dilepas setelah membersihkan ruangan atau area yang terkontaminasi oleh orang yang sakit. Cuci tangan segera setelah melepas sarung tangan.
  • Jika ada robekan pada sarung tangan atau APD, segera laporkan potensi paparan kepada pihak berwenang.
  • Semua petugas kebersihan dan lainnya harus sering mencuci tangan. Cuci dengan sabun dan air selama 20 detik.
  • Ikuti tindakan pencegahan normal di tempat kerja dan di rumah, termasuk mencuci tangan dan menghindari menyentuh mata, hidung, atau mulut. Waktu tambahan untuk mencuci tangan meliputi:
    • Setelah batuk atau bersin
    • Setelah menggunakan kamar kecil
    • Sebelum makan atau menyiapkan makanan
    • Setelah kontak dengan hewan atau hewan peliharaan
    • Sebelum atau sesudah memberikan perawatan rutin untuk orang lain yang membutuhkan bantuan

Nah itu dia 7 tips membersihkan rumah setelah isoman dan caranya. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait