Fashion & Beauty

17 Mei 2021

Begini 7 Urutan Skincare Pagi yang Benar, Jangan Sampai Keliru!

Pelembap atau serum dulu ya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Intan Aprilia

Memakai rangkaian skincare tak semudah yang dibayangkan ya! Tahukah Moms perbedaan urutan skincare pagi dan malam?

Bicara mengenai urutan skincare pagi, pasti tak lepas dari penggunaan sunscreen tentunya. Suncreen menjadi paket lengkap urutan skincare pagi dalam melindungi kulit dari sinar matahari.

Namun sebaiknya kapan idealnya mengaplikasikan sunscreen di wajah? Setelah pelembap atau sebelum? Nah untuk itu, mari simak penjelasan urutan skincare pagi agar Moms tidak keliru. Simak dan catat ya!

Urutan Skincare Pagi yang Benar

urutan-skincare-pagi-untuk-kulit-berminyak-dan-berjerawat.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Perawatan kulit tak sebatas membeli produk terbaik untuk mengatasi permasalahan kulit, tapi perlu tahu dan kenal urutan dan tahapan dalam menggunakannya.

Dengan menerapkan produk perawatan kulit dengan cara yang paling efektif, Moms dapat memastikan produk tersebut bekerja dengan baik dan tidak membuang-buang uang untuk perawatan kulit yang mahal.

Berikut ini urutan skincare pagi yang perlu diketahui.

1. Mencuci Wajah

Nah, urutan skincare pagi pertama ini tentu sebagian Moms sudah tahu ya. Setelah semalaman tidur, muka biasanya akan terasa lebih berminyak di sebagian orang.

Apalagi jika malam harinya memakai rangkaian produk skincare yang dibawa tidur semalaman.

Langkah pertama ketika bangun tidur adalah membersihkan wajah dengan air mengalir dan sabun pembersih. Ini untuk menghilangkan sisa kotoran, minyak serta produk skincare di malam hari.

Namun kerap ditanyakan, apakah mencuci wajah dengan air saja itu dibolehkan? Nah, jika Moms berkeringat, terdapat kotoran yang banyak kulit, atau telah menggunakan kosmetik yang berat, dalam beberapa kasus mencuci hanya dengan air sudah cukup.

"Sabun pembersih wajah dapat secara efektif menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit, tetapi sabun pembersih yang salah dapat mengganggu lapisan kulit luar yang menyebabkan peradangan," kata Joshua Zeichner, MD, direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City.

Pilihlah sabun pembersih wajah yang disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk kulit berminyak sebaiknya gunakan facial foam, sementara kulit kering dengan facial wash.

Dengan mencuci wajah, muka akan lebih siap untuk menerima rangkaian urutan skincare pagi.

Baca Juga: Kulit Dehidrasi, Apakah Berbeda dengan Kulit Kering?

2. Membersihkan Kotoran Wajah

7 Micellar Water dengan untuk Urutan Skincare Pagi

Foto: Orami Photo Stocks

Urutan skincare pagi selanjutnya setelah mencuci wajah adalah lanjut dengan membersihkan. Bedanya, pada tahapan ini Moms membersihkan wajah dengan milk cleanser ataupun micellar water.

Tujuannya agar wajah lebih bersih sempurna dan kotoran dapat terangkat dengan baik. Ini disebut juga sebagai double cleansing.

Mengutip dalam National Library of Medicine, carilah pembersih wajah dengan tingkat yang sama dengan kulit, yakni sekitar pH 5,5. Hal ini untuk menjaga keseimbangan pH kulit kita.

Hindari pembersih wajah yang mengandung sulfat, yang dapat menghilangkan minyak alami, atau bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi seperti wewangian dan alkohol.

3. Toner Wajah

Produk urutan skincare pagi yang berikutnya adalah toner. Melansir dalam Dermatology Times, toner memang tak menjadi produk wajib dalam urutan skincare pagi.

Toner dirancang untuk tujuan penggunaan khusus. Misalnya, dalam mencegah anti-penuaan, untuk mengangkat kulit mati, atau toner untuk menghidrasi kulit.

Tentu jenis-jenis toner beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap jenis kulit.

Apapun jenisnya, fungsi toner wajah adalah untuk membantu sel-sel mati dan minyak berlebih pada kulit.

Kandungan kimia pada toner jgua dapat meredakan peradangan, mengobati jerawat, serta mencegah bakteri penyebab jerawat.

Moms, selain itu, toner bisa membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk urutan skincare pagi lainnya.

4. Essence

Serum dan Krim Wajah, Urutan Skincare Pagi.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Terlihat hampir sama dengan toner, namun essence punya beda fungsi. Urutan skincare pagi seterusnya adalah mengaplikasikan essence pada wajah.

Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi.

Essence menggabungkan berbagai elemen perawatan kulit dalam satu produk dengan tujuan menghidrasi dan menyeimbangkan kembali lapisan kulit.

Bahan aktifnya akan lebih meresap lebih dalam ke kulit dibandingkan toner dan bekerja untuk lebih efektif dalam urutan skincare pagi.

Caranya pemakaiannya, cukup tuang beberapa tetes essence ke telapak tangan lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

Baca Juga: Kulit Kering? Coba 5 Bahan Skincare yang Melembapkan Ini!

5. Serum

Serum menjadi rangkaian urutan skincare pagi yang cukup penting. "Serum kulit bukanlah pelembap, seperti losion atau krim," kata Dr. Abigail Waldman, instruktur dermatologi di Harvard Medical School.

Sebaliknya, serum wajah adalah formulasi yang sangat terkonsentrasi dan dirancang untuk meresap ke dalam kulit dengan cepat, memilki ramuan khusus yang dapat mengatasi keluhan kulit yang umum.

Dalam Harvard Health Publishing, serum wajah memiliki berbagai fungsi, misalnya untuk mencegah penuaan, kerutan, menyamarkan bekas jerawat dan lainnya.

Dr. Abigail merekomendsikan serum yang memiliki kombinasi vitamin C, vitamin E, dan asam ferulic.

Ada penelitian menunjukkan bahwa vitamin C khususnya dapat mencegah bintik-bintik coklat, memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet, dan merangsang pertumbuhan kolagen baru.

6. Pelembap Wajah

pelembap untuk urutan pagi skincare.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Mengutip Indian Journal of Dermatology, bagi yang memiliki kulit tipe kering, pelembap menjadi rangkaian wajib dalam urutan skincare pagi, lho.

Bagaimana tidak, kulit yang sehat adalah kulit yang terhidrasi dan kadar kelembapannya terjaga.

Pelembap wajah fungsinya yakni untuk melembapkan wajah dan mencegah kerutan halus timbul di sekitar wajah.

Bagi pemilik kulit wajah kering, pilihlah pelembap dengan tekstur krim. Tekstur krim biasanya mengandung minyak berlebih yang cocok untuk digunakan pada jenis kulit kering.

Sementara itu, pelembap bertekstur cair atau gel cocok digunakan oleh tipe kulit wajah berminyak.

Sebagian besar ahli perawatan kulit menyarankan memakai pelembap dua kali sehari, sekali di urutan skincare pagi dan di malam hari. Ini memastikan kelembapan kulit tetap konstan sepanjang hari dan saat tidur.

Pelembap juga membuat kulit lebih sehat dan kenyal. Cara memakainya, ambil pelembap secukupnya ke telapak tangan, lalu oleskan pada area pipi dan dahi. Lakukan gerakan memijat hingga pelembap terserap sempurna pada kulit.

7. Sunscreen

Urutan skincare pagi yang terpenting adalah penggunaan sunscreen pastinya. Mengapa demikian? Melanoma atau kanker kulit adalah salah satu kanker paling mematikan.

Paparan radiasi UV adalah penyebab utama dari jenis kanker kulit yang paling umum. Dan salah satu cara paling efektif untuk menghindarinya tentu saja menggunakan sunscreen dalam urutan skincare pagi.

Dalam American Academy of Dermatology Association, miniam SPF yang disarankan adalah 30 SPF.

Sebaiknya digunakan setiap hari ketika ada aktivitas ke luar rumah. Bahkan pada hari berawan, hingga 80 persen sinar UV matahari yang berbahaya dapat menembus lapisan kulit, lho.

Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik.

Setelah menggunakan sunscreen sebagai urutan skincare pagi yang terakhir, Moms bisa melanjutan memakai riasan wajah yang diinginkan.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi, Salah Satunya Konsumsi Makanan Seimbang!

Setelah mengenal urutan skincare pagi, mulai sekarang jangan sampai keliru ya Moms! Sebab, keberhasilan skincare yang dipakai ini juga tergantung pada urutan memakainya, lho! Jadi jangan lupa catat dan diingat ya!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18489300/
  • https://www.dermatologytimes.com/view/are-facial-toners-necessary-0
  • https://www.health.harvard.edu/blog/skin-serum-what-it-can-and-cant-do-2018061214029
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4885180/
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/sunscreen-patients/sunscreen-faqs#:~:text=Dermatologists%20recommend%20using%20a%20sunscreen,of%20the%20sun's%20UVB%20rays.
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait