Di atas 5 tahun

17 Februari 2019

Yuk Bantu Si Kecil Mempersiapkan Diri Mengikuti Upacara dengan 5 Langkah Ini!

Pastikan Si Kecil makan sarapan bernutrisi agar tidak pingsan saat upacara ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Foto: Tribratanews.com

Di sekolah-sekolah di Indonesia, upacara menjadi salah satu kegiatan wajib setiap minggunya. Upacara biasanya digelar setiap Senin pagi sebelum para siswa masuk kelas.

Selain senin pagi, upacara juga umumnya diselenggarakan pada hari-hari besar nasional tertentu, seperti Hari Pendidikan, Hari Kebangkitan Nasional, Hari Lahirnya Pancasila, Hari Kemerdekaan, dan Hari Pahlawan.

Banyak yang harus dipersiapkan menjelang upacara, termasuk keperluan Si Kecil. Dengan kondisi upacara yang mengharuskan Si Kecil berdiri dalam waktu lama dengan paparan matahari yang terik.

Nah, agar Si Kecil lancar mengikuti upacara, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Menanamkan Pentingnya Upacara bagi Si Kecil

reading to kid asian cropped

Foto: Kidsonline.edu.vn

Sebelum Si Kecil mengikuti prosesi upacara, ada baiknya Moms meceritakan dulu pentingnya upacara. Untuk upacara di hari-hari besar nasional, Moms juga bisa menceritakan sejarahnya. Buat semenarik mungkin ya Moms.

Selain menceritakan sejarah di balik hari besar nasional, Moms juga bisa menceritakan sejarah bendera merah putih. Dengan kemasan yang baik, Si Kecil akan sangat tertarik mendengarkan cerita sejarah lho Moms.

Baca Juga: Menghadapi Berbagai Keluhan Anak Soal Sekolah

2. Jangan Lupa Sarapan!

88695971341 img 20171210 145027

Foto: Toxicfreefuture.org

Sebelum ikut melaksanakan upacara, pastikan Si Kecil memakan sarapannya. Ketika upacara, Si Kecil harus terus berdiri selama kurang lebih satu jam. Belum lagi matahari yang terik. Jika tidak sarapan, Si Kecil bisa jadi akan merasa pusing bahkan hingga pingsan.

Di pagi hari, Moms perlu menyiapkan sarapan bergizi yang kaya protein dan mineral. Tambahkan juga porsi karbohidrat. Jangan lupa berika susu dan buah juga ya Moms untuk Si Kecil.

3. Menyiapkan Atribut Si Kecil

img 20180305 wa0022 scaled

Foto: Wikiobralan.com

Berbeda dari hari sekolah biasanya, ketika upacara, Si Kecil perlu memakai atribut tertentu, seperti seragam putih-putih, topi, dan dasi. Di hari sebelumnya, Moms sudah harus menyiapkan ini semua. Jangan sampai Moms kebingungan sendiri di hari H.

Sehari sebelumnya, Moms pastikan baju seragam Si Kecil sudah disetrika dengan rapi lalu digantung, sepatu sudah dicuci dan kering dengan sempurna, sedangkan atribut lain sudah siap di atas meja belajar Si Kecil.

Baca Juga: 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Mencari Sekolah untuk Anak

4. Mengenalkan Tradisi Upacara

img 20181001 wa0035606452530

Foto: Tribratanews.com

Selain menaikkan bendera, upacara juga identik dengan menyanyikan lagu-lagu nasional. Moms juga harus membantu Si Kecil untuk menghafal lagu-lagu yang biasa dibawakan pada saat upacara.

Lagu-lagu yang biasa dibawakan saat upacara, antara lain Indonesia Raya, Menghenigkan Cipta, Syukur, Garuda Pancasila, Bagimu Negeri, dan Hari Merdeka. Ajak Si Kecil bernyanyi bersama. Lama kelamaan, dia akan hafal dengan sendirinya.

5. Berangkat Lebih Pagi

tirto antarafoto hari pertama sekolah 180716 yu 4 ratio 16x9

Foto: Tirto.id

Upacara biasanya diadakan lebih pagi dari jam masuk sekolah biasanya. Karena itu, Si Kecil harus berangkat lebih pagi dari rumah. Jangan sampai terlambat ya Moms. Jika terlambat saat upacara, bisa-bisa Si Kecil harus menunggu di luar gerbang sekolah.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk menyiapkan Si Kecil mengikuti upacara. Selamat mencoba!

(AND)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait