Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Balita | Dec 12, 2018

5 Kegiatan Indoor untuk Melatih Motorik Balita

Bagikan



Sebagai orang tua, Moms tentu ingin balita bisa cepat melakukan berbagai hal, seperti mengenal warna, menggambar, dan menulis.

Namun, terkadang Moms tidak sempat melakukan stimulasi pada motorik balita sehingga dia butuh waktu yang lebih lama untuk bisa melakukan hal-hal tersebut.

Banyak lho Moms cara yang bisa dilakukan untuk menstimulasi motorik. Caranya pun bisa dilakukan dengan sangat menyenangkan sehingga Si Kecil tidak bosan.

Dikutip dari Momjunction.com, ada lima kegiatan indoor menyenangkan untuk balita yang bisa menstimulasi motoriknya. Apa saja? Berikut daftarnya!

Membuat Kalung Pasta

Untuk membuat kalung pasta, Moms membutuhkan benang katun atau wool dan pasta berjenis penne yang belum dimasak.

Jika memungkinkan, pilih pasta yang berwarna-warni untuk membuat balita semakin tertarik.

Caranya mudah sekali Moms. Moms tinggal memotong benang sepanjang kalung yang diinginkan.

Setelah itu, ajari Si Kecil untuk memasukkan benang ke lubang yang ada pada pasta. Lakukan sampai benang habis. Jangan lupa ikat ujungnya ya Moms.

Dengan melakukan kegiatan ini, motorik halus Si Kecil akan terasah. Dia juga akan belajar koordinasi mata dan ketangkasan jari.

Baca Juga : Normalkah Sikap Balita Yang Selalu Ingin Tahu?

Melingkari Objek

Punya banyak majalah bekas? Moms bisa memanfaatkannya untuk bermain dengan balita.

Pilihlah majalan dengan banyak gambar benda atau binatang. Sediakan juga pulpen berwarna untuk Si Kecil melingkari gambar-gambar tersebut.

Caranya mudah sekali Moms. Berikan balita majalah dan pulpen berwarna. Moms tinggal meminta Si Kecil untuk menemukan benda yang Moms sebut lalu melingkarinya, misalnya kereta api, jam tangan, lampu, harimau, atau yang lainnya.

Dari kegiatan ini, balita akan bisa memahami nama dari objek-objek tersebut. Kosakata Si Kecil juga bisa bertambah lho Moms.

Membuat Boneka Salju dari Kapas

Jika balita hanya bisa melihat salju dan boneka salju dalam film atau buku cerita bergambar, kali ini Moms bisa mengajaknya untuk membuat boneka salju sendiri. Tenang,tidak perlu salju kok untuk membuat boneka salju itu.

Yang perlu Moms siapkan adalah kapas, kertas, pensil, lem, dan kertas berwarna. Caranya mudah sekali, Moms tinggal menggambar bentuk boneka salju di atas kertas. Sediakan juga potongan mata, hidung, dan tangan dari kertas berwarna.

Setelah itu, Moms bisa minta balita untuk menempelkan kapas yang sudah dicabik-cabik terlebih dahulu pada gambar tersebut. Tambahkan banyak kapas untuk membuat si boneka salju semakin gendut.

Setelah boneka saljunya terbentuk, Moms minta balita untuk menempelkan mata, hidung, dan tangan si boneka salju. Kegiatan ini akan mengasah motorik kasar Si Kecil.

Baca Juga : 7 Sopan Santun yang Perlu Dikuasai Anak

Menggambar dengan Sedotan

Menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan. Tapi menggambar dengan sedotan berwarna-warni bisa jadi lebih menantang dan menyenangkan lho Moms. Tidak ada salahnya dicoba.

Yang Moms butuhkan adalah sedotan warna-warni dan selotip. Mintalah balita membentuk gambar sederhana dengan sedotan itu. Moms bisa mulai dari menggambar segitiga, segi empat, dan bentuk lainnya.

Kegiatan ini akan mengasah motorik halus. Si Kecil juga bisa belajar tentang bentuk-bentuk bangun.

Melukis di Kaca

Balita sangat suka melukis, bahkan tembok pun bisa jadi media lukis mereka. Karena membersihkan tembok yang terkena coretan bukan perkara mudah, Moms bisa menggantinya dengan kaca jendela.

Yang Moms butuhkan adalah plastik transparan, cat akrilik, dan kuas lukis. Caranya mudah sekali. Moms tinggal memilih jendela yang berukuran paling besar di rumah. Tempel plastik transparan di jendela tersebut dengan selotip.

Berikan balita cat akrilik dan kuas lukis. Biarkan mereka berkreasi dengan benda-benda itu. Minta Si Kecil untuk menggambar di plastik transparan tersebut.

Jika memang catnya meleber sampai ke kaca, tentu tidak masalah kan Moms. Kaca lebih mudah dibersihkan ketimbang tembok.Kegiatan ini akan mengasah kreativitas dan motorik kasar Si Kecil.

Itulah lima kegiatan indoor untuk melatih motorik Si Kecil yang bisa Moms pilih. Selamat mencoba!

(AND)

Foto-foto: Momjunction.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.