Kesehatan

3 Februari 2016

4 Makanan Peningkat Memori Otak

Penyakit lupa sering menyerang Anda? Sebaiknya Anda stop menyalahkan usia dan mulailah menyantap berbagai jenis makanan untuk mempertajam otak. Kami punya 4 jenis makanan yang akan membuat Anda lebih sharp.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ninda)
Disunting oleh (ninda)
4 makanan peningkat memori otak (2)

Saat kerja otak lebih meningkat, Anda akan memiliki kualitas hidup lebih baik, misalnya bisa lebih fokus, konsentrasi, dan tidak pelupa. Tidur cukup, rutin berolahraga dan bermain games bisa jadi cara untuk membuat otak cerdas Anda tetap sehat, serta memori tetap tajam. Begitu juga dengan apa yang ada di piring Anda, lho. Yuk, simak beberapa makanan yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan memori otak agar pekerjaan jadi lebih baik.

kunyit

Kunyit

Rempah yang populer di makanan India, Tiongkok atau Asia Tenggara dengan rasa pedas dan sedikit pahit ini mengandung kurkumin, yakni senyawa antioksidan yang berguna untuk memerangi peradangan dalam tubuh. Penelitian terbaru juga menyebutkan jika kunyit dapat melindungi memori otak, terutama ketika kelupaan ini terkait dengan level gula darah yang tinggi.

Para peneliti di Taiwan mengetes memori kerja (aspek penting dari memori jangka pendek yang menjadi barometer untuk kemampuan berpikir dan penalaran pada orang tua yang berpotensi diabetes. Para peneliti memberi mereka 1 gram kapsul kunyit, beberapa diberi kapsul kayu manis, dan kayu manis yang dicampur kunyit. Enam jam kemudian, para peneliti mengulang kembali tesnya. Orang-orang yang meminum kapsul kunyit terbukti memiliki memori kerja lebih baik dibanding yang meminum kapsul lainnya.

Peningkatan memori kerja sekitar 10% ini membuktikan bahwa kunyit memang benar-benar bermanfaat. Anda hanya membutuhkan 1 gram atau 1/4 sdt kunyit per hari untuk meningkatkan kerja otak. Anda bisa mencampurnya dengan nasi, telur orak-arik, atau sop. Kunyit juga lebih aman dikonsumsi dibanding ekstrak kurkumin. It tasty too.

bayam

Bayam, Kale, atau Sawi Hijau

Sayuran hijau gelap ini dianggap sebagai "super food" karena suatu alasan: mereka kaya akan nutrisi, yang artinya mereka memberikan Anda asupan nutrisi lebih banyak per suap dibanding makanan lainnya.

Martha Clare Morris, ScD, ahli epidemi yang mengembangkan diet MIND untuk para penderita Alzheimer mengungkapkan bahwa komponen dari sayuran hijau bisa menghambat penurunan kemampuan kognitif dan memori yang terjadi akibat penuaan. Ketika timnya meneliti kemampuan kognitif 954 orang selama lima tahun, mereka menemukan mereka yang makan sayur setiap hari punya kemampuan otak lebih tajam dibanding anak-anak muda yang tidak makan sayur.

Nutrisi dari sayur hijau ini mencegah Anda dari gejala pelupa dan perubahan fungsi otak lainnya karena mengandung vitamin K, lutein, folat, dan beta-carotene. Dr. Morris member saran untuk mengonsumsi sayur setiap hari dengan porsi setengah piring sayur segar dan setengah piring sayur yang dimasak.

kakao

Kakao

Kakao kaya senyawa antioksidan yang disebut flavonoid, yang muncul untuk membantu memperlambat hilangnya memori yang berkaitan dengan usia. Columbia University meneliti memori otak dan efek kandungan flavonoid dari kakao dengan mengajak orang tua berusia 50-69 tahun untuk berpartisipasi. Mereka dibagi menjadi dua grup, satu grup mengonsumsi 900 mg kakao melalui minuman khusus tiap hari dan satu grup lagi hanya megonsumsi 10 mg tiap hari. Hasilnya, grup yang meminum 900 mg kakao memiliki skor lebih baik untuk tes memori dan fungsi ingatan. Mulai sekarang, dibanding memesan extra shot kopi latte, coba untuk memesan kakao panas saat coffee break Anda.

blueberry

Blueberry

Untuk meningkatkan kinerja otak, coba konsumsi blueberry. Penelitian hewan sudah menunjukkan bahwa blueberry bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan otak berkat kandungan antosianin, flavonoid yang juga berkontribusi pada warna biru buah blueberry. Nah, saat ini penelitian yang disponsori National Institute of Mental Health juga sudah membuktikan bahwa efek yang diterima pada hewan tadi juga efektif diterima otak manusia.

Para relawan meminum 15-21 ons jus blueberry liar setiap hari selama 12 minggu (jumlah jus per orang dibedakan berdasarkan berat badan). Pada akhir percobaan, partisipan memiliki peningkatan pada daya memori kata-kata dan kemampuan belajar secara signifikan.

Menurut profesor psikiatri, Robert Krikorian, PhD dari University of Cincinnati College of Medicine, untuk memaksimalkan fungsi kerja otak dengan blueberry jus ini, Anda bisa meminum setengah sampai satu gelas 2-3 kali seminggu. Jika sudah membeli buah blueberry, jangan letakkan di kulkas terlalu lama karena kandungan antosianinnya bisa hilang. Segera konsumsi begitu membelinya, ya.

Sumber foto: beccaribbing, socalpain

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait