2-3 tahun

2-3 TAHUN
28 November 2017

4 Cara Mudah Agar Si Kecil Lancar Bicara

Kuncinya adalah menumbuhkan rasa ingin tahu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Sedang bersusah payah membuat balita lancar bicara?

Ya, banyak orang tua yang merasa was-was ketika anaknya belum lancar berbicara meski usianya sudah lebih dari 2 tahun. Bahkan, ada juga yang jadi ketakutan dan menyangka kalau anaknya menderita kelainan mental seperti autisme.

Padahal, setiap balita memiliki tahapan perkembangan yang berbeda tergantung dengan lingkungan dan stimulasi di sekitarnya. Jangan terlalu takut apalagi paranoid apabila Si Kecil belum bisa berbicara, Moms bisa mencoba 4 tips berikut ini agar ia jadi senang bicara:

1. Jelaskan Semua Hal

ingin si kecil lancar bicara lihat dulu 4 tips berikut ini 1

Mungkin ada sebagian orang tua yang kesal ketika anaknya selalu bertanya tanpa henti. Padahal, itu merupakan pertanda tumbuh kembang baik serta latihan bicara yang efektif, dimana otak balita terus bekerja mencari jawaban serta ingin mencari tahu setiap hal baru.

Saat balita kecil bertanya, jangan hanya dijawab sekenanya saja, tapi selalu berikan jawaban yang detail dan mendalam. Dengan begini, balita belajar menerima informasi dengan akurat dan terpancing untuk tahu lebih banyak.

Dengan sering menjelaskan semua hal, balita akan meniru dan mengulang penjelasan Mama tersebut jika ada yang bertanya. Semakin banyak balita meniru, semakin lancar pula ia berbicara kan, Moms?

2. Berikan Pertanyaan

ingin si kecil lancar bicara lihat dulu 4 tips berikut ini 2

foto: parentpumpradio.com

Komunikasi yang baik tentu harus berjalan dua arah, dimana ada yang bertanya serta ada juga yang menjawab. Jadi kalau Si Kecil bertanya pada Moms, berikan juga pertanyaan untuknya sebagai pancingan agar dia mau berbicara dan menjelaskan sesuatu yang sudah diketahuinya.

Tak perlu memberikan pertanyaan yang sulit, cukup hal sederhana seperti warna atau tulisan yang dilihatnya. Jika ingin sekaligus melatih imajinasinya, Moms bisa bermain tebak-tebakan untuk membuatnya berbicara sekaligus membayangkan sesuatu dalam otaknya.

3. Berikan Cerita Yang Menarik

ingin si kecil lancar bicara lihat dulu 4 tips berikut ini 3

foto: newkidscenter.com

Pernahkah Mama dibuat kagum dengan cerita petualangan? Ya, rutin memberikan bahan cerita yang menarik ternyata dapat melatih balita berbicara lho, Moms. Apalagi bila disampaikan dengan ekspresif.

Saat Moms bercerita dengan penuh ekspresi, secara tidak sadar Si Kecil akan meniru segalanya. Mulai dari intonasi, ekspresi, nada suara, hingga mimik muka Moms bisa menarik perhatiannya serta akan dijadikan acuan saat ia akan bercerita.

Nah, setelah buah hati menemukan karakter khasnya, ia akan semakin percaya diri untuk berbicara dan bercerita.

4. Selalu Bicara Dengan Positif dan Optimis

ingin si kecil lancar bicara lihat dulu 4 tips berikut ini 4

foto: huffingtonpost.com

Ini dia yang sering dilupakan oleh para orang tua: berbicara dengan positif dan optimis pada anak balitanya. Banyak balita jadi malas berbicara karena selalu dibalas dengan emosi negatif dan pesimistis. Mereka akan tidak didengar dan merasa percuma jika berbicara terlalu banyak.

Karena itulah, ayo mulai tanggapi bicara si kecil dengan positif dan sifat optimistis yang tinggi. Dengarkan setiap cerita dan pertanyaan yang ia lontarkan dengan penuh antusias, agar balita tetap semangat dan percaya diri untuk berbicara lebih banyak.

Tak semua balita yang terlambat bicara itu memiliki kelainan mental, ada juga yang lambat bicara karena kurang dilatih dan didorong. Jadi, kapan Mama mau mulai melatih balita bicara?

(WA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait