Program Hamil

1 Desember 2017

10 Cara Mengatasi Heartburn Saat Hamil

Inilah tips mengatasi ‘heartburn’ saat hamil muda!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Heartburn atau lebih dikenal dengan istilah awam sakit ag yaitu sensasi terbakar di dada yang disebabkan oleh asam lambung yang naik ke esofagus (saluran kanan yang menghubungkan tekak dengan lambung). Heartburn biasanya dirasakan di bagian atas dan tengah dada, tepat di belakang sternum (tulang payudara).

Dr. Jonathan Wright, MD, menyatakan bahwa “Kami melakukan tes asam lambung persis sesuai dengan spesifikasi. Yang kita temukan 99% adalah ketika orang memiliki gejala tersebut [acid reflux, heartburn, GERD] tidak ada cukup asam di perut.”

Baca juga: Heartburn, Tanda Kehamilan Paling Umum Terjadi

Berikut adalah beberapa tips mengatasi heartburn saat hamil muda:

1. Kendurkan pakaian

shutterstock 535834711

Heartburn saat hamil biasanya terjadi salah satunya karena pakaian ketat terlalu menekan perut. Jika itu terjadi, yang harus dilakukan adalah melonggarkan ikat pinggang atau pakaian.

2. Berdiri tegak

Postur tubuh juga berperan pada heartburn saat hamil, jadi jika Moms sedang duduk atau berbaring, cobalah bangkit. Jika sudah berdiri, cobalah berdiri lebih tegak. Teruta hindari berbaring setelah kan.

3. Naikkan pinggang

Jika Moms sedang berbaring dan tidak bisa bangun, cobalah naikkan bagian atas tubuh. Menurut yo Clinic, meninggikan kepala dengan bantal saja tidak cukup. Tujuannya adalah menaikkan daerah pinggang ke atas.

4. Mengendalikan stres

ibu olahraga

Stres adalah pemicu hormon yang kuat yang dapat mempengaruhi hampir semua sistem tubuh, mulai dari imunitas hingga pencernaan. Sebuah penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Digestive Diseases and Sciences menemukan bahwa gejala gangguan esofagitis refluks secara signifikan terkait dengan tingkat stres psikososial, dan tingkat keparahan esofagitis refluks berkorelasi dengan tingkat stres.

5. Porsi kan lebih kecil

kan berlebihan memberi tekanan pada perut. Bila tubuh merasakan bahwa Moms sudah kan dalam jumlah besar sekaligus, produksi asam lambung akan naik untuk memudahkan pencernaan.

Baca Juga : Heartburn, Tanda Kehamilan Paling Umum Terjadi

6. Kunyah permen karet

Permen karet juga bisa membantu menetralkan asam. Dr. Atif Iqbal, direktur medis dari Memorial Care Digestive Care Center di Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, California, merekomendasikan hal ini. Permen karet meningkatkan air liur. Asam apa pun yang ada di dalam usus diencerkan dan dicuci bersih atau dibersihkan lebih cepat.

7. Kontrol kanan

shutterstock 367400582

Hindari kanan yang menaikkan asam lambung sehingga memicu heartburn saat hamil, tersuk: kanan gorengan, kanan kesan/kalengan, kanan mengandung asam dan pedas, produk berkafein dan sebagainya.

8. Campur baking soda dengan air

Baking soda akan menenangkan heartburn saat hamil dengan menetralkan asam lambung. Larutkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dan minum perlahan. Jika Moms ragu dengan cara ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

9. Ramuan cuka apel

Cuka apel adalah zat asam dengan pH sekitar 5 yang membantu mengatasi heartburn saat hamil dengan menurunkan pH (membuatnya lebih asam) untuk memperbaiki sistam pencernaan dan mengurangi tekanan yang kita rasakan. Tambahkan 2 sdm cuka sari apel ke 1/4 cangkir air dan minumlah. Ulangi setiap 5 menit sampai heartburn reda.

10. Gunakan jus lemon

jus lemon

Jus lemon memiliki pH sekitar 2, menjadikannya sebagai zat asam yang lebih kuat daripada cuka. Tidak hanya bisa membantu mengatasi heartburn saat hamil, tetapi jus lemon juga mengandung lebih banyak nutrisi. Peraslah sebutir lemon. Jika Moms bisa meminumnya langsung, lakukanlah. Jika tidak, tambahkan 1/4 cangkir air dan minumlah.

(ROS)

Foto : Shutterstock

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait