Kesehatan

KESEHATAN
22 Agustus 2017

5 Kebiasaan Buruk Pagi Hari Yang Sering Dilakukan

stop kebiasaan seperti ini ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Pagi hari adalah waktu paling penting dari keseluruhan hari. Dalam arti, pagi hari bisa menjadi kunci bagaimana hari berjalan. Penting agar waktu pagi hari dibuat se-ideal mungkin supaya tercipta suasana yang bisa mendukung aktivitas. Menghilangkan kebiasaan buruk adalah salah satu langkah mudah tapi sedikit tricky agar aktivitas harian bisa menjadi lebih menyenangkan.

Masalahnya, banyak orang yang selalu melakukan kebiasaan buruk tanpa mereka sadari. Terlihat sepele memang, tetapi bisa berdampak pada suasana hati selama seharian penuh. Selain berpengaruh pada psikologis, kebiasaan buruk pagi hari juga punya dampak pada kesehatan. Supaya bisa mencegah keadaan ini terjadi, berikut beberapa kebiasaan buruk di pagi hari yang harus dihilangkan.

1. Mematikan tombol alarm

1. alarm

Memencet tombol alarm menandakan bahwa tidur yang dijalani tidak cukup. Akan selalu ada perasaan untuk menunda bangun, imbasnya hari akan menjadi terasa lebih panjang. Supaya hal ini tak terjadi, tidur lebih awal sangat dianjurkan. Selain itu, tanamkan pemikiran harus bangun lebih pagi. Dengan begitu, hari-hari kerja yang monoton akan terasa lebih pendek.

2. Langsung memeriksa gadget

2. gadget

Ibaratnya, saat bangun tidur tubuh terasa seperti di-restart sehingga masih kosong. Kebiasaan langsung buka gadget ketika belum beranjak dari tempat tidur harus segera dihindari. Ini karena secara mental, tubuh belum siap menerima dan mencerna informasi ketika bangun tidur. Lakukan dulu aktivitas seperti mandi, sarapan, dan memakai baju baru memeriksa gadget.

Baca juga: 5 Cara Membangkitkan Semangat Di Pagi Hari

3. Cara mandi yang salah

2. shower

Mandi diibaratkan sebagai aktivitas membersihkan jiwa dan menghilangkan energi jahat dari hari kemarin. Prinsip ingin terlihat lebih bersih, sehingga aktivitas mandi dilakukan hingga berdurasi lama, adalah salah. Keadaan seperti ini justru bisa mengakibatkan mood jadi tak menentu. Idealnya, mandi paling lama yaitu 7 menit. Selain itu, suhu air yang dipakai juga harus ideal, yaitu 32 derajat celsius.

4. Mengkonsumsi makanan berat

4. breakfast

Satu kebiasaan yang tidak baik saat pagi hari yaitu sarapan makanan berat. Dalam arti, makanan yang disantap berbahan karbo tinggi. Sekali lagi, tubuh belum siap untuk memproses makanan super berat. Efeknya, energi tubuh akan dipusatkan untuk mencerna makanan berat sehingga yang terjadi adalah lesu dan hilang semangat karena terasa mengantuk.

5. Tidak membuat rencana

5. to do list

Sering ada yang mengeluh kalau bangun tidur terlalu pagi, kemudian justru tidak tahu apa yang harus dikerjakannya. Itulah pentingnya selalu membuat rencana pada malam hari sebelum tidur tentang apa yang ingin dikerjakaan di keesokan hari.

Mencari tahu penyebab timbulnya kebiasan buruk pada diri adalah kunci utama untuk berubah. Langkah selanjutnya, fokuslah pada kebiasaan buruk tersebut, lalu jalani solusinya. Menerapkan kebiasaan konstruktif merupakan keharusan, sehingga hari menjadi lebih produktif.

Sudahkan Mama mengganti kebiasaan buruk?

(RIA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait