Jalan-jalan

5 April 2019

Wisata Murah Meriah dan Edukatif untuk Si Kecil dan Keluarga

Wisata keluarga tak perlu mahal Moms, yuk kunjungi lokasi wisata di Jakarta yang murah meriah dan edukatif untuk Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Tidak ada momen yang lebih menyenangkan dari menghabiskan waktu bersama Si Kecil dan pasangan ya Moms. Sebagai keluarga, tentu Moms ingin memiliki kenangan berharga bersama anak dan suami tercinta.

Salah satunya dengan berwisata sembari mengenalkan Si Kecil pada sesuatu yang belum pernah ia ketahui sebelumnya.

Moms bisa mengajak Si Kecil mengunjungi tempat wisata anak yang edukatif, dan yang paling penting, murah meriah! Berikut daftarnya.

1. Wisata Kota Tua Jakarta

kotatua 1 pergiyukcom

Foto: pergiyuk.com

Kota Tua Jakarta menjadi salah satu lokasi wisata yang memiliki daya tarik bagi berbagi kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan turis asing.

Selain memiliki ragam museum yang bisa Moms kunjungi bersama Si Kecil dan pasangan, lokasi Kota Tua Jakarta juga cocok untuk mengambil foto atau video untuk diunggah ke media sosial.

Dengan konsep bernuansa kuno, bangunan-bangunan di Kota Tua Jakarta tentu sangat berbeda dengan gedung di pusat kota Jakarta yang modern. Hal ini jadi nilai tambah mengapa Kota Tua Jakarta adalah wisata yang menyenangkan dan beda dari yang lain.

Ragam museum yang ada di Kota Tua Jakarta teramasuk Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, hingga Museum Bank Mandiri.

Untuk mengunjungi Kota Tua Jakarta, Moms bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau kendaraan umum seperti commuter line (turun di Stasiun Jakarta Kota), TransJakarta (turun di halte Kota).

Berikut harga tiket masuk museum-museum di Kota Tua Jakarta:

Museum Fatahillah: Rp 2.000 – Rp 5.000 /orang

Museum Wayang: Rp 2.000 – Rp 5.000 /orang

Museum Bank Indonesia: Rp 5.000 /orang

Museum Seni Rupa dan Keramik: Rp 2.000 – Rp 5.000 /orang

Museum Bank Mandiri: Rp 5.000 /orang

Baca Juga: Tak Perlu ke Luar Negeri, Asiknya Main Salju Bisa Dirasakan di Trans Snow World Juanda!

2. Planetarium Jakarta

planetarium travelspromocom

Foto: travelspromo.com

Planetarium dan Observatorium Jakarta adalah planetarium publik dan observatorium, yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki di Jakarta, Indonesia. Planetarium ini adalah yang tertua dari tiga planetaria di Indonesia.

Di lokasi wisata ini, Moms bisa menyaksikan pertunjukkan Teater Bintang, mendatangi Ruang Pameran (Exhibition Hall), dan mengunjungi Observatorium di mana bisa menggunakan teleskop untuk mengamati langsung benda-benda yang ada di langit.

Planetarium Jakarta buka hari Senin-Jumat, pada jam 08.00-15.00 WIB.

Moms bisa mendapatkan tiket untuk mengunjungi Planetarium Jakarta dengan harga:

Anak-anak: Rp 7.000 /orang (2 tahun hingga usia tingkat SD)

Dewasa: Rp 12.000 /orang (tingkat SMP hingga Dewasa)

3. Taman Mini Indonesia Indah

tmii traveltodayindonesiacom

Foto: traveltodayindonesia.com

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia yang berlokasi di Jakarta Timur.

TMII merupakan lokasi wisata yang dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona, yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat.

Tak hanya itu, di tengah-tengah TMII terdapat kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku. Hal ini menjadikan TMII menjadi kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

Baca Juga: Punya Gaya Traveling Beda dengan Suami? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya!

4. SeaWorld Ancol

seaworld ancol teamcuriouscom

Foto: teamcurious.com

SeaWorld Ancol merupakan kawasan wisata yang memberikan hiburan dan pendidikan khususnya dunia laut.

SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil.

Tak hanya itu, ada juga berbagai acara dan fasilitas yang edukatif dan bisa dinikmati oleh Si Kecil, seperti aksi 2 penyelam saat feeding show di akuarium utama, uniknya duyung menyantap rumput laut dari tangan penyelam sampai keganasan belut kerondong berebut makanan.

Berlokasi di Jakarta Utara, SeaWorld Indonesia memiliki banyak ragam wahana menarik, dan tentu bisa didapatkan dengan harga yang murah.

Harga tiket SeaWorld Ancol yaitu Rp 85.000 (weekday/hari biasa), dan Rp 105.000 (weekend/akhir pekan).

Nah, itu dia Moms wisata edukatif yang menarik dan menyenangkan untuk Si Kecil dan keluarga. Selamat liburan!

(AP/AND)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait