Rupa-rupa

RUPA-RUPA
31 Mei 2019

5 Kuliner di Jalur Pantura yang Wajib Dicoba Saat Mudik

Pernah mencoba sate blengong Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Dina Vionetta

Jika kemarin kita sudah membahas tempat wisata yang bisa Moms dan Si Kecil datangi saat mudik melewati jalur pantura, kali ini tidak ketinggalan kita akan membahas, kuliner apa aja sih yang bisa Moms icip saat mudik melewati jalur pantura? Simak ya Moms!

1. Cirebon – Empal Gentong

kuliner pantura

Foto: travelingyuk.com

Kota Cirebon menjadi salah satu kota yang cukup menarik untuk disinggahi saat pergi mudik ke kampung halaman. Selain mempunyai banyak tempat wisata, Cirebon juga cukup banyak variasi makanan khas yang bisa dicoba, mulai dari nasi jamblang sampai empal gentong.

Nah, biasanya empal gentong adalah kuliner di jalur pantura bagian Cirebon yang paling diincar, selain karena bumbunya yang kuat, kuah empal gentong yang segar juga sangat nikmat saat disantap di siang hari atau untuk berbuka puasa.

Ada sejumlah rumah makan empal gentong yang “punya nama” di Kota Cirebon, mulai dari Empal Gentong H. Apud, Empal Gentong Krucuk, Empal Gentong Amarta, Empal Gentong Mang Darma, dll. Rata-rata harga satu porsi empal gentong berkisar Rp25.000 – Rp35.000. Isinya bisa Moms pilih, mau daging kerbau, daging sapi, atau campur dengan jeroan.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

2. Brebes – Sate Blengong

kuliner pantura

Foto: travelingyuk.com

Ketika mendengar kata ‘Brebes’ biasanya yang langsung teringat adalah telur asin. Tapi tahu nggak Moms, kalau Brebes bukan hanya khas dengan telur asinnya saja lho. Brebes punya makanan khas lain yaitu Sate Blengong.

Sate Blengong adalah sate yang dibuat dari daging bebek yang dikawinkan dengan mentok (entok). Tekstur dagingnya sangat lembut, lunak, walaupun tetap mempunyai ciri khas serat seperti daging bebek pada umumnya. Menyantapnya dengan bumbu kacang yang gurih sungguh nikmat yang tak tergantikan.

Moms bisa mampir ke Pondok Kupat Sate Blengong Bapak Kasturi Rajak sebagai pelopor dan legenda pembuat sate blengong di Brebes.

3. Tegal – Kupat Glabed

kuliner pantura

Foto: idntimes.com

Kota selanjutnya yang akan dilewati adalah Tegal, di mana kota ini terkenal akan Teh Poci yang melegenda. Sebenarnya ada satu kuliner di jalur pantura nan khas yang sayang Moms lewatkan ketika melewati Kota Tegal, yaitu Kupat Glabed.

Kupat Glabed adalah makanan tradisional yang berisi potongan ketupat dengan suwiran daging ayam dan disiram kuah kuning kental mirip opor. Tapi bedanya dengan opor adalah, kuah kupat glabed ini jauh lebih kental dan disajikan dengan taburan kerupuk kuning di atasnya. Duh nikmat ya Moms sepertinya.

Satu porsi kupat glabed ini hanya sekitar Rp10.000 – Rp15.000 saja lho Moms. Moms bisa menemukan penjual kupat glabed di sepanjang jalan di Kota Tegal di pagi hari.

Baca Juga: Selain Pempek, Ini 7 Kuliner Khas Palembang yang Harus Dicoba

4. Pemalang – Grombyang

kuliner pantura

Foto: idntimes.com

Saat sudah sampai di Kota Pemalang, Moms dan keluarga bisa mampir ke Nasi Grombyang Pak H. Warso yang berada di dekat alun-alun kota. Di sini Moms bisa mencicipi makanan khas Kota Pemalang yang sudah melegenda.

Kuliner di jalur pantura yang hampir mirip dengan rawon ini sangat nikmat disantap di siang hari atau sebagai menu berbuka puasa. Bedanya dengan rawon, kuahnya lebih encer namun dengan bumbu rempah yang kuat.

Apalagi ditambah dengan campuran kelapa sangrai yang membuatnya semakin nikmat disantap. Isinya berupa potongan daging sapi atau daging kerbau yang empuk dan tidak alot. Satu porsinya bisa Moms tebus seharga Rp15.000 – Rp20.000.

5. Semarang – Soto Bangkong

kuliner pantura

Foto: travelingyuk.com

Ketika sudah sampai di Kota Semarang, sajian soto legendaris dari Soto Bangkong menjadi salah satu yang wajib Moms coba. Bangkong bukan berarti kodok ya Moms, walaupun bahasa Jawa-nya memang demikian. Bangkong di sini adalah karena letaknya berada di perempatan Bangkong.

Isi sotonya memang hampir sama seperti soto pada umumnya, namun yang membuatnya berbeda adalah penyajiannya yang menggunakan mangkuk kecil, isian daging sapi, dan kuah soto yang gurih. Ditambah dengan taburan bawang merah dan bawang putih yang membuat soto ini banyak disukai.

Berada di Ruko Bangkong Plaza Blok A/1, Kota Semarang, Moms bisa mencicipi soto legenda ini dengan harga Rp15.000 – Rp25.000 untuk satu porsinya.

Baca Juga: Gurih Manis Lumpia Semarang, Ini Resepnya!

Nah itu dia Moms 5 kuliner di jalur pantura yang bisa didatangi dan diicip saat mudik lebaran nanti. Apakah Moms pernah mencoba salah satunya? Atau Moms punya rekomendasi lain? Coba share Moms di bawah buat Moms lainnya.

(IRN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait