Scroll untuk melanjutkan membaca

JALAN-JALAN
22 Juli 2021

10 Wisata Bandungan Semarang yang Paling Hits

Wisata Bandungan yang tiket masuknya murah meriah
10 Wisata Bandungan Semarang yang Paling Hits

Berlibur di wisata Bandungan merupakan salah satu kegiatan yang tak hanya bisa dilakukan untuk melepas stres, tapi juga bisa memperat hubungan dengan keluarga, teman, hingga pasangan.

Salah satu kota wisata yang populer di Indonesia adalah Semarang. Di kota ini ada sebuah daerah bernama Bandungan. Bandungan adalah salah satu kecamatan di Semarang yang lokasinya berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Semarang.

Jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor maka hanya akan memakan waktu kurang lebih satu jam saja dari pusat kota sehingga buat Moms yang menyewa penginapan di tengah kota bisa dengan mudah datang ke tempat wisata Bandungan.

Baca Juga: Ranu Manduro dan 7 Wisata Alam Indonesia yang Tidak Kalah Indah dari Luar Negeri

Wisata Bandungan Semarang yang Cocok untuk Liburan

Wisata Bandungan di Semarang ini ada banyak pilihannya. Mulai dari wisata alam, wisata kekinian, wisata relaksasi, dan lain sebagainya.

Moms bisa memilih beberapa spot wisata Bandungan dan memasukkannya dalam itinerary untuk direalisasikan nanti. Untuk tempat-tempat wisata Bandungan yang direkomendasikan, berikut pilihannya!

1. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia

Foto: Taman Bunga Celosia (Instagram/rey_dwia)

Foto: Instagram/rey_dwia

Wisata Bandungan yang pertama adalah Taman Bunga Celosia. Taman bunga ini menjadi spot cantik untuk Moms yang suka berfoto karena pemandangannya sangat apik untuk difoto.

Moms bisa menjumpai sejumlah spot foto instagramable yang sangat menarik. Beberapa spot foto yang populer di kalangan wisatawan adalah Menara Eiffel, Patung Merloin Singapura, Rumah Hobbit, dan masih banyak lagi.

Begitu banyak spot instagramable untuk difoto membuat Moms disarankan untuk datang lebih pagi saat berwisata ke sini supaya bisa menjelajah semua spot dengan puas. Selain itu saat masih pagi juga tidak terlalu banyak pengunjung yang datang.

Taman Bunga Celosia yang berlokasi di Jalan Wisata Gedong Songo KM 05 ini buka mulai dari pukul 08.00-18.00. Sementara harga tiket masuk yang diberlakukan sekitar Rp10.000-Rp15.000.

Baca Juga: 5 Wisata Indonesia Timur yang Wajib Dikunjungi

2. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Foto: Candi Gedong Songo (jejakpiknik.com)

Foto: jejakpiknik.com

Candi Gedong Songo tercatat sebagai salah satu candi tertinggi yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di atas ketinggian, tepatnya di lereng Gunung Ungaran.

Candi Gedong Songo punya keindahan yang bisa menarik perhatian wisatawan. Selain pemandnagannya yang luar biasa, di sini juga ada sumber air panas yang katanya jika berendam di sini, mitosnya bisa membuat kulit awet muda.

Candi Gedong Songo berada di Kelurahan Candi, Bandungan. Jika ingin datang ke sini, jam operasionalnya mulai dari pukul 06.00-17.00. Moms cukup membayar biaya masuk mulai dari Rp6.000 hingga Rp7.500 saja.

3. Ayana Gedong Songo

Ayana Gedong

Foto: Ayana Gedong (instagram.com/amri_tohirisman)

Foto: instagram.com/amri_tohirisman

Ayana Gedong Songo adalah salah satu tempat wisata Bandungan yang juga menjadi spot instagramable yang hits. Di sini Moms bisa menjumpai aneka spot kece yang cocok untuk berfoto.

Beberapa spot foto yang banyak diincar adalah sofa di tengah kolam, sarang bantal, balon udara, balon kaca, dan masih banyak lagi. Untuk tiket masuknya hanya Rp20.000 bagi orang dewasa dan Rp10.000 bagi anak-anak.

Saat Moms berada di Ayana Gedong Songo, jangan lupa juga untuk mampir ke Candi Gedong Songo karena kawasan wisata Bandungan ini lokasinya bersebelahan. Ayana Gedong Songo berada di daerah Krajan, Banyukuning.

Baca Juga: 3 Wisata Terbaru di Lembang. Semuanya Menarik!

4. Mawar Camp Area

Mawar Camp Area

Foto: Mawar Camp Area (instagram.com/mawarcamparea)

Foto: instagram.com/mawarcamparea

Mawar Camp Area adalah tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama dengan teman maupun anggota keluarga. Di wisata Bandungan ini, Moms bisa berkemah di alam terbuka.

Mawar Camping Area atau yang juga dikenal dengan nama Mawar Camping Ground adalah tempat perkemahan yang dikelilingi oleh pohon pinus.

Selain suasananya yang asri dan rindang, perkemahan ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, terutama pada saat sunset dan sunrise.

Mawar Camp Area berlokasi di Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti. Untuk biaya sewa tenda per malamnya hanya Rp45.000.

5. Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Foto: Umbul Sidomukti (instagram.com/semarangprojects)

Foto: instagram.com/semarangprojects

Pondok Wisata Umbul Sidomukti adalah salah satu tempat wisata Bandungan buat Moms yang cocok untuk penyuka wisata alam.

Di tempat wisata Bandungan ini, udaranya sangat sejuk dan segar karena berada di perbukitan yang ada di ketinggian kurang lebih 1.200 mdpl di bagian selatan Gunung Ungaran.

Di kawasan wisata ini terdapat tiga kolam pemandian yang letaknya berada di jurang perbukitan sehingga sambil berenang, Moms juga bisa memandangi asrinya pemandangan bukit-bukit di sekitarnya.

Selain berenang, di sini juga ada permainan alam lainnya yang bisa Moms coba.

Pondok Wisata Umbul Sidomukti terletak di Desa Sidomukti Jimbaran. Untuk tiket masuknya pada hari biasa hanya Rp8.000 dan akhir pekan Rp10.000.

Baca Juga: 13 Pilihan Wisata Batu Malang yang Wajib Dikunjungi

6. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm

Foto: Setiya Aji Flower Farm (instagram.com/missayunurhidayah)

Foto: instagram.com/missayunurhidayah

Kawasan wisata Bandungan ini sebenarnya adalah sebuah perkebunan bunga yang kemudian beralih fungsi menjadi tempat wisata romantis.

Hal ini dikarenakan Setiya Aji Flower Farm ini memiliki tampilan yang sangat cantik. Ada hamparan bunga yang bisa dijadikan sebagai spot berfoto.

Lokasi Setiya Aji Flower Farm ini berada di Jalan Kendalisodo, Dusun Ngasen, Desa Jetis. Jika dari Pasar Bandungan hanya berjarak sekitar 10 menitan saja.

Untuk tiket masuknya ini sangat murah sekali karena berkisar antara Rp7.500-Rp10.000 saja.

7. Gedong Pass

Gedong Pass

Foto: Gedong Pass (instagram.com/anwaaaarr_)

Foto: instagram.com/anwaaaarr_

Gedong Pass atau yang dijuluki dengan nama G-Pass adalah wisata Bandungan Semarang yang baru dibuka pada tahun 2019.

Wisata Bandungan ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dari gardu pandang. Gardu pandang di sini sangat unik karena berupa perahu yang terbuat dari bambu atau kayu.

Moms bisa berfoto dari ujung perahu dengan latar pemandangan bukit asri. Selain menikmati pemandangan, di sini juga ada tiga buah air terjun pada lembah bawahnya.

Lokasi wisata Bandungan berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Gedong Pass terletak di Dusun Gedong, Desa Tajuk.

Baca Juga: Norma Sosial: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

8. King Garden Bandungan

King Garden Bandungan

Foto: King Garden Bandungan (instagram.com/wisatausa)

Foto: instagram.com/wisatausa

Tempat wisata Bandungan lainnya adalah King Garden Bandungan yang bisa dikunjungi bersama dengan teman, keluarga, hingga pasangan.

King Garden Bandungan ini sudah buka mulai tahun 2018 dan masih tetap diminati hingga sekarang karena memang memiliki daya tarik panorama yang sangat indah dan pastinya instagramable.

Ada banyak spot untuk berfoto di King Garden Bandungan. Mulai dari kebun bunga, sangkar burung raksasa, hingga balon raksasa.

Wisata Bandungan yang berlokasi di Songo, Tlogosari ini hanya mematok tiket masuk seharga Rp10.000-Rp15.000 saja.

9. I’AMpelgading Homeland

I’AMpelgading Homeland

Foto: I’AMpelgading Homeland (instagram.com/wisatausa)

Foto: instagram.com/@wiwikyulaila

I’AMpelgading Homeland sangat cocok buat Moms yang suka berkemah sambil ditemani pemandangan cantik.

Selain berkemah, Moms juga bisa hanya sekedar berfoto dan menikmati pemandangan saja. I’AMpelgading Homeland berada di atas ketinggian hingga 1.300 meter dari atas permukaan laut sehingga suhu udaranya sangat sejuk.

I’AMpelgading Homeland berlokasi di Dusu Ampelgading, Desa Kenteng. Untuk tiket masuknya hanya Rp5.000 saja. Jika ingin berkemah, Moms harus merogoh kocek Rp10.000.

Baca Juga: Alergi pada Si Kecil Ternyata Bisa Pengaruhi Perkembangan Psikologisnya

10. Susan Spa & Resort

Susan Spa & Resort

Foto: Susan Spa & Resort (instagram.com/megusta_bella)

Foto: instagram.com/megusta_bella

Buat para Moms pasti suka sama wisata Bandungan yang satu ini. Susan Spa & resort adalah salah satu wisata relaksasi yang ada di Gintungan Utara, Dusun Piyoto, Desa Jetis.

Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan karena resort ini dilengkapi dengan kolam renang air hangat dan juga tempat spa dengan pemandangan alam yang indah.

Salah satu spot yang fenomenal di sini adalah Kapel La Kana yang bentuknya unik dan menjadi spot instagramable untuk tempat berfoto.

Jika tak ingin menginap, Moms bisa datang saja untuk menikmati kuliner lezatnya atau berjalan-jalan di sini. Untuk tiket masuk yang dikenakan hanya Rp25.000.

Dari kesepuluh wisata Bandungan Semarang di atas, Moms tertarik untuk mendatangi yang mana dulu?

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Bandungan,_Semarang
  • https://indonesia.tripcanvas.co/id/semarang/tempat-wisata-di-bandungan-ungaran/
  • https://www.javatravel.net/wisata-bandungan-semarang
  • https://travel.tribunnews.com/2020/02/25/6-tempat-wisata-di-bandungan-semarang-yang-punya-spot-instagramable
  • https://travelingyuk.com/king-garden-bandungan-semarang/176276
  • https://www.anekawisata.com/tempat-wisata-di-bandungan.html
  • https://wisatalengkap.com/tempat-wisata-bandungan-semarang-hits/