Newborn

NEWBORN
4 Desember 2017

Tips Menyiapkan MPASI Sehat untuk Ibu Bekerja

Dengan tips di bawah ini, Moms bisa lebih menghemat waktu namun tetap bisa menyiapkan MPASI sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Setelah melewati masa ASI eksklusif, kini saatnya Moms menyiapkan MPASI. Jiwa idealis Moms tentu menginginkan MPASI homemade untuk diberikan pada si kecil, namun Moms merasa kesulitan karena harus bekerja.

Menyiapkan MPASI sehat setiap hari sebenarnya mudah dilakukan, lho, meski Moms memiliki kesibukan ekstra sekalipun. MPASI yang Moms buat sendiri memungkinkan Moms untuk mengenalkan rasa baru kepada si kecil.

Dengan tips di bawah ini, Moms bisa lebih menghemat waktu namun tetap bisa menyiapkan asupan variasi MPASI sehat pada si kecil dengan berbagai tekstur, aroma, dan rasa.

Cara Menyiapkan MPASI Sehat Buatan Sendiri bagi Ibu Bekerja

  1. Pastikan bahan makanan yang tidak perlu dimasak selalu siap saji dan siap pakai, seperti pisang, alpukat, dan pir matang.
  2. Saat sedang tidak bekerja, luangkan waktu untuk mengupas, memotong, dan memasak bahan-bahan MPASI. Kemudian, bekukan dalam kemasan kecil-kecil untuk sekali makan. Jadi, setiap kali Moms ingin membuat MPASI, Moms tinggal merendam bahan-bahan makanan yang masih dibungkus tersebut di air hangat, lalu campur ke mangkuk makan bayi.
  3. Atur apa yang Moms masak untuk anggota keluarga lain dengan makanan yang Moms masak untuk si kecil. Misalnya, Moms memasak wortel kukus untuk keluarga, lalu menghaluskannya menggunakan garpu jika ingin diberikan pada si kecil.
  4. Cara yang paling mudah menyiapkan MPASI sehat untuk ibu bekerja adalah membeli pure yang dijual di botol kaca. Umumnya pure tersebut hanya mengandung bahan-bahan makanan asli tanpa bahan tambahan lain. Namun, agar lebih yakin, Moms bisa membaca dulu labelnya. Bagaimanapun, cara ini bisa memakan budget belanja cukup banyak kalau dilakukan terlalu sering.

Menu MPASI Sehat dan Praktis

Berikut beberapa pilihan menu MPASI yang mudah dan hemat waktu untuk Mama siapkan:

  1. Daging ayam dan apel

Untuk mendapatkan tekstur yang lebih halus dari menu kaya protein dan vitamin ini, masaklah daging ayam lalu potong-potong kecil sebelum menghaluskannya. Buat sekaligus dalam jumlah besar, lalu simpan di freezer hingga satu bulan.

  1. Asparagus dan brokoli

MPASI berupa asparagus dan brokoli berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh bayi dengan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, kalsium, dan folat.

  1. Daging ayam dan ubi jalar

MPASI dengan bahan daging ayam dan ubi jalar cocok untuk bayi berusia 8 bulan ke atas. Di dalamnya terkandung protein, beta karoten, dan vitamin C tinggi. Selain itu, menu MPASI ini siap dalam 30 menit.

  1. Bubur daging sapi dan wortel

Bubur daging bisa dimasukan dalam menu MPASI bagi bayi usia 8-11 bulan. Kombinasikan dengan sayuran untuk menciptakan kreasi MPASI sehat dan lezat.

(RGW)

Artikel Terkait