Balita dan Anak

11 Maret 2020

3 Cara Bantu Anak Yang Mengalami Serangan Panik

Bantu Si Kecil memahaminya ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap orang tua sepatutnya mengetahui cara bantu anak yang mengalami serangan panik ya, Moms. Bukan hanya untuk anak yang memang mudah cemas, tapi juga karena kebanyakan anak masih sering kesulitan memahami apa yang sedang dirasakannya.

Menurut definisi Anxiety and Depression Association of America, serangan panik adalah kondisi psikologis dimana ketakutan dan ketidaknyaman hebat muncul secara mendadak. Serangan panik umumnya dialami oleh mereka yang mengalami gangguan kecemasan.

Saat serangan panik datang, anak biasanya akan menunjukkan gejala seperti keringat dingin, jantung berdebar kencang, gemetar, napas pendek, pusing, dan mual.

Baca Juga: Perbedaan Serangan Panik dan Serangan Cemas

Jadi kalau Moms melihat Si Kecil menunjukkan gejala di atas, coba lakukan beberapa cara berikut:

Bantu Anak Pahami yang Sedang Dirasakannya

cara bantu anak yang mengalami serangan panik

Foto: mz.co.nz

Menurut Dr. Camilla Rosan dari Mental Health Foundation, serangan panik sebenarnya membuat anak merasa takut, karena tidak bisa memahami ataupun mengendalikan apa yang dialami oleh tubuh dan perasaannya.

Jadi sebaiknya orang tua tidak mengatakan kalimat “Masa begitu saja takut?” atau “Kamu kan laki-laki, harus berani dong” saat anak sedang mengalami serangan panik.

Cara bantu anak yang mengalami serangan panik adalah membantu Si Kecil memahami apa yang sedang dirasakannya dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti.

Dengan suara tenang dan lembut, Moms bisa katakan “Moms tahu kamu sedang merasa takut/gelisah/gemetar, tapi semuanya akan berlalu dan kamu akan baik-baik saja.”

Moms juga bisa menjelaskan kalau gejala fisik yang dirasakannya disebabkan oleh rasa takut dan bukan penyakit.

Baca Juga: Jangan Panik, Langsung Lakukan Hal Ini Saat Balita Menelan Benda Asing

Buat Anak Merasa Aman

cara bantu anak yang mengalami serangan panik

Foto: bestlifeonline.com

Cara bantu anak yang mengalami serangan panik selanjutnya adalah membuatnya merasa aman, misalnya dengan memberikan pelukan sambil mengatakan “Moms temani sampai semuanya berlalu dan kamu merasa lebih tenang, ya.”

Serangan panik juga bisa dipicu oleh stimulasi bertubi dari lingkungan sekitar anak, jadi Moms bisa memintanya untuk menutup mata atau membawanya ke tempat yang lebih tenang supaya gejalanya cepat mereda.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini 9 Cara Untuk Mengatasi Kebakaran Di Dapur!

Bantu Anak Menenangkan Diri

cara bantu anak yang mengalami serangan panik

Foto: understood.com

Moms juga bisa ajarkan Si Kecil beberapa teknik untuk menenangkan diri, seperti bernapas dengan dalam dan perlahan, melemaskan tangan dan tubuh, atau membayangkan aktivitas atau tempat yang membuatnya merasa senang.

Terus yakinkan kalau yang dirasakannya akan segera berlalu dan dia pasti akan baik-baik saja. Dan berikan Si Kecil waktu untuk menenangkan dirinya.

Saat melakukan cara bantu anak yang mengalami serangan panik di atas, Moms perlu tetap tenang supaya Si Kecil merasa lebih aman dan nyama.

Apa Moms pernah punya pengalaman dalam menghadapi anak yang mengalami serangan panik?

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait