Jalan-jalan

18 Juli 2021

18 Tempat Wisata Semarang yang Cocok untuk Keluarga

Banyak aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Adeline Wahyu

Ada berbagai wisata Semarang bisa jadi rekomendasi yang tepat untuk dikunjungi Moms dan keluarga, nih.

Kota yang terkenal dengan lumpianya ini, memiliki banyak destinasi wisata, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, atau pun wisata yang ramah keluarga terutama anak-anak.

Oleh karena itu, Semarang pun menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi hari libur. Bisa dibilang, tidak cukup sehari untuk menjelajah semua tempat wisata di sana.

Tertarik berlibur ke Semarang? Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata Semarang yang bisa Moms kunjungi. Simak yuk, Moms!

Baca Juga: Yuk Moms Cobain 17 Makanan Khas Semarang yang Enak dan Lezat Ini

Rekomendasi Tempat Wisata Semarang untuk Liburan Akhir Tahun

Tidak perlu bingung Moms, berikut ini ada rekomendasi tempat wisata Semarang yang bisa Moms dan keluarga kunjungi. Langsung cek saja yuk.

Baca Juga: Jangan Lupa Ajak Si Kecil ke 5 Tempat Wisata Anak di Bandung Ini

1. Maron Mangrove Edupark

mangrove-edupark.jpg

Foto: phinemo.com

Jika Moms dan keluarga mencari destinasi wisata alam untuk menyegarkan tubuh dan pikiran, tempat wisata Semarang yang bisa dikunjungi adalah Maroon Mangrove edu park.

Di sini kita tidak hanya bisa melihat hutan mangrove yang rimbun saja. Pengunjung bisa jalan berkeliling menikmati indahnya suasana alam, atau juga berfoto. Ada juga menara pandang setinggi 10 meter untuk memotret keindahan pemandangan hutan mangrove.

Lokasi: Desa Tapak, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

2. Taman Kelinci

Agrowisata-Kampoeng-Kopi-Banaran.jpg

Foto: keluyuran.com

Selanjutnya ada Taman Kelinci yang bisa dikunjungi di wisata Semarang. Tidak seperti namanya, tempat ini mengusung konsep gabungan antara olahraga dan alam.

Tersedia pula fasilitas berupa kolam renang dan perosotan, yang dilengkapi dengan area outbound untuk tempat bermain anak-anak.

Jadi Moms dan Dads bisa liburan santai, Si Kecil juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang disediakan dan bermain dengan tenang.

Lokasi: Jalan Raya H. Toeyib Soebadi, Desa Kalibeji, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang

Baca Juga: Rumah Jadi Lebih Asri, Ini 8 Tips Memaksimalkan Taman Kecil

3. Taman Wisata Puri Maerokoco

tiket-masuk-maerokoco-2019.jpg

Foto: hargatiket.net

Mencari tempat wisata Semarang yang cocok untuk keluarga, jangan lupa mampi ke Taman Wisata Puri Maerokoco. Di sini kita bisa memperkenalkan anak-anak ke berbagai rumah adat di Provinsi Jawa Tengah.

Katanya taman satu ini mirip seperti Taman Mini Indonesia Indah, ada sekitar 35 miniatur rumah adat atau anjungan dari semua kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.

Di samping replika rumah adat, ada berbagai wahana permainan seperti ayunan dan perosotan, merry go round atau carousel, istana anak-anak Indonesia, kolam renang dan waterboom, desa wisata, pasar apung, outbound, dan gedung opera.

Lokasi: di Jalan Yos Sudarso, Semarang Barat, Kota Semarang.

4. Semarang Zoo

15118645184_610ac2edca_b.jpg

Foto: flickr.com

Kebun binatang selalu menjadi tempat yang menyenangkan dan tidak akan pernah membosankan untuk anak-anak. Tidak hanya di Jakarta, di Semarang juga ada kebun binatang lho Moms.

Tampat wisata Semarang untuk keluarga ini memiliki koleksi sekitar lebih dari 100 spesies satwa, seperti harimau benggala, orang utan, singa, buaya, kanguru, gajah, rusa, ular, jerapah, dan berbagai spesies burung.

Baca Juga: 5 Kebun Binatang Paling Keren di Indonesia

Jika ingin melakukan aktivitas lain setelah melihat berbagai macam satwa, Moms bisa mengajak anak-anak untuk berenang di Waterboom Kids. Aktivitas yang menyenangkan bukan?

Lokasi: Jl. Raya Semarang - Kendal Km. 17, Semarang

5. Goa Kreo

goa-kreo-jawa-tengah.jpg

Foto: ksmtour.com

Moms dan keluarga ingin mencoba aktivitas lain di salah satu tempat wisata Semarang yang asik dan tidak akan ditemukan di Jakarta misalnya? Berkunjung ke Goa Kreo bisa jadi pilihan yang menarik.

Menurut cerita, tempat wisata Semarang ini merupakan tempat di mana Sunan Kalijaga mencari kayu jati untuk membuat Masjid Agung Demak. Menariknya lagi, goa ini merupakan tempat tinggal ratusan monyet ekor panjang. Kebayang dong kita akan sering bertemu monyet di sini?

Selain melihat-lihat goa, aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah naik boat, trekking, dan wisata kuliner di warung dan restoran sekitar.

Lokasi: Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah

6. Saloka Theme Park

saloka.jpg

Foto: travelspromo.com

Saloka Theme Park atau Saloka Park adalah sebuah taman bermain raksasa yang terletak di Kabupaten Semarang, sekitar 1 jam menggunakan mobil dari Kota Semarang. Lokasinya bisa dicapai dengan mudah juga dari Ungaran dan Salatiga.

Saloka Park merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah. Wahana yang tersedia pun bervariasi, dari yang ramah anak sampai yang ekstrem seperti Bengak Bengok, sebuah wahana berbentuk lingkaran yang akan bergerak berputar dan maju-mundur secara cepat, dan bahkan bisa miring hingga 90 derajat, dan Paku Bumi, wahana yang akan membuat kamu merasakan sensasi dijatuhkan dari ketinggian 38 meter lalu diangkat lagi dengan kecepatan tinggi.

Saking besarnya Saloka Park, wisata Semarang ini sampai dibagi menjadi 5 bagian, lho! Masing-masing bagian punya temanya masing-masing. Oh ya, jangan lupa nikmati pemandangan indah Rawa Pening dari beberapa wahana yang cukup tinggi ya!

Lokasi: Danau Rawa Pening, Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah

Baca Juga: Ingin Mengajak Si Kecil Ke Taman Bermain? Cek Dulu 5 Safety Tips Berikut Ini!

7. Kota Lama Semarang

kota lama.jpg

Foto: travel kompas

Sesuai namanya, Kota Lama Semarang merupakan sebuah area di Kota Semarang yang terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarahnya. Merupakan pusat perdagangan di kota Semarang pada Abad 19-20.

Kota Lama Semarang dikenal dengan banyaknya gedung tua bergaya Eropa yang unik yang dipertahankan melalui proses konservasi dan revitalisasi.

Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi Kota Lama Semarang. Moms bisa berfoto di depan berbagai gedung bergaya Eropa di sini, atau sekadar bersantai di Taman Srigunting yang terletak di tengahnya. Kunjungi juga Gereja Blenduk, Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah, yang memiliki kubah atau dome yang ikonik. Sekadar minum kopi sambil duduk-duduk di salah satu kafe di area ini juga menyenangkan, kok!

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto, Kota Lama Semarang, Semarang, Jawa Tengah

8. Brown Canyon Semarang

Eksotisme-brown-canyon-semarang.jpg

Foto: bosnia.travel

Brown Canyon adalah salah satu tempat wisata Semarang lainnya yang populer banget dalam beberapa tahun terakhir. Meski sejatinya hanya sebuah dataran tandus dan berpasir, area ini populer banget sebagai salah satu tempat wisata baru di Semarang berkat foto-foto Instagramable yang banyak muncul di social media.

Ini karena panorama Brown Canyon memang unik, imbas dari pertambangan pasir, tanah, dan batu padas di sini. Sekilas, area ini cocok untuk jadi tempat syuting film-film bertema apokalips seperti Mad Max: Fury Road!

Lokasi: Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah

9. Dusun Semilir Eco Park

dusun-semilir-semarang-img.jpg

Foto: tribunnews.com

Dusun Semilir Eco Park terhitung tempat wisata Semarang yang baru karena dibuka pada awal 2019 lalu. Meski begitu, tempat wisata ini langsung jadi salah satu yang terpopuler bagi warga Semarang dan sekitarnya karena bentuk eksterior dan interior bangunan yang unik.

Bangunan di Dusun Semilir Eco Park didesain berbentuk ala stupa pada Candi Borobudur, dengan bahan bangunan yang didominasi kayu. Tempat ini juga didesain untuk memiliki banyak spot foto keren, jadi tidak heran kalau banyak wisatawan yang datang ke sini untuk foto-foto.

Dusun Semilir Eco Park juga punya restoran dengan view yang bagus, dan ragam aktivitas yang menarik seperti seluncuran warna-warni yang jadi salah satu ikon tempat ini. Moms juga bisa membeli oleh-oleh khas Jawa Tengah di sini. Lengkap banget, kan?

Lokasi: Jl. Soekarno - Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah

Baca Juga: Gurih dan Renyah, Ikuti Resep Lumpia Semarang untuk Takjil!

10. Benteng Pendem Amabarawa

benteng.jpg

Foto: frayanto.com

Benteng Pendem atau Benteng Fort Willem I merupakan bangunan tua peninggalan Belanda. Tempat ini pas untuk latar belakang foto. Benteng dengan arsitektur Belanda yang instagramable ini terletak di Bugisari, Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Selain mengambil foto dengan latar keren dan eksotis, pengunjung juga bisa sekadar menikmati nuansa bangunan yang penuh sejarah ini.

Untuk mengunjungi wisata Semarang ini, pengunjung tidak akan dikenai tiket masuk alias gratis hanya perlu membayar tarif parkir bila membawa kendaraan. Pengunjung dapat berkunjung ke Benteng pukul 08.00-17.00 WIB.

Lokasi: Bugisari, Lodoyong, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

11. Desa Wisata Lembah Kalipancur

15-1-Lembah-kalipancur-by-_dedesu-740x555.jpg

Foto: instagram.com/dedesu

Moms pasti bertanya-tanya bagaimana sebuah pesawat bisa terdampar di tempat seperti ini? Ternyata, badan pesawat asli tersebut sengaja didatangkan pada tahun 2015 menggunakan kontainer. Caranya pun tak main-main, pesawat dibongkar menjadi bagian-bagian kecil, lalu dirakit kembali jadi satu setibanya di Desa Wisata Lembah Kalipancur.

Dan sekarang, bangkai pesawat ini sudah disulap menjadi Aeroplane Café. Selain itu ada juga area Japanese Village dan Texas Village yang sangat menarik dan harus masuk destinasi wisata Semarang Moms dan keluarga.

Selain bangkai pesawat, masih banyak wahana menarik lain yang bisa dijumpai di Desa Wisata Lembah Kalipancur, mulai dari pemancingan, hutan jati, kolam renang, kandang-kandang ternak (bebek, kambing, kelinci, sapi, kuda, rusa), penangkaran burung, Japanese & Western Villages, dan juga tempat wisata kuliner. Lengkap banget ya, Moms?

Lokasi: Jl. Raya Kalipancur Manyaran, Kalipancur, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah

Baca Juga: Ini 5 Tempat Wisata di Solo yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

12. Taman Bunga Celosia Bandungan

Taman-Bunga-Celosia-Bandungan.jpg

Foto: yanacircle.com

Moms sedang mencari inspirasi untuk feed baru di Instagram? Taman Bunga Celosia di kawasan Bandungan tampaknya bisa menjadi alternatif tepat untuk mengisi warna-warni baru di Instagram, nih!

Rute ke lokasinya tidak terlalu rumit, kok. Area wisata ini searah dengan rute wisata ke Candi Gedong Songo. Dari SPBU Gedong Songo menuju ke arah candi sejauh 100 meter dan kamupun akan menemukan tempat ini.

Beberapa spot foto yang ditawarkan tempat wisata Semarang ini, seolah mewakili hasrat mOMS yang ingin berkeliling dunia. Mulai dari replika Patung Merlion di Singapura, Menara Eiffel di Paris, Kincir Angin di Belanda, hingga ragam warna-warni bunga cantik ditawarkan di sini.

Dan jangan salah, kendati tidak berada lereng kaki pegunungan, Moms masih bisa menghirup udara segar di sini. Mau berlibur bersama keluarga, kolega, maupun solo traveling sangat cocok untuk mengisi waktu di akhir pekan.

Nah, yang paling penting jangan lupa siapkan kamera terbaik untuk berswafoto ya!

Lokasi: Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

13. Klenteng Sam Poo Kong

Kelenteng-Sam-Poo-Kong.jpg

Foto: Sportourism.id

Destinasi wisata Semarang selanjutnya berkaitan dengan bangunan bersejarah di kota ini, yaitu kelenteng Sam Poo Kong. Terletak di sebelah barat daya Kota Semarang, klenteng ini tak hanya dikenal karena bersejarah saja namun juga unik.

Kelenteng yang juga dikenal dengan nama gedung Batu ini terletak di sebuah bukit batu dengan bentuknya berupa gua batu besar. Konon kelenteng ini adalah tempat ini persinggahan pertama dari seorang laksamana dari Tiongkok yang terkenal karena beragam islam, Laksamana Ceng Ho.

Lokasi: Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Di Jakarta yang Jarang Diketahui

14. Hutan Pinus Tiamo

hutan pinus.jpg

Foto: IDN Times

Wisata Semarang juga memiliki wisata alam yang sangat banyak, salah satunya yaitu hutan pinus Tiamo. Mungkin terlintas dipikiran Moms bahwa hutan pinus ini seperti pada umumnya.

Sangat salah jika Moms berpikiran seperti itu, lho. Karena ternyata hutan pinus ini memiliki fasilitas dan hiasan yang dapat memperindah.

Di hutan pinus ini, Moms bisa mengabadikan beberapa foto karena banyaknya spot foto yang tersedia. Yang paling tepat ketika berkunjung ke tempat ini yaitu bersama keluarga. Bahkan, bisa juga datang bersama teman-teman untuk menambah keceriaan.

Lokasi: Sokowolu, Tajuk, Getasan, Semarang, Jawa Tengah

15. Candi Gedong Songo

Candi-Gedong-Songo-630x380-1.jpg

Foto: Jejak Piknik

Wisata Semarang selanjutnya, bisa dilanjutkan ke Candi Gedong Songo, sebuah peninggalan jaman kerajaan Indonesia. Gedong Songo sendiri berarti sembilan bangunan. Jadi disini Moms bisa melihat 9 buah candi yang masih berdiri kokoh di kompleks candi.

Tak hanya candi, di kawasan wisata Gedong Songo juga, Moms bisa menikmati wisata lain seperti hutan pinus yang cantik dan cocok untuk berfoto, serta ada juga mata air dengan kandungan belerang di dalamnya.

Dengan mengunjungi satu tempat ini, Moms dan keluarga bisa menikmati beragam destinasi wisata sekaligus.

Lokasi: Dsn Darum, Krajan, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

16. Museum Kereta Ambarawa

museum kereta.jpg

Foto: wisatajateng.com

Tak jauh dari Kota Semarang, Moms dan Si Kecil bisa berwisata sekaligus belajar tentang transportasi kereta di Indonesia.

Disini Moms bisa belajar sejarah tentang kereta api dan perkembangannya di Indonesia. Berkunjung ke museum ini akan membuat Moms merasa berada di dalam mesin waktu yang membawa ke masa lampau.

Perjalanan waktu ini bisa Moms rasakan dengan menaiki salah satu kereta uap yang memang disediakan untuk pengunjung. Kereta uap ini adalah kereta uap yang masih asli dan masih bisa beroperasi dengan baik.

Dengan kereta uap ini, Moms akan dibawa berkeliling di kawasan sekitar Ambarawa. Menarik bukan?

Lokasi: Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

Baca Juga: 6 Museum Seru di Dunia Ini Cocok Untuk Destinasi Liburan Anak

17. Pantai Maron

Pantai-Maron.jpg

Foto: dolanyok.com

Hamparan pasir yang luas serta air yang biru di pantai Maron ini mampu menenangkan dan menyejukkan mata. Pantai Maron di setiap sisi pantai ini terdapat tumbuhan mangrove yang bisa dijadikan spot foto terbaik, tidak heran jika wisata Semarang ini banyak diminati.

Berkunjung ke pantai Maron sangat disarankan untuk menghindari waktu liburan, karena pastinya akan penuh dengan para wisatawan.

Beberapa fasilitas di pantai ini cukup lengkap, belum lagi adanya beberapa hiasan yang bisa dijadikan sebagai spot foto. Agar keceriaan suasana semakin bertambah, alangkah baiknya mengunjungi pantai ini bersama orang terdekat.

Lokasi: Muara Sungai Silandak, Semarang, Jawa Tengah

18. Waduk Jatibarang

Waduk-Jatibarang.jpg

Foto: instagram.com/posesemarang

Lagi-lagi di Semarang terdapat waduk dengan pemandangan yang indah bernama waduk Jatibarang. Agar bisa menikmati keindahan waduk ini, datanglah pada pagi hari atau sore hari ketika matahari terbenam.

Waduk Jatibarang selesai pembangunan pada tahun 2014 sehingga masih dikatakan waduk baru dan banyak diminati sebagai destinasi wisata Semarang.

Untuk mengelilingi waduk bisa menggunakan speed boat yang disewakan. Kebanyakan orang menjadikan waduk Jatibarang sebagai tempat memancing yang sangat nyaman dan menyenangkan. Bahkan, di sekeliling waduk ini juga tersedia jalan yang bisa Moms gunakan untuk sekadar berjalan kaki.

Lokasi: Jl. Moch Ihsan, Jatibarang, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah

Baca Juga: Ragam Masakan Rumahan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur nan Lezat

Sudah menentukan ingin mengunjungi yang mana? Yuk Moms coba kunjungi tempat wisata Semarang ini bersama keluarga!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait