Jalan-jalan

15 Juli 2021

15 Makanan Khas Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

Enak dan bikin ketagihan, mana yang sudah Moms coba?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Widya Citra Andini

Daftar isi artikel

Kota ini menyuguhkan banyak kuliner khas yang wajib dicoba. Berikut adalah beberapa makanan khas Malang yang lezat dan sayang untuk dilewatkan saat Moms berkunjung ke kota berhawa dingin ini.

Makanan Khas Malang

1. Rawon Dengkul

rawon

Foto: jagomasakenak.blogspot.co.id

Makanan berkuah hitam ini adalah makanan khas Malang yang tidak boleh Moms lewatkan. Selain gurih dan manis, penggunaan daging dengkul yang empuk semakin memperkaya rasa.

Agar lebih nikmat, Moms bisa menambahkan kecambah dan sambal untuk menambah sensasi segar dan krenyes. Penyajiannya sendiri, bisa langsung dicampur dengan nasi atau dipisah.

Baca Juga: Makanan yang Sering Ada di Drama Korea Ini Ternyata Enak Dicoba!

2. Mendol

mendol 768x566

Foto: teraskreasi.com

Mendol ini terlihat seperti tempe tetapi dengan bentuk yang unik, yakni bulat memanjang. Namun, mendol berbeda dengan tempe.

Makanan khas Malang ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Mendol diberikan bumbu sedemikian rupa dan diolah dengan tingkat kematangan yang pas.

Makanan ini bisa dengan mudah kamu jumpai di warung-warung makan yang ada di Malang, terutama pada warung nasi pecel lele atau rawon.

3. Bakso Bakar

bakso bakar

Foto: putrinyanormal.com

Siapa yang tidak terpincut dengan olahan daging ini? Bakso yang kaya rasa ini dibakar dengan menggunakan bumbu khusus yang makin memanjakan lidah.

Rasanya yang smoky dan pedas membuat siapa pun yang mencobanya pasti ketagihan.

Bakso bakar merupakan makanan khas Malang yang sedang naik daun.

Melalui inovasi dalam bidang kuliner yang sangat cerdas, masyarakat Malang mencetuskan makanan yang sederhana tetapi bisa sangat diterima di masyarakat.

4. Orem-orem

orem orem 768x512

Foto: anomaharya.com

Kuliner lain yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Malang adalah orem- orem.

Malang memang dikenal sebagai kota penghasil tempe, dengan bahan yang sederhana ini terciptalah makanan khas yaang diberi nama orem-orem.

Orem-orem merupakan makanan berkuah berbahan dasar tempe yang sudah digoreng dan diiris tipis.

Sebelum digoreng, tempe ini sudah diberikan bumbu-bumbu khas yang membuat rasanya lebih nikmat.

Dalam penyajianya, orem-orem biasanya ditemani dengan suwiran daging ayam, telor asin rebus dan kuah santan yang sangat kental.

Untuk rasa kuah santan sendiri hampir mirip dengan kuah sayur lodeh. Namun, olahan kuah untuk orem-orem rasanya pedas.. Nikmat bukan?

Baca Juga: Makanan Halal Ternyata Ada Juga di Negara Ini

5. Cwie Mie

cwie mie malang

Foto: masakandapurku.com

Untuk penggemar mie, Moms bisa coba cwie mie. Makanan khas Malang ini serupa dengan bakmi ayam hanya saja topping cwie mie berupa ayam yang dicincang halus sehingga menyerupai abon.

Pada mulanya makanan khas Malang yang satu ini merupakan makanan yang memiliki ciri khas Tionghoa. Seiring perkembangan jaman, makanan ini berubah namanaya menjadi pangsit mie.

Nama yang diberikan juga tak lepas dari sajian makanan itu sendiri yang penyajiannya selalu dilengkapi pangsit.

Dalam penyajiannya, mie ini biasanya disajikan dengan pangsit, daging ayam cicncang, daun bawang, dan kuah bening yang sangat segar.

Berbagai macam rempah pilihan yang digunakan sebagai bumbu pada makanan ini memberikan rasa yang enak dan bisa bikin orang ketagihan.

Untuk penyuka makanan pedas, makanan ini sangat lezat jika ditambahkan sambal.

Tak hanya itu, cita rasa mienya lebih asin dibandingkkan dengan bakmi ayam biasa. Penyajiannya disertai dengan kuah gurih serta selada segar.

6. Sego Goreng Mawut

nasi goreng mawut paling enak di indonesia 768x513

Foto: teraskreasi.com

Sego Goreng Mawut merupakan makanan khas Malang yang unik. Sego goreng artinya nasi goreng. Namun, yang membedakan nasi goreng dengan sego goreng mawut adalah campurannya.

Sego goreng mawut juga menambahkan mie dalam sajiannya. Paduan cita rasa nasi dan mie goreng menyatu. Biasanya saat makan Moms juga akan disuguhi acar.

Jenis mie yang digunakan juga berbeda, karena mie yang digunakan pada sego goreng mawut ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan nasi goreng magelangan.

Biarpun memiliki kesamaan dalam bahan makanan dan sajianya, rasa yang diberikan berbeda dengan rempah dan ciri khas masakan Jawa Timur yaitu asin pedas.

Baca Juga: Suka Kulineran? Ini 4 Tips Wisata Kuliner Dari Food Blogger Hans Danial

7. Bakso Malang

bakso malang 768x534

Foto: maminusantara.blogspot.com

Belum lengkap rasanya jika ke Malang tanpa mencicipi Bakso Malang. Makanan khas Malang ini berisi bakso, mie kuning, pangsit goreng, siomay, dan tahu yang disiram dengan kuah kaldu sapi.

Kedai bakso Malang sangat mudah dijumpai di kota ini.

Jika memiliki selera makan dengan cita rasa pedas, Moms bisa memberikan tambahan sambal atau saus untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.

Moms bisa menemukan kedai yang menyediakan bakso yang terkenal di Malang, seperti Bakso President. Kedai yang berdiri sejak tahun 1977 ini berada tepat di samping rel kereta aktif jurusan Surabaya-Malang.

Jadi, kalau Moms berkunjung ke sini maka akan ada sensasi tersendiri saat asyik melahap seporsi bakso hangat.

Bakso President menawarkan varian bakso, seperti bakso goreng, bakso bakar, dan sebagainya. Nah, untuk mencicipi bakso ini, Moms cukup membayar sekitar Rp 30 ribu - 50 ribu.

8. Rujak Cingur

rujak cingut.jpg

Foto: masakapahariini.com

Rujak cingur merupakan makanan khas Jawa Timur yang sudah menyebar dan menjadi ikon Provinsi Jawa Timur sendiri. Makanan ini juga bisa Moms temukan di kota Malang saat berkunjung ke sana.

Rujak cingur sendiri memiliki bahan utama dari cingur sapi atau mulut sapi yang diolah dan diberikan bumbu-bumbu rempah sehingga memberikan rasa yang sangat nikmat.

Dalam penyajianya, makanan khas Malang ini disajikan dengan sayuran, irisan tahu, irisan tempe, toge, kacang panjang, dan kerupuk. Juga tak lupa disiram menggunakan saus petis yang kental dan sangat khas.

9. Soto Geprak

soto-geprak-mbah-djo.jpg

Foto: cindenian.com

Ada banyak kuliner khas Malang yang dijajakan pada malam hari dan cocok untuk pecinta kuliner malam. Namun, saking ramainya warung makanan ini selalu kehabisan stok saat masih sore.

Soto Geprak khas Malang ini memiliki rasa yang sangat diminati masyarakat Malang maupun luar kota. Dengan resep rahasia dari turun temurun, soto geprak selalu habis terjual.

Untuk Moms yang ingin menikmati makanan ini, sangat disarankan mengunjungi warung penjual makanan ini pada sore hari, agar tidak kehabisan.

10. Nasi Pecel Kawi

5fa3f16d9c1cf.jpg

Foto: Kompas.com

Ada juga makanan khas Malang yang hingga sampai saat ini masih banyak peminatnya dan mejadi buruan bagi pecinta kuliner nusantara.

Dengan bahan yang sangat sederhana, kuliner Malang ini memiliki rasa yang sangat luar biasa.

Nasi pecel dengan siraman bumbu kacang ini memberikan rasa yang sangat enak. Tak jarang banyak wisatawan yang berkunjung ke Malang hanya untuk mencicipi nasi pecel khas Malang ini.

Dalam penyajianya, biasanya nasi pecel sendiri disajikan dengan peyek kacang atau kerupuk puli, kerupuk yang terbuat dari nasi.

Saat menyantap pecel ini dalam hidangan lengkap, kamu akan menemukan rasa yang sangat khas.

Baca Juga: 13+ Makanan Khas Jawa yang Paling Terkenal Enaknya

11. Nasi Bakmoy

Nasi-bakmoy.jpg

Foto: dolanyok.com

Nasi Bakmoy merupakan nasi dengan berbagai isian dalam penyajian dan diberikan kuah dengan bumbu-bumbu khas Malang.

Dalam penyajianya, kuliner khas Malang satu ini berisikan potongan daging ayam, tahu, irisan mentimun, dan telor ayam rebus.

Kemudian semua bahan tersebut disiram dengan kuah coklat yang kaya akan rempah.

Rasa nasi bakmoy sangat enak dan sangat cocok dimakan kapan saja pada acara apa saja.

12. Nasi Jagung

nasi jagung.jpg

Foto: pinterest.com

Jika Moms berkunjung ke Malang, maka harus mencoba makanan khas yang satu ini. Makanan khas Malang yang sangat legendaris dan sudah ada saat jaman Belanda.

Dahulu nasi jagung hanya disajikan dengan lauk alakadarnya seperti ikan asin dan menjadi pengganti beras yang sangat mahal pada saat itu.

Dengan berkembangnya jaman, makanan ini menjadi inovasi kuliner yang memiliki daya jual.

Dalam penyajiannya saat ini, nasi jagung bisa diberikan berbagai jenis lauk menarik, seperti irisan telur dadar, daging ayam, sambal goreng tempe, dan mentimun.

Baca Juga: 5 Kuliner di Jalur Pantura yang Wajib Dicoba Saat Mudik

13. Tahu Campur

Tahu-Campur.jpg

Foto: instagram.com/tukangcipicip_

Tahu campur merupakan makanan khas Malang yang sering kali dijajakan pada malam hari. Biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima yang berjualan keliling kampung.

Makanan ini memiliki rasa yang unik dibandingkan dengan makanan yang memiliki bahan dasar sama dari tahu. Tahu campur menggunakan saus petis yang memiliki rasa yang sangat unik.

Dalam sajiannya, tahu campur berisikan toge, mie, dan sawi, ada juga yang ditambah dengan kerupuk dan disiram menggunakan saus petis yang sangat lezat.

14. Sate Landak

sate landak.jpg

Foto: KSM Tour

Baru pertama kali mendengar makanan ini, Moms? Ya, ini adalah sate dari hewan landak.

Dengan olahan dan bumbu-bumbu yang pas, cita rasa makanan khas Malang yang satu ini layak untuk Moms cicipi.

Tekstur dagingya pun lembut dan tidak keras serta berprotein tinggi.

Dalam penyajiannya, makanan ini disajikan seperti sate pada umumnya seperti ditambahkan irisan mentimun, tomat, bawang merah, dan daun kol.

15. Sop Sumsum

d5a4799c-fe29-4231-93b7-1da2a86d6a7f.jpeg

Foto: detikfood

Sop adalah makanan berkuah yang biasa dikreasikan dengan beragam bahan pangan dan bumbu sehingga menghasilkan hidangan yang selalu melekat di lidah setiap orang.

Di Malang ada satu jenis sop yang terkenal, yakni sop sumsum. Salah satu penjual sop sumsum yang terkenal enak di Malang yaitu Sop Sumsum Pak Kayin yang berada di Jl. Cengger Ayam 1 No. 10.

Makanan khas Malang ini disajikan bukan cuma berisikan sayuran segar dan kuah kaldu yang nikmat, tetapi juga tulang sapi dengan sumsum yang siap diseruput.

Sop sumsum milik pak Kayin menjadi pelopor pertama di Malang sehingga tak heran jika warungnya selalu ramai pembeli yang ingin mencicip kelezatan dari sopnya.

Rasa sop yang tidak mengecewakan lidah sudah bisa diperoleh dengan beragam harga, tergantung varian sop sumsum yang dipilih.

Ada sop sumsum seharga 20 ribuan, sop sumsum istimewa seharga 25 ribuan, dan sop sumsum tulang kecil seharga 15 ribuan.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Jawa Timur yang Populer dan Enak

Jadi, mana kuliner khas Malang yang paling menggoda untuk Moms coba?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait