Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Anak | Jan 14, 2019

Yuk Kenali Banyak Manfaat Yoga Untuk Anak

Bagikan



Yoga merupakan olahraga yang banyak menjadi favorit. Yoga tak hanya untuk menyehatkan tubuh tetapi juga menenangkan pikiran.

Meski yoga adalah olahraga yang banyak dilakukan oleh orang dewasa, namun bukan berarti hal ini tak cocok untuk Si Kecil.

Banyak sekali manfaat yoga untuk anak-anak, mari simak ulasan berikut:

Baca Juga : Trik agar Anak Tidak Malas Olahraga

Manfaat Yoga untuk Anak

Meski masih kecil, bukan berarti anak-anak tak bisa merasa tertekan.

Begitu banyak hal yang dapat menjadi penyebab seperti bila Moms terlalu sibuk dan meninggalkan mereka sendirian, hingga pelajaran yang menumpuk.

Melihat banyaknya hal yang dapat menjadi penyebab rasa stres, anak-anak perlu melawan tersebut dengan melakukan teknik relaksasi diri.

Salah satu teknik relaksasi diri adalah dengan yoga, karena secara fisik meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, koordinasi, dan kesadaran tubuh.

Selain itu, konsentrasi, rasa ketenangan dan relaksasi mereka juga akan meningkat.

Dengan melakukan yoga, anak-anak berolahraga, bermain dan terhubung lebih dalam dengan bagian dalam diri serta mendekatkan diri dengan alam sekelilingnya.

Ketika anak-anak meniru gerakan dan suara alam, mereka memiliki kesempatan untuk membayangkan diri menjadi sosok lain.

Ketika anak melakukan pose singa misalnya, mereka tidak hanya mengalami kekuatan dan perilaku singa, tetapi juga rasa kekuasaan atas diri sendiri seperti kapan harus agresif, kapan harus mundur.

Gerakan fisik memperkenalkan anak-anak kepada makna sejati yoga yakni persatuan, ekspresi, dan menghargai diri sendiri.

Baca Juga : Asah Kemampuan Motorik Anak Dengan Cara Seru Ini!

Mengajarkan Yoga pada Anak-Anak

Jika Moms berencana untuk mengajarkan yoga kepada anak-anak, ada beberapa hal umum yang perlu diketahui yang akan meningkatkan pengalaman.

Tantangan terbesar dengan anak-anak adalah mempertahankan perhatian mereka cukup lama untuk mengajarkan manfaat yoga seperti ketenangan, keseimbangan, fleksibilitas, fokus, kedamaian, dan kesejahteraan.

Untungnya, kebanyakan anak suka berbicara dan bergerak, keduanya bisa dilakukan dalam yoga. Anak-anak akan melompat saat menirukan hewan, pohon, bunga hingga prajurit.

Bermainlah dengan suara, karena suara adalah cara pelepasan yang bagus untuk anak-anak dan menambah dimensi pendengaran untuk pengalaman fisik yoga.

Anak-anak perlu menemukan dunia sendiri. Memberi tahu mereka untuk berpikir lebih keras, melakukannya dengan lebih baik, atau menjadi cara tertentu karena itu baik bagi mereka bukanlah cara yang optimal.

Sebaliknya, berikan lingkungan yang penuh kasih, responsif, dan kreatif bagi mereka untuk menemukan kenyamanan.

Ketika mereka melakukan berbagai peran seperti hewan dan alam maka libatkan pikiran mereka untuk memperdalam peran tersebut.

Ketika anak menjadi ular, ajak untuk benar-benar membayangkan bahwa mereka hanya memiliki tulang belakang panjang tanpa lengan dan kaki.

Dalam Pose Pohon, minta anak-anak membayangkan menjadi pohon raksasa, dengan akar yang tumbuh di bagian bawah kaki mereka.

Ciptakan suasana yang sangat menyenangkan yang tak membuat mereka bosan.

Pikirkan diri Moms sebagai seorang fasilitator daripada seorang guru. Bimbing anak-anak sambil membuka hati dan pikiran bersama.

Akan lebih mudah untuk membuat mereka memahami sesuatu bila orang tua benar-benar terlibat di dalamnya.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.