3-5 tahun

20 Januari 2020

4 Tips Mengajak Balita ke Pantai, Simak di Sini!

Tips traveling dengan balita ke pantai agar liburan seru!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Mengajak balita jalan-jalan ke pantai ternyata menyimpan segudang manfaat!

Menurut ahli pendidikan usia dini Rachelle Doorley, pantai merupakan “laboratorium” yang menyediakan beragam pengalaman sensorik bagi anak balita.

Di pantai, Si Kecil dapat bermain dengan mengeksplorasi benda-benda dengan berbagai tekstur, seperti pasir kering, pasir basah, batu-batuan, kerang, air, pasir hangat, pasir dingin, angin, dan masih banyak lagi lainnya.

Yang perlu Moms dan Dads ketahui, mengajak anak balita ke pantai ternyata perlu persiapan khusus. Orang tua perlu mencari tahu dulu tips traveling dengan balita ke pantai, terutama bila ini adalah kali pertama Si Kecil menginjak pantai.

Agar momen bermain di pantai dapat berlangsung menyenangkan, baca dulu tips mengajak balita ke pantai berikut sesuai saran Lonely Planet yuk, Moms!

Tips Mengajak Balita ke Pantai

1. Wajib Dibawa

istock_000020075458small.jpg

Foto: magic949.com

Berikut ini adalah barang-barang yang wajib dibawa jika traveling dengan balita ke pantai.

  • Tabir surya
  • Baju renang
  • Topi
  • Kacamata hitam
  • Kotak P3K
  • Kantong plastik untuk menyimpan baju basah
  • Handuk
  • Alat mandi (sabun dan sampo)
  • Tempat berteduh (payung atau tenda pantai)
  • Sandal jepit
  • Mainan pantai (ember, sekop, cetakan pasir, dan lain-lain)

Baca Juga: 9 Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Pantai

2. Berangkat Pagi atau Sore

travel-snacks-for-kids-non-messy.jpg

Foto: theproducemoms.com

Salah satu tips traveling dengan balita ke pantai adalah menentukan waktu untuk pergi ke sana.

Waktu terbaik untuk mengajak anak traveling ke pantai adalah pagi hari atau sore setelah Si Kecil tidur siang. Sebaiknya hindari pergi ke pantai pada siang hari karena kemungkinan besar anak akan mengantuk dan rewel. Selain itu, sinar matahari pun sedang terik-teriknya.

3. Sedia Camilan dan Minuman

beach-snacks.jpg

Foto: cfs.com

Ini merupakan salah satu tips traveling dengan balita ke pantai yang tak boleh disepelekan. Meski di pantai banyak penjual makanan dan minuman, sebaiknya Moms dan Dads tetap mempersiapkan keduanya sendiri demi kemudahan – juga lebih terjamin kebersihannya.

Sediakan juga snack dan minuman favorit anak agar ia makin bersemangat. Bila di tengah-tengah aktivitas bermainnya Si Kecil ingin makan dan minum, Moms tinggal mengambilnya dari wadah tanpa harus pergi ke toko atau warung terdekat.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus DIperhatikan Saat Memilih Camilan Untuk Bayi

4. Awasi Si Kecil

beach-1836465_1280.jpg

Foto: pixabay.com

Pada musim liburan, area pantai biasanya ramai sekali. Ingatkan Si Kecil agar bermain tidak jauh dari tempat keluarganya berteduh. Bila ia ingin menyusuri pantai atau bermain air, ia harus ditemani oleh Moms atau Dads. Di tengah pantai yang ramai, orang tua tidak boleh lengah dan harus mengawasi pergerakan anak.

Meski Moms dan Dads sudah mempraktikkan tips traveling dengan balita ke pantai dengan sangat baik, sebaiknya persiapkan diri juga untuk menghadapi kenyataan yang tak seindah rencana.

Faktanya, traveling dengan anak balita memang tidak selalu mudah. Bila ternyata Si Kecil tidak menikmati momen bermain di pantai, orang tua tak perlu memarahi atau kecewa kepada anak. Bisa jadi Si Kecil memang tidak tertarik dengan suasana di pantai.

Baca Juga: 4 Cara Melindungi Kulit Bayi dari Matahari Saat Liburan di Pantai

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait