Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
27 Juli 2017

Yuk, Seru-Seruan Merayakan World Tiger Day Bersama Si Kecil

Anak perlu mengenal hewan-hewan yang sudah mulai langka seperti harimau
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Dalam satu tahun, ada banyak perayaan di dunia yang bisa Mama kenalkan pada si kecil. Salah satunya adalah World Tiger Day atau Hari Harimau Sedunia yang diperingati setiap 29 Juli. Apa sih itu?

Melansir dari Daysoftheyear, Hari Harimau Sedunia adalah sebuah perayaan untuk meningkatkan kepedulian terhadap harimau yang kini sudah terancam punah. Perayaan ini digagas pertama kali di Saint Petersburg Tigger Summit sejak 7 tahun lalu, tepatnya 29 Juli 2010.

Peringatan ini sangat penting karena sekitar 97 persen harimau sudah punah. Bahkan saat ini, jumlah harimau yang tersisa hanya 3.000 ekor di seluruh dunia. Penyebabnyapun beragam. Mulai dari perubahan iklim, hilangnya tempat tinggal akibat penebangan hutan, sampai perburuan liar.

Nah, lewat peringatan ini, Mama bisa mengenalkan harimau pada si kecil. Meski harimau termasuk binatang yang galak dan identik dengan keganasannya, jangan jadikan halangan untuk mengajak anak mengenal hewan. Anak juga harus belajar sedikit demi sedikit tentang binatang, terutama yang jumlahnya semakin sedikit.

Baca juga: Memilih Jenis Hewan Peliharaan Sesuai Umur Anak

Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mengenalkan binatang dengan loreng yang indah ini pada anak. Melansir dari Nutspace, salah satu caranya adalah dengan menceritakan lewat buku yang bergambar. Mama bisa memulainya dengan bercerita bahwa Indonesia punya jenis harimau yang sangat langka, yakni harimau Sumatera.

Cara lainnya adalah bermain dengan boneka tokoh hewan. Jangan hanya harimau, Mama juga bisa melibatkan binatang lain seperti kucing, singa, atau burung. Mama cukup menceritakan alur awalnya saja untuk ‘pancingan’, kemudian biarkan anak bermain dengan imajinasinya.

Bila si kecil sudah mulai tertarik, Mama bisa mulai mengajaknya ke kebun binatang, melihat seperti apa rupa dan wujud harimau yang asli. Hal yang harus diingat, biarkan si kecil bertanya dengan segala rasa ingin tahunya. Biarkan ia menjelajahi, tapi tetap dalam pengawasan. Dunia anak adalah dunia dengan penuh rasa penasaran yang kalau dibatasi justru akan membuat si kecil tidak nyaman dan takut untuk bersuara di kemudian hari.

Jadi, apa Mama masih takut dan ragu untuk mengenalkan harimau pada anak? Yuk, biasakan mulai sekarang!

(ICA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait