Program Hamil

14 Maret 2019

Tidak Tepat, Jangan Umumkan Kehamilan di 7 Situasi Ini!

Tidak semua orang siap mendengar kabar kehamilan Moms, terutama bila orang terdekat baru saja mengalami keguguran atau masalah infertilitas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Kehamilan memang sebuah hal yang tentu sangat membahagiakan. Terlebih saat mengumumkannya, Moms tentu tak sabar melihat ekspresi bahagia orang tercinta.

Meski kehamilan adalah kabar baik, mengumumkannya di waktu yang salah malah akan membuat Moms sakit hati atau membuat keadaan jadi kikuk. Oleh sebab itu, ketahuilah kapan waktu yang tidak tepat untuk mengumumkan kehamilan. 

1. Momen Besar Orang Lain

umum1

Meskipun mungkin bagus untuk membuat berita Moms diketahui di pertemuan keluarga besar, tapi memberitahukannya saat anggota keluarga lain sedang merayakan momen besar adalah hal yang kurang tepat. 

Momen besar ini misalnya pertunangan, pernikahan, atau ulang tahun. Jangan buat mereka yang menyelenggarakan acara malah menjadi kesal karena orang-orang membagi fokusnya pada berita Moms.

Baca Juga: 4 Artis Cantik Ini Umumkan Kehamilan dengan Cara yang Unik

2. Pemakaman

shutterstock 1191932263

Jangan membuat pengumuman kehamilan saat sedang melangsungkan proses pemakaman. Hal ini tidak pantas karena orang-orang sedang berduka.

Tunggulah beberapa hari sampai kondisi menjadi lebih baik sebelum Moms mengumumkan kehamilan.  

3. Saat Wawancara Kerja

umum2

Meskipun memberi tahu atasan bahwa Moms hamil selalu lebih baik datang dari diri sendiri, dianggap buruk untuk mengumumkan kehamilan saat wawancara kerja.

Moms sebaiknya tidak memberitahukan hal ini sebelum ditanya, sehingga lebih baik temukan waktu saat sudah mulai bekerja.

4. Di Muka Umum

friends talking

Ketika Moms berbicara tentang kehamilan di depan umum, maka tidak perlu berekspektasi apa-apa terhadap reaksi orang lain. 

Ada kemungkinan orang-orang tidak memberikan reaksi yang diharapkan. Jika Moms mengharapkan reaksi besar, buatlah suasana yang lebih intim.

5. Kepada Anak Sebelum Waktunya Tepat

umum3

Ketika akan memberi tahu anak bahwa Moms hamil, pastikan mengatur waktunya dengan baik.

Jangan sampai membuat anak merasa disisihkan atau dinomorduakan akibat nantinya ia akan memiliki adik. Persiapkan segala hal sebelum mengumukan kehamilan pada Si Kecil. 

6. Dengan Orang yang Memiliki Masalah Sensitif

friends

Tidak semua orang siap mendengar kabar kehamilan Moms, terutama bila orang terdekat baru saja mengalami keguguran atau masalah infertilitas.

Moms perlu waktu yang benar-benar tepat serta tutur kata yang sesuai. Jangan terlalu menunjukan kegembiraan, karena bisa membuat mereka semakin sedih dan menyalahkan diri sendiri.

Baca Juga: 15 Cara Unik Mengumumkan Kehamilan

7. Sebelum Moms Siap Membicarakannya

umum4

Setelah mengumumkan kehamilan, semua orang akan memiliki pertanyaan untuk Moms. Jika tidak siap untuk hal tersebut maka tunda dulu untuk mengumumkannya.

Terkadang Moms tidak membagikan hal itu karena khawatir tentang keguguran, dan apa pun alasan Moms memilih untuk menunggu, bersiaplah untuk pertanyaan tentang kehamilan begitu membuat pengumuman.

Moms harus bisa membaca situasi sebelum mengumumkan kehamilan. Ketika Moms siap untuk membagikan kabar baik, pertimbangkan siapa yang ingin diberi tahu dan kapan.

Penting juga untuk mempertimbangkan cara mengumumkannya. Banyak pasangan memilih untuk melakukan sesuatu yang kreatif untuk membagikan kabar baik, baik dalam skala kecil untuk keluarga atau skala yang lebih besar seperti media sosial.

(MDP)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait