Di atas 5 tahun

15 Mei 2017

Yuk Ajak Anak Rayakan Hari Keluarga Internasional Dengan 11 Aktivitas Ini

Kumpul dengan seluruh anggota keluarga dengan kegiatan menyenangkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Tahukah Mama, setiap tanggal 15 Mei diperingati sebagai International Day of Families atau Hari Keluarga Internasional? Peringatan yang pertama kali dicanangkan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1993 ini memang menjadi momen yang tepat untuk menghangatkan kembali suasana rumah dan mendekatkan seluruh anggota keluarga.

Berkumpul dengan seluruh anggota keluarga, baik dengan pasangan maupun si kecil tidak harus membuat Mama mengeluarkan banyak uang. Ada berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa Mama lakukan bersama buah hati untuk membuatnya belajar sambil menikmati hiburan.

Mau tahu bagaimana caranya? Berikut adalah 11 aktivitas yang bisa menghibur si kecil dan bisa Mama coba:

1. Membaca buku

1. membaca buku

Buku tak hanya berisi ilmu pengetahuan, lho. Di dalamnya juga ada hiburan yang dapat membuat si kecil merasa senang dengan melihat gambar dan membaca cerita yang ada di dalamnya. Mama bisa membuat perpustakaan mini untuk membuat si kecil bisa mengakses buku dengan mudah.

2. Bermain dengan binatang peliharaan

2. bermain dengan binatang peliharaan

Kucing, anjing, atau kelinci bisa menjadi sahabat si kecil untuk mengisi waktunya di rumah. Buah hati juga bisa belajar merawat hewan dan memiliki tanggung jawab.

3. Membuat layang-layang

3. membuat layang layang

Tidak sulit, kok, membuat layang-layang. Mama hanya cukup menyediakan buluh, kertas, benang, dan lem.

Mengajarkan membuat layang-layang juga membantu si kecil untuk lebih kreatif. Setelah itu, lengkapi aktivitas Mama bersama si kecil dengan menerbangkan layang-layang.

4. Bermain puzzle

4. bermain puzzle

Puzzle merupakan salah satu permainan paling menarik yang membantu meningkatkan kemampuan gerak dan otak si kecil. Mama bisa memilih puzzle dengan bentuk yang menarik dan memainkannya bersama buah hati.

5. Olahraga

5. olahraga

Olahraga tak hanya menyehatkan, melainkan juga menyenangkan untuk dilakukan. Mama bisa mengajak si kecil ke taman untuk bermain sepak bola, basket, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Main lempar bola dengan buah hati juga menjadi aktivitas yang tak kalah menyenangkan.

6. Membuat makanan bersama

6. membuat makanan bersama

Masak bersama juga menjadi ide yang tak kalah menarik untuk dilakukan. Mama bisa memilih menu kesukaan si kecil dan menyiapkan berbagai bahannya. Ajak si kecil secara langsung melakukan tahap-tahap memasak makanan yang ia suka.

7. Menanam bunga

7. menanam bunga

Menyentuh tanah, menanam benih, dan menyiraminya dengan air merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk buah hati.

Jika tak punya ruang atau kebun, sediakan saja beberapa kotak untuk menanam berbagai jenis bunga atau tanaman lain. Cara ini juga membantu buah hati untuk mengenal berbagai jenis tanaman dan cara merawatnya.

8. Memancing bersama

8. memancing bersama

Daripada bermain game di gadget, ajak saja si kecil untuk memancing ikan bersama. Selain seru, aktivitas ini juga dapat menyegarkan suasana hati dan pikiran si kecil setelah lelah belajar dan beraktivitas. Buah hatipun bisa aktif bergerak sambil belajar hal-hal baru dari pengalaman yang dilaluinya secara langsung.

9. Berenang

9. berenang

Sama halnya dengan olaharaga lain, berenang juga tak kalah menyenangkan dan menyehatkan. Mama bisa mengajak anggota keluarga lain berenang bersama agar aktivitasnya semakin seru. Lengkapi aktivitas si kecil dengan baju renang yang terasa nyaman dipakai.

10. Menggambar dan mewarnai

10. menggambar dan mewarnai

Pensil warna, crayon, dan spidol merupakan sahabat si kecil yang tak hanya memberikan hiburan, melainkan juga meningkatkan kreativitas sang buah hati.

Bantu buah hati mengembangkan kreasinya dengan menyediakan peralatan menggambar dan mewarnai. Ikutlah ke dalam aktivitasnya secara langsung untuk memberikan kenyamanan dan rasa senang pada si kecil.

11. Bermain sepeda

11. bermain sepeda

Menjelajahi area sekitar rumah dengan sepeda menjadi inspirasi yang bisa membantu mengusir kebosanan buah hati. Siapkan sepeda khusus untuknya dan ajaklah buah hati mengelilingi daerah di sekitar rumah.

Nah, tidak perlu liburan ke tempat yang jauh kan untuk merayakan Hari Keluarga Internasional bersama keluarga Mama? Apakah Mama punya cara lain untuk merayakan hari menyenangkan tersebut? Yuk berbagi kisah di kolom komentar!

Foto : shutterstock

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait