2-3 tahun

2-3 TAHUN
20 April 2019

4 Manfaat Melatih Kecerdasan Visual Spasial Balita Sejak Dini

Latih kecerdasan visual spasial Si kecil untuk dukung prestasinya di masa depan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Walau kelak akan banyak digunakan balita dalam kegiatan belajar dan aktivitas keseharian, perkembangan kecerdasan visual spasial rupanya masih sering luput dari perhatian orang tua lho, Moms.

Menurut David F. Lohman, profesor psikologi pendidikan dari University of Iowa, secara sederhana kecerdasan visual spasial adalah kemampuan untuk membayangkan objek dari berbagai sudut pandang serta relasinya dengan objek lain.

Dengan kecerdasan visual spasial yang baik, Si kecil bisa lebih mudah memahami bentuk objek, arah menuju suatu tempat, membaca peta, maupun berhitung tanpa bantuan.

Menarik ya, Moms? Yuk, baca lebih lanjut untuk tahu lebih banyak tentang pentingnya melatih kecerdasan visual spasial balita sejak dini.

1. Kecerdasan Visual Spasial Bersifat Kumulatif dan Bisa Bertahan Lama

pentingnya melatih kecerdasan visual spasial balita sejak dini 1

Foto: Ilslearningcorner.com

Dalam studi yang dilansir oleh jurnal Applied Cognitive Psychology, semakin dini kecerdasan visual spasial balita dilatih maka akan semakin besar dan bertahan lama kemampuannya.

Para ahli syaraf juga menemukan kalau area otak yang berperan dalam kemampuan berpikir tentang lokasi dan hubungan spasial sudah mulai berkembang di usia 4 bulan, dimana bayi sudah menunjukkan kemampuan yang berhubungan dengan rotasi mental.

Jadi tidak pernah terlalu dini untuk mulai melatih kecerdasan visual spasial balita ya, Moms.

Baca Juga: 5 Faktor yang Bisa Mempengaruhi Kecerdasan Balita

2. Dapat Meningkatkan Kemampuan Matematika

pentingnya melatih kecerdasan visual spasial balita sejak dini 2

Foto: kiddipedia.com.au

Setiap orang tua harus tahu tentang pentingnya melatih kecerdasan visual spasial sejak dini untuk meningkatkan kemampuan matematika Si kecil saat sekolah nanti.

Menurut studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di University of Virginia, semakin baik kecerdasan visual spasial balita maka akan semakin kuat pula kemampuan matematikanya saat masuk sekolah dasar nanti.

Baca Juga: 7 Stimulasi Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Akademis Anak

3. Berpeluang Lebih Besar Menjalankan Karier Dalam Bidang STEM, Seni, dan Bisnis

pentingnya melatih kecerdasan visual spasial balita sejak dini 3

Foto: dreme.stanford.edu

Selain dapat memberikan kesempatan lebih besar untuk berkarier di bidang STEM, balita yang memiliki bakat dalam bidang seni dan bisnis juga akan sangat merasakan manfaat dari latihan visual spasial.

Selain akan membantu mengembangkan kemampuan kognitif, berpikir, serta daya ingat, latihan visual spasial juga akan membantu mengasah kemampuan balita dalam visualiasi, mengingat gambar secara mendetail, serta kesadaran ruang.

Jadi kalau Moms ingin Si kecil sukses berkarier di bidang STEM atau menjadi seniman hebat seperti Michaelangelo dan Leonardo Da Vinci, mulailah melatih kecerdasan visual spasialnya sejak dini, ya.

Baca Juga: Tak Hanya Cerdas Akademik, Moms Perlu Kenali 8 Kecerdasan Anak Lainnya

4. Kemampuan Membaca yang Lebih Baik

pentingnya melatih kecerdasan visual spasial balita sejak dini 4

Foto: oxfordlearning.com

Melatih kecerdasan visual spasial sejak usia dini juga membuat balita lebih mudah belajar membaca serta dapat membantu anak yang memiliki gangguan disleksia lho, Moms.

Pakar neuropsikologi, psikologi klinis, dan psikologi perkembangan, Sandro Franceschini dari University of Padova, juga mengatakan kecerdasan visual spasial anak di usia dini dapat memprediksi kemampuan membacanya kelak.

Menurut Moms, aktivitas apa yang bisa dilakukan untuk membantu melatih kecerdasan visual spasial balita?

(WA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait