Scroll untuk melanjutkan membaca

JALAN-JALAN
09 Mei 2022

7 Rekomendasi Wisata Bumiayu, Banyak Wisata Alam Menarik!

Salah satu tempat wisata Bumiayu ini dapat memacu adrenalin lho!
7 Rekomendasi Wisata Bumiayu, Banyak Wisata Alam Menarik!

Berada di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tidak membuat wisata Bumiayu sepi pengunjung. Di sana terdapat beragam tempat wisata yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

Bagi yang ingin nuansa alam, perkebunan teh bisa tempat untuk healing sejenak. Ada juga tempat lain seperti wisata air, perbukitan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Surabaya, Wajib Mampir!

Destinasi Wisata Bumiayu

Deretan lokasi wisata Bumiayu ini bernuansa alam yang indah dan menyegarkan. Cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Agro Tourism Kaligua

Wisata Bumiayu -1

Foto: Wisata Bumiayu -1

Foto: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Alamat: Jl. Kaligua, Sawah,Ladang, Kretek, Kec. Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52276

Telepon: 0823-2555-4488

Instagram: @kaligua.ptpn9

Kaligua menjadi salah satu tempat agrowisata terbaik yang menyajikan pemandangan kebuh teh yang indah sekaligus menyegarkan.

Ini adalah perkebunan milik PT Perkebunan Nusantara IX. Di dalamnya terdapat Puncak Sakub yang akan memanjakan para pengunjung dengan pemandangan yang hijau dan asri.

Ada pula wisata air Tuk Bening yang dapat dinikmati kesegarannya dari air abadi yang langsung dari mata airnya. Bukan hanya itu, ada juga Kaligua Bike Park yang memberikan sensasi bersepeda di tengah kebun teh.

Di sini juga menyimpan wisata sejarah goa Jepang yang mengajak pengunjung dalam sejarah dan struktur penjara zaman itu.

Dengan pengolahan yang baik, kini Agro Tourism Kaligua dapat dinikmati semua orang. Mulai dari produk maupun wisata alamnya yang menawan.

2. Ranto Canyon Salem

Wisata Bumiayu -2

Foto: Wisata Bumiayu -2

Foto: datawisata.com

Alamat: Gunungtajem, Winduasri, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52275

Telepon: 0852-2733-4665

Lokasi yang mendapat predikat sebagai serpihan surga di ujung barat Jawa Tengah ini dapat menjadi wisata Bumiayu yang tidak boleh terlewatkan.

Memiliki keindahan alam yang asri, terdapat pula spot wisata air yang menantang adrenalin.

Untuk yang ingin melakukan body rafting, perjalanannya dimulai dari Leuwibutut dan berakhir di Panyuruan dengan menelurusi trek sekitar 670 meter.

Para pengunjung dapat melakukan rafting atau hanya sekedar berfoto di antara dua tebing indah, yang ditambah dengan megahnya pemandangan air terjun.

Untuk penikmat ketenangan, melatih adrenalin, menyukai hal baru, atau hanya ingin bermain air, tempat wisata Ranto Canyon Salem ini dapat menjadi pilihan yang terbaik.

3. Dermaga Taman Mangrove Pandansari, Kaliwlingi

Wisata Bumiayu -3

Foto: Wisata Bumiayu -3

Foto: travelspromo.com

Alamat: Pandansari, Kaliwlingi, Brebes, Brebes Regency, Central Java 52212

Telepon: 0856-0241-0121

Wisata bumiayu selanjutnya adalah wisata edukasi tentang hutan bakau sebagai salah satu alternatif untuk mengurangi dampak abrasi oleh air laut, yakni Taman Mangrove Pandansari.

Sambil melihat-lihat pemandangan hutan bakau yang luar biasa, ada juga wahana bermain yang bisa dicoba. Misalnya banana boat dan perahu bebek. Ini bisa menjadi tempat yang cocok dikunjungi keluarga.

Memiliki pemandangan alam yang indak, tak salah jika pengunjung juga mengabadikannya dengan berfoto di beberapa spot foto di sana.

Berada seakan di tengah laut, pengunjung harus menaiki perahu terlebih dahulu sebelum dapat menginjakkan kaki di hutan Mangrove. Tentu ini akan menjadi sensasi tersendiri saat berwisata.

Baca Juga: Catat, Ini 4 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Bogor

4. Waduk Malahayu

Wisata Bumiayu -4

Foto: Wisata Bumiayu -4

Foto: dinbudparbrebes

Alamat: Desa Malahayu, Kec. Banjarharjo, Brebes

Website: Dinbudpar.brebeskab.go.id

Lokasinya yang sangat eksotis dan memiliki pemandangan yang indah, waduk ini berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kecamatan Banjarharjo.

Luasnya sekitar 944 hektar dan dibangun saat masa kolonial Pemerintahan Belanda pada 1930. Waduk ini pada awalnya dibangun untuk sarana irigasi dan pengontrol banjir.

Namun karena memiliki keindahan dan pesona yang memikat, kini waduk ini dikembangkan sebagai lokasi wisata atau rekreasi.

Sepanjang mata memandang, para pengunjung akan disajikan dengan hamparan air yang berpadu dengan pemandangan alam yang luar biasa yang akan memanjakan mata.

5. Pemandian Air Panas Tirta Husada

Wisata Bumiayu -5

Foto: Wisata Bumiayu -5

Foto: dinbudparbrebes

Alamat: Kedungoleng, Kec. Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Setelah capek hunting foto dengan melihat-lihat pemandangan yang indah, saatnya bagi pengunjung untuk mengendurkan otot-otot yang lelah di pemandian air panas Tirta Husada ini.

Ini merupakan pemandian air panas yang menggunakan mata air panas langsung. Pengunjung dapt mendatanginya pada pagi atau sore hari.

Selain dapat membuat relaks tubuh dengan berendam di air panasnya, di sini juga menghdairkan panorama cantik di kaki pegunungan yang begitu indah.

Di sana terdapat dua kolam renang air panas yang dalam serta dangkal, satu tempat kamar mandi pribadi VIP, tempat parkiran kendaraan, taman peristirahatan, kamar ganti, 7 kamar mandi untuk berbilas, serta mushola.

Baca Juga: Jadi Tujuan Favorit Keluarga, 7 Destinasi Wisata Ramah Anak di Jepang

6. Bukit Panenjoan Salem

Wisata Bumiayu -6

Foto: Wisata Bumiayu -6

Foto: bumiayu.id

Selain Ranto Canyon, kini muncul lagi spot baru di Brebes yang tak kalah eksotis. Namanya Bukit Panjenjoan.

Ini merupakan lokasi wisata perbukitan yang menyuguhkan pemandangan alam yang asri nan hijau dipandu dengan landscape pegunungan.

Segarnya udara dan indahnya pemandangan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Bahkan, tidak sedikit juga yang datang dari luar kota.

Dengan konsep alami, spot foto pun dapat dipilih hingga menjadi kenangan indah. Bagi pengunjung yang menyukai suasana senja, bukit ini akan cocok dikunjungi pada sore hari.

7. The Teras Padi

Wisata Bumiayu -7

Foto: Wisata Bumiayu -7

Foto: instagram.com/the_teraspadi

Alamat: Sawah, Ladang, Kretek, Kec. Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Telepon: 0821-3575-2405

Instagram: @the_teraspadi

Ini menjadi wisata Bumiayu yang juga instagramable, The Teras Padi menyuguhkan pemandangan indah yang dilengkapi dengan resto, taman, dan juga café.

Pengunjung dapat menikmati makanan sambil berburu spot foto yang indah. Selain itu, karena lokasinya yang cukup luas, di sini juga dapat menjadi lokasi outbond yang menyenangkan.

Anak-anak juga dapat bermain karena ada tempat bermain kecil untuk melengkapi fasilitasnya. Selain itu, banyaknya joglo yang dapat menjadi tempat makan juga menjadi sensasi tersendiri.

Beragam wisata Bumiayu bernuansa outdoor ini akan membuat pengunjung untuk refreshing, hingga dapat kembali kepada aktivitas dengan lebih segar dan bersemangat. Mau mencoba?

  • https://www.instagram.com/p/CSVPmVQr1xt/
  • http://dinbudpar.brebeskab.go.id/tour/ranto-canyon-salem/
  • https://www.bumiayu.net/2020/02/4-wisata-bumiayu-yang-paling-asyik-dikunjungi-saat-weekend.html
  • https://ulasantempat.com/jawa-tengah/dermaga-taman-mangrove-pandansari-593936
  • https://wisatalengkap.com/tempat-wisata-di-brebes-terbaru/
  • http://dinbudpar.brebeskab.go.id/tour/waduk-malahayu/
  • https://www.bumiayu.id/bukit-panenjoan-salem-wisata-eksotis-tampilkan-keindahan-alam.html