30 January 2022

14 Wisata Medan yang Punya Banyak Cerita, Kunjungi Yuk!

Wisata Medan memiliki banyak cerita yang seru!

Medan adalah ibukota provisi Sumatera Utara yang kaya akan keanekaragaman budaya. Tak heran kalau banyak sekali tempat wisata Medan yang seru untuk dikunjungi.

Karena lokasinya yang strategis, Medan menjadi tempat berkumpulnya para pedagang dari Cina, India, Timur Tengah, Seemnanjung Malaysia, Singapura dan Eropa sejak berabad-abad lalu. Asimilasi budaya ini membuat Medan menjadi salah satu kota yang dipenuhi dengan arsitektur dan warisan kuliner beragam.

Baca juga: 13 Pilihan Wisata Batu Malang yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Wisata Medan

Selain arsitektur dan kuliner, Medan juga memiliki lokasi yang menyimpan banyak cerita menarik untuk dikunjungi lho Moms. Berikut daftar lengkapnya!

1. Istana Maimun

Istana Maimun lokasi wisata medan yang wajib dikunjungi
Foto: Istana Maimun lokasi wisata medan yang wajib dikunjungi (wisatasekolah.com)

Foto: Orami Photo Stock

Istana Maimun merupakan destinasi wisata Medan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung. Dibangun oleh Sultan Ma'mun Al Rashid Perkasa Alamsyah pada tahun 1887-1891, istana ini memiliki total 30 kamar di atas tanah seluas 2.772 meter persegi.

Sayangnya, tidak semua ruangan bisa dinikmati oleh pengujung. Istana Maimoon hanya membuka satu ruangan utama untuk umum, yaitu ruang singgasana.

Gaya arsitekturnya adalah campuran budaya Melayu, Islam dan warisan Moghal. Sedangkan desain interiornya mengambil suasana yang lebih Spanyol-Italia.

Selain dapat menikmati keindahan ruang dalam dan luar istana, Moms juga bisa menyewa baju tradisional kerjaan melayu Deli atau duduk di singgasana Sultan dan Ratunya.

2. Masjid Raya Al Mashun

Masjid Raya Al Mashun
Foto: Masjid Raya Al Mashun

Foto: wikipedia.com

Masjid Raya Al Mashun berada di tengah jalan raya Medan. Tempat beribadah umat muslim ini dibangun pada tahun 1906-1909, pada masa pemerintahan Sultan Ma'mun Al Rasyid Perkasa Alam dari Kesultanan Deli.

Bangunan dengan gaya arsitektur Timur Tengah, Moghal dan Spanyol ini dikelilingi oleh taman yang indah. Masjid ini memiliki bentuk bangunan segi delapan dan memiliki empat sayap di selatan, timur, utara, dan barat.

Masjid ini dibangun berdasarkan perintah dari Sultan. Ia meminta untuk membangun masjid yang lebih megah dari istana Maimoon, Struktur elegan dengan detail rumit pada desain eksterior dan interior membuat masjid ini menjadi destinasi wisata Medan yang wajib dikunjungi.

3. Rumah Tjong A Fie

wisata medan rumah tjong afie
Foto: wisata medan rumah tjong afie

Foto: instagram.com/medantours

Tak heran, kalau banyak sekali wisata Medan dengan bangunan unik sesuai dengan etnis yang berada di kota tersebut seperti Rumah Tjong A Fie.

Mengunjungi rumah ini bisa membuat Moms kembali ke masa lalu. Setiap perabotan dan aksesori di rumah ini ditata persis seperti rumah yang masih ditinggali pemiliknya.

Terletak di pusat kota Medan, bangunan ini memiliki kombinasi pengaruh Cina, Melayu, dan Art-Deco. Rumah besar terus terpelihara dengan baik di antara struktur modern di sekitarnya.

Tjong A Fie adalah seorang saudagar Cina yang berusaha mencari peruntungan di Medan bertahun-tahun yang lalu. Karena kerja kerasnya, dia berhasil menjadi pengusaha kaya, pemimpin yang disegani, dan dermawan.

Dengan ukiran, ornamen, barang antik, dan karya seni yang indah, rumah ini didedikasikan untuk istri tercinta. Salah satu fakta menarik tentang Tjong A Fie adalah merupakan donatur saat pembangunan Masjid Raya Al Mashun. Ia juga disebut sebagai tokoh keragaman agama di Medan

4. Graha Maria Annai Velangkanni

wisata medan graha maria velangkanni
Foto: wisata medan graha maria velangkanni

Foto: instagram.com/velangkanni

Wisata Medan yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Kuil Maria di Graha Maria Annai Velangkanni. Bangunan megah dengan detail yang sangat unik ini merupakan bentuk persembahan untuk Bunda Maria yang Terberkati.

Walaupun nama kuil, tetap bangunan ini adalah Gereja Katolik yang dibangun pada 2001 – 2005. Pastor James Barathaputra, SJ adalah pencetus ide untuk membangun Gereja Katolik yang unik ini. Visinya adalah menjadikan ini tempat perlindungan bagi orang-orang yang mencari kedamaian, penghiburan, penyembuhan, dan keilahian.

Baca juga: Tempat Wisata Outdoor Akan Buka Bertahap Saat New Normal, Ketahui Kebijakan Barunya

5. Kuil Sri Mariamman

wisata medan Kuil Sri Mariamman
Foto: wisata medan Kuil Sri Mariamman

Foto: instagram.com/ck4love

Selain etnis Tionghoa dan Melayu, pada zaman dahulu juga banyak orang India yang menatap di Medan. Salah satu buktinya adalah wisata Medan Kampung Keling atau dikenal Little India Medan. Di Lokasi ini terdapat sebuah kuil bernama Sri Mariamma.

Bangunan ini dibangun pada tahun 1884 oleh donatur muda Tamil bernama Gurdhuara Sahib dan Sami Rangga Naiher untuk memuja Dewi Mariamman dan dikhususkan untuk Dewa Hindu Ganesha dan Muruga.

Kuil Hindu tertua di Medan ini memiliki gaya arsitekturnya khas India Selatan dan Sri Lanka. Eksterior dan interior kuil ini dihiasi dengan warna-warna cerah, patung-patung, dan ukiran yang indah.

Ruang doa kuil ditutup pada hari Sabtu, tetapi halaman selalu dibuka setiap hari.

6. Maha Vihara Maitreya

wisata medan Maha Vihara Maitreya
Foto: wisata medan Maha Vihara Maitreya

Foto: instagram.com/abdi_santoso1

Destinasi wisata Medan lain yang bsa Moms kunjuni adalah Maha Vihara Maitreya. Bangunan yang dibangun pada 1991 di atas tanah seluas 4,5 hektar ini merupakan kuil terbesar di Medan.

Diresmikan pada 2008, kuil ini dihiasi dengan patung-patung besar yang tidak boleh diabadikan. Interiornya mewah dan sederhana, didedikasikan bagi para penyembah untuk melakukan pemujaan khusyuk dalam diam, mengikuti ajaran Buddha Maitreya.

Kuil ini juga memiliki taman bermain untuk anak-anak dan toko suvenir. Berlokasi strategis di kompleks perumahan di mana Moms dapat menemukan banyak pilihan makanan khas Medan dan minuman lezat untuk dinikmati setelah seharian menjelajahi kota Medan.

7. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

wisata medan rahmat gallery
Foto: wisata medan rahmat gallery

Foto: instagram.com/rahmatgallery.id

Saat berkunjung ke Medan, Moms juga bisa menghabiskan waktu di Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Medan. Di wisata Medan ini, Moms bisa mengenal berbagai satwa liar dari yang terkecil hingga besar sesuai dengan habitatnya.

Museum yang dibangun di tanah seluas 2.970 meter persegi ini didirakan pada 2008 oleh DR. H. Rahmat Shah yang merupakan penggemar olahraga berburu dan pelestarian alam. Melalui museum ini, ia mengajak pengunjung untuk lebih memahami keanekaragaman satwa liar yang ada di dunia.

8. Museum Negeri Sumatera Utara

wisata medan museum sumut
Foto: wisata medan museum sumut

Foto: instagram.com/museumsumut.official

Museum Sumatera Utara adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat pergi ke Medan. Karena di sini, Moms dapat mengetahui berbagai sejarah dan budaya Sumatera Utara.

Di museum ini, Moms juga akan menemukan galeri yang menceritakan kisah berbagai periode sejarah Sumatera Utara dan membawa Moms melewati era Hindu, Buddha, dan Muslim serta masa kolonial Belanda.

Ada juga koleksi yang didedikasikan untuk persenjataan kuno, tekstil, peralatan pertanian, dan patung, dan Moms juga akan menemukan beberapa peti mati kayu menakjubkan yang diukir dalam bentuk naga.

Secara keseluruhan, ini adalah harta karun sejarah dan pengantar yang bagus untuk mengenal kota Medan. Jangan lupa untuk memasukan destinasi wisata Medan ini ke dalm itinerary Moms ya.

Baca juga: Habiskan Akhir Pekan dengan Mengunjungi 4 Tempat Wisata Depok

9. Merdeka Walk

Merdeka walk
Foto: Merdeka walk

Foto: Orami Photo Stock

Wisata Medan belum lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khasnya, begitu juga di Medan. Salah satu destinasi wisata kuliner di Medan yang wajib dikunjungi adalah Merdeka Walk.

Tempat ini merupakan kawasan pejalan kaki yang dipenuhi dengan berbagai restoran dan kios yang menjual berbagai jenis makanan di pusat kota.

Berbagai jenis makanan khas Medan ada di lokasi ini. Jika Moms datang bersama kelompok bisa memilih Merdeka Walk untuk makan malam.

10. Kampung Keling

wisata medan kampung keling
Foto: wisata medan kampung keling

Foto: instagram.com/lingkarsumut

Kampung Keling adalah salah satu daerah di Medan tempat bermukin masyarakat keturunan suku Tamil. Saat berada di sini, Moms akan merasa sedang berada di India.

Daerah ini dipenuhi dengan toko-toko yang menjual sari warna-warni dan perhiasan India. Di sini juga terdapat banyak restoran India yang menyajikan hidangan tradisionalnya.

Lokasi ini juga terdapat kuil India tertua, yaitu Kuil Sri Mariamman yang dibangun pada tahun 1884 dengan arsitektur khas India lengkap dengan ukiran-ukirannya.

11. Kantor Pos Medan

wisata medan kantor pos medan
Foto: wisata medan kantor pos medan

Foto: instagram.com/aritonangreborn

Bangunan sejarah lain yang jadi destinasi wisata Medan adalah Kantor Pos Medan. Arsitektur khas Eropa berwarna putih membuat gedung ini menjadi pusat perhatian saat Moms berkunjung ke pusat kota Medan.

Kantor pos ini dibangun pada tahun 1911 pada masa penjajahan Belanda. Bangunan ini dirancang oleh arsitek Belanda yang membangunnya dengan gaya tradisional kolonial.

Salah satu ciri khas Kantor pos adalah jendela besar setengah lingkaran di bagian atas dan menjadi salah satu contoh arsitektur kolonial terbaik di Medan.

12. Situs Kota Cina

wisata medan situs kota cina
Foto: wisata medan situs kota cina

Foto: instagram.com/sulistyo.cahyo

Situs kota Cina yang ada di Medan Marelan berada di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Sumatera Utara. Menurut catatan, situs kota Cina merupakan pemukiman yang padat di antara Sungai Belawan dan Sungai Deli.

Lokasi ini ditemukan pada 1970an ketika para pekerja menemukan reruntuhan bata yang diperkirakan tempat peribadatan. Ada juga arca Hindu dan Buddha, sisa pertukangan logam, dan sisa permukiman.

Berbagai jenis artefak seperti keramik atau gerabah, uang logam, manik-manik, damar, emas, pecahan gelas, sisa biota air maupun darat, serta perahu juga ditemukan di lokasi ini.

Sayangnya, lokasi ini terancam kelestariannya. Hal ini membuat Balai Arkeologi Sumatera Utara harus menyewa lahan untuk menyelamatkan struktur bata kuno yang ada di bawahnya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Gua Maria untuk Wisata Religi Keluarga

13. Taman Ahmad Yani

wisata medan taman ahmad yani
Foto: wisata medan taman ahmad yani

Foto: instagram.com/keziasgn

Taman Ahmad Yani merupakan salah satu lokasi wisata Medan yang wajib untuk dikunjungi. Salah satu daya tarik kota ini adalah Patung Jenderal Ahmad Yani yang menjadi latar favorit para pengunjung yang datang ke lokasi ini.

Patung ini dibuat oleh seorang seniman bernama Ki Heru Wiryono MH pada 1965 hingga 1968 yang berasal dari keinginan warga setempat. Menurut pembuatnya, patung ini sengaja dibuat menghadap kanan yang merupakan filosofi untuk mengajak pemuda ikut berjuang demi NKRI.

Moms yang membawa si kecil juga bisa berkunjung ke daerah ini, Karena di sini terdapat beberapa permainan ramah anak. Selain itu, disini juga terdapat beberapa jajanan khas Medan yang wajib untuk dicoba.

14. Ucok Durian

wisata medan ucok durian
Foto: wisata medan ucok durian

Foto: instagram.com/jefjefree

Saat ke Medan jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas yaitu buah durian. Salah satu toko yang terkenal adalah Durian Ucok yang menjual buah dan olahan Durian.

Berlokasi di Jl Pelajar Medan, tempat ini merupakan destinasi wajib untuk pecinta Durian saat berkunjung ke Medan.

Baca juga: 5 Daerah Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia, Boleh Dicoba!

Nah Moms, sudah tahu kan lokasi wisata Medan mana saja yang mau dikunjugi? Jangan lupa untuk masukkan ke daftar itinerary ya.

  • https://www.tripadvisor.com/Attractions-g297725-Activities-oa30-Medan_North_Sumatra_Sumatra.html
  • https://www.indonesia.travel/sg/en/trip-ideas/6-instagrammable-landmarks-in-medan?cid=SEM21B:SRC:GOS:TXT:SG:CD:MDNTTD
  • https://www.thecrazytourist.com/15-best-things-medan-indonesia/
  • https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/dpk/situs-kota-cina-di-medan-marelan/
  • https://www.travelingmedan.com/2020/06/taman-ahmad-yani.html
  • https://www.ucokdurian.id/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb