Parenting

27 Mei 2021

7 Rekomendasi Website Edukasi Luar Negeri untuk Si Kecil, Mana yang Paling Favorit?

Ada yang menawarkan printable activity, seru!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Si Kecil harus di rumah saja saat ini? Bukan berarti hanya bisa menghabiskan waktu hanya dengan bermain saja, nih, Moms. Sebagai gantinya, ajak Si Kecil untuk belajar melalui website edukasi yang tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga menyenangkan, yuk Moms!

Saat Si Kecil di rumah dan Moms tetap harus bekerja atau melakukan kesibukan lain, biasanya Moms akan cepat kewalahan dan akhirnya memberikan gadget agar Si Kecil lebih tenang. Hal ini tidak sepenuhnya salah, tetapi harus tetap disertai pengawasan dan dibatasi waktu penggunaannya. Karena ada berbagai macam website yang belum boleh diakses oleh Si Kecil, dan bisa jadi mereka menemukannya tanpa sengaja. Kalau sudah begini, bahaya banget, ya Moms?

Agar penggunaan gadget lebih bermanfaat, Moms bisa mengajak Si Kecil mencari ide aktivitas baru yang seru dan edukatif. Salah satunya adalah melalui website atau secara e-learning. Ternyata, ada banyak kelebihan dari belajar melalui website edukasi yang Moms harus tahu.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Pengaruh Buruk Video Game Pada Anak

Setiap anak memiliki cara penerimaaan yang berbeda dan gaya belajar yang berbeda pula. Beberapa Anak adalah pembelajar visual, sementara beberapa lainnya lebih suka belajar melalui audio.

Dengan menggunakan website edukasi, yang menyediakan berbagai pilihan pembelajaran dan layanan yang dapat dipersonalisasi dengan berbagai cara, menjadi salah satu cara terbaik untuk menciptakan lingkungan belajar yang sempurna, yang sesuai dengan kebutuhan setiap anak.

Belajar melalui website edukasi, memiliki sejumlah varian media seperti video, PDF, podcast, dan semuanya dapat digunakan anak-anak untuk belajar sesuai dengan minat mereka.

Nah Moms, yuk ajak Si Kecil belajar melalui website edukasi. Sleain belajar melalui materi website, ini juga akan membantu Si Kecil mulai memahami penggunaan gadget.

Baca Juga: 5 Aplikasi Belajar Mengaji dan Kisah Nabi untuk Anak

Ini dia Moms, beberapa rekomendasi website edukasi yang bisa Moms akses dengan mudah dan gratis!

1. Rekomendasi Website Edukasi: Time for Kids

TIME_for_Kids_Logo.jpg

Foto: twitter.com/timeforkids

Rekomendasi webiste edukasi pertama adalah Time for Kids. Website edukasi satu ini menawarkan pengalaman belajar dari rumah yang seru, dengan banyak memberikan video dan bahan bacaan yang mudah dipahami Si Kecil.

Ada banyak pengetahuan dan informasi yang ditawarkan di website ini, namun sebagian besar adalah mengenal dunia jurnalistik.

Untuk biaya berlangganannya sendiri, Moms tidak perlu khawatir. Setelah masuknya pandemi Covid-19, Time for Kids turut mendukung pendidikan sedari dini anak di rumah dengan memberikan aksesnya secara gratis.

2. Rekomendasi Website Edukasi: Sesame Street

990__1524674063_366_Sesame Street Games Website Design_2b7cc6cba011.png

Foto: sesamestreet.org

Sesame Street atau Jalan Sesama merupakan tayangan yang sudah familiar bagi anak-anak di Indonesia. Nah Moms, Sesame Street ternyata juga menyediakan website edukasi yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Di dalam website Sesame Street, akan ada banyak ratusan video klip dan game, yang mengajak Si Kecil belajar tentang alfabet, musik, warna, dan masih banyak lagi. Selain itu, website ini juga dipenuhi dengan karakter Sesame Street yang lucu dan colorful, dijamin, Si Kecil akan mendapatkan pengalaman belajar yang seru.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Aplikasi untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak

3. Rekomendasi Website Edukasi: Kidsclick.org

KidsClick-Logo.jpg

Foto: kidsclick.org

Ini dia rekomendasi website edukasi selanjutnya, yaitu Kidsclick.org. Website ini adalah milik perpustakaan Universitas Kent State yang ada di Amerika Serikat, yang juga bertanggung jawab sebagai pengelola. Jadi, sudah sangat terjamin kredibilitasnya, ya Moms.

Halaman pertama website ini akan langsung disuguhkan dengan tampilan penuh warna yang menarik. Terdapat pula kotak pencarian, yang mempermudah Moms dan Si Kecil memilih layanan yang diinginkan.

4. Rekomendasi Website Edukasi: CoolMath

cool_math_games__1237877-768x368.jpg

Foto: coolmath.org

Si Kecil tidak suka belajar matematika? Rekomendasi website edukasi satu ini, dijamin akan merubah keadaan, deh, Moms!

CoolMath merupakan website yang menyebut dirinya sebagai "taman hiburan matematika" karena menyajikan pengalaman belajar matematika yang menyenangkan. Bagaimana tidak? Karena di website edukasi ini, matematika akan disajikan dalam bentuk game.

Website ini diperuntukkan bagi Si Kecil yang berusia mulai dari tiga tahun, lho. Yuk belajar matematika di CoolMath!

Baca Juga: 6 Aplikasi dan Game Edukasi di Android untuk Anak

5. Rekomendasi Website Edukasi: Disney Jr. Educational

Disney_Jr._logo.png

Foto: disneyjr

Jika biasanya Si Kecil lebih familiar dengan film dan seri dari Disney, kali ini Moms bisa ajak Si Kecil untuk belajar melalui website edukasi Disney Jr. Educational.

Bersama Mickey dan teman-temannya, Si Kecil akan diajak belajar dengan game yang bernuansa Disney banget! Akan ada halaman untuk mewarnai, menggambar, belajar mengenal hewan, berhitung dan masih banyak lagi.

Game di Disney Jr. Educational banyak berfokus pada memori, koordinasi antara tangan dan mata, mencocokkan warna, dan mengembangkan pikiran kreativ. Dijamin, Si Kecil akan betah belajar berlama-lama menggunakan website edukasi satu ini.

6. Rekomendasi Website Edukasi: Nick Jr

Nick-Jr.jpg

Foto: nickjr.com

Sama seperti Disney Jr. Educational, Nick Jr. juga mengajak Si Kecil belajar bersama karakter-karakter dari channel kesayangan anak hampir di seluruh dunia, Nickelodeon.

Moms juga bisa mendownload aplikasi Nick Jr di ponsel, sehingga Si Kecil bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Game yang ditawarkan juga beragam. Si Kecil akan bermain kostum dan berdandan, belajar alat musik, menyusun puzzle, serta mengenali angka dan bentuk bidang.

Selain bermain game, ada juga video karaoke lagu-lagu anak dan animasi singkat yang penuh pembelajaran. Si Kecil akan diajarkan bagaimana cara membuat kerajinan tangan hingga cara menolong orang yang lebih tua untuk menyeberang.

Website edukasi ini juga memiliki aktivitas real time, yaitu Si Kecil perlu mencetak tugas yang berupa permainan untuk dikerjakan secara mandiri. Ini sangat berguna untuk melatih otot motorik anak.

Baca Juga: 6 Aplikasi Belajar Bahasa Asing untuk Anak

7. Rekomendasi Website Edukasi: National Geographic Kids

nationalgeographickids-website-icon-image.jpg

Foto: kids.nationalgeographic.com

Moms adalah pecinta channel National Geographic yang menghadirkan kehidupan fauna di alam luar? Channel ini memang memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya, karena menawarkan pengalaman melihat kehidupan hewan-hewan secara real dan terperinci.

Kini, Moms juga bisa mengajak Si Kecil untuk bermain mengenal hewan-hewan tersebut dari National Geographic Kids. Website edukasi satu ini memiliki berbagai macam kegiatan yang asyik dan mendidik untuk Si Kecil. Mereka bisa menonton video tentang alam dan hewan, sembari dilengkapi penjelasan yang akan mempermudah pemahaman.

Moms juga bisa melatih pengetahuan Si Kecil dengan menirukan suara-suara hewan, agar Si Kecil lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini juga akan melatih indera motorik dan pendengaran Si Kecil.

Untuk website satu ini, Moms pasti juga suka, deh!

Itu tadi Moms beberapa rekomendasi website edukasi yang bisa Moms akses untuk belajar Si Kecil. Ada banyak game, video, musik, dan materi yang berbeda-beda, serta tampilannya yang penuh warna dengan karakter menggemaskan, pasti Si Kecil akan lebih semangat belajar.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait