Kesehatan

25 November 2019

5 Obat Alami untuk Masalah Gangguan Pendengaran

Ternyata ada banyak tumbuhan rempah-rempah yang bisa menjadi obat gangguan pendengaran.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak aneka obat alami untuk gangguan pendengaran ini.

Gangguan pendengaran bisa menyebabkan reaksi berbeda-beda pada setiap orang. Padahal gangguan pendengaran harusnya bisa diobati menggunakan bahan alami rumahan.

Dikutip dari National Institute of Deafness and Other Communication Disorders, gangguan pendengaran bisa mengakibatkan masalah sosial, psikologis dan fisik. Gangguan pendengaran dibagi menjadi dua kategori, yakni konduktif dan sensorineural .

Gangguan pendengaran konduktif merupakan masalah yang mudah diperbaiki, dengan operasi singkat dan aman menjadi prosedur paling rumit yang diperlukan untuk menyembuhkannya sepenuhnya.

Sedangkan, gangguan pendengaran sensorineural terjadi ketika ada masalah dengan telinga bagian dalam, tepatnya silia telinga bagian dalam. Silia adalah sel-sel rambut mikroskopis yang menangkap suara masuk, kemudian mengubahnya menjadi sensasi untuk dikirim ke otak.

Jika ada anggota keluarga yang mengalami gangguan pendengaran, Moms tak perlu khawatir dan panik. Moms bisa memberinya pertolongan pertama menggunakan obat-obatan alami di rumah.

Nah, Moms. Inilah obat alami untuk gangguan pendengaran yang bisa Moms gunakan.

1. Jahe

1 - 5 Obat Alami Atasi Masalah Gangguan Pendengaran.jpg

Foto: pixabay.com

Jahe termasuk tanaman rempah yang sudah lama digunakan sebagai obat alami atau herbal. Melansir dari everydayhearing.com, jahe sering dianggap sebagai "makanan super" yang memiliki banyak khasiat sebagai obat herbal.

Ternyata, ia bisa dipakai sebagai obat alami gangguan pendengaran, Moms.

Jahe bisa bertindak sebagai antihistamin, obat penghilang rasa sakit sekaligus antibiotik yang membantu infeksi. Bumbu dapur ini juga mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengatasi peradangan pada sistem saraf.

Padahal sistem saraf juga bertanggung jawab untuk mengambil suara dari telinga ke otak. Sehingga tindakan apa pun dapat meningkatkan sistem saraf, termasuk fungsi pendengaran.

Baca Juga: Bisa Dipakai Memasak, Ini 6 Langkah Cara Menanam Jahe

2. Kunyit

2 - 5 Obat Alami Atasi Masalah Gangguan Pendengaran.jpg

Foto: Pixabay

Kunyit juga termasuk tanaman rempah-rempah yang sudah lama digunakan sebagai obat herbal.

Kunyit kaya sarat dan kalium yang sangat bagus sebagai obat alami gangguan pendengaran. Apalagi tanaman rempah-rempah ini juga sangat bioaktif yang bisa memberikan perubahan positif dan efektif dalam mengobati.

3. Bawang Putih

3 - 5 Obat Alami Atasi Masalah Gangguan Pendengaran.jpg

Foto: Pixabay

Bawang putih sebagai bumbu dapur juga bermanfaat banyak sebagai obat-obatan alami. Karena, bawang putih memiliki sifat antibakteri tertentu yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Melansir dari audicus.com, biasanya infeksi telinga akibat virus bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Dalam hal ini, bawang putih bisa melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri sehingga bisa digunakan sebagai obat alami untuk gangguan pendengaran.

Caranya, ambil minyak bawang putih lalu masukkan ke telinga yang terinfeksi. Jika tidak berefek apapun, Moms bisa langsung memakan bawang putih mentah tersebut.

Baca Juga: Khasiat Bawang Putih untuk Rambut Lengkap dengan Resepnya

4. Ginkgo Biloba

4 - 5 Obat Alami Atasi Masalah Gangguan Pendengaran.jpg

Foto: Pixabay

Pohon gingko adalah tanaman asli Asia dengan daun berbentuk kipas besar yang sudah lama digunakan sebagai obat alami, termasuk untuk gangguan pendengaran.

Tumbuhan ini dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk telinga.

Sirkulasi darah yang lancar ke telinga dapat menjaga fungsinya. Ginkgo juga dianggap bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit kognitif seperti Alzheimer.

5. Spearmint

5 - 5 Obat Alami Atasi Masalah Gangguan Pendengaran.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Asam folat terbukti sangat penting untuk kesehatan telinga. Menurut sebuah studi 2010 yang meneliti 126 orang usia 60 tahun lebih, gangguan pendengaran pada orang usia tua juga berkaitan dengan rendahnya tingkat asam folat.

Spearmint kering adalah bahan alami yang bisa untuk meningkatkan asupan asam folat. Moms bisa mengonsumsinya sebagai makanan penutup atau teh panas. Asam folat juga dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, alpukat, bit, dan kacang-kacangan.

Nah, itulah berbagai obat alami gangguan pendengaran, Moms. Kalau Moms, sudah pernah mencobanya?

Baca Juga: Simak Manfaat Folavit, Suplemen Asam Folat untuk Program Hamil, Yuk!

(SA/DIN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait