Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Anak | Jun 7, 2018

6 Tips Agar Anak Tak Suka Makan Junk Food

Bagikan


Junk food memang sangat menggoda, terutama untuk anak-anak. Tampilannya yang memikat dan rasanya yang enak, mengalahkan keyakinan kita bahwa junk food itu tak baik untuk kesehatan.

Sebagai orang tua, kita perlu mengajarkan anak-anak akan makanan yang sehat dan membiasakan mengonsumsinya. Bila anak terbiasa mengonsumsi makanan yang kurang sehat, bisa memicu risiko penyakit seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung bahkan kanker.

Namun masalahnya, penyebaran iklan junk food cukup gencar kita lihat di media massa. Alhasil, kita agak kerepotan menjaga anak untuk tidak mengonsumsi makanan tersebut.

Tapi jangan khawatir, ada strategi yang dapat Moms terapkan agar Si Kecil tetap terbiasa mengonsumsi makanan yang menyehatkan dan supaya anak tak suka makan junk food!

1. Selalu menyiapkan camilan sehat

Coba selalu sajikan makanan ringan yang menyehatkan di rumah. Misalnya, buah-buahan dan sayuran atau biskuit gandum utuh dan keju.

Simpan makanan ringan yang sehat ini di tempat yang mudah dijangkau anak, sehingga bila ia lapar bisa langsung mengambilnya.

Selain itu, Moms bisa juga menyiapkan semangkuk buah di meja makan untuk menggugah selera makan anak.

2. Hindari menyediakan junk food di rumah

Bila Moms tak ingin Si Kecil mengonsumsi junk food, maka hindari menyediakan makanan tersebut di rumah. Jika Moms selalu menyediakan junk food, pasti anak ingin mencicipinya.

Tak apa-apa bila Moms dan Si Kecil sesekali saja mengonsumsi makanan yang kurang sehat, misalnya ketika bepergian. Setidaknya, tetap batasi junk food yang dikonsumsi buah hati.

Baca juga: Bolehkah Membiarkan Anak Makan Junk Food?

3. Tidak ada tawar-menawar

Hindari junk food sebagai alat tawar-menawar atau berkompromi. Contohnya, Moms menjanjikan anak dengan junk food bila ia mau makan sayur. Padahal, itu hal yang keliru.

Bila mau mengiming-iming agar mau makan sayur atau buah, pilihlah hadiah non makanan.

4. Jangan larang anak sepenuhnya makan junk food

Meskipun Moms tak ingin Si Kecil makan banyak junk food, Moms tidak harus melarangnya sepenuhnya.

Boleh saja bila anak sesekali mengonsumsi junk food misalnya di acara ulang tahun temannya. Tapi beri tahu bahwa tak boleh berlebihan dan cuma boleh makan sedikit saja. 

Jika Moms benar-benar melarangnya, saat beranjak dewasa nanti ia bisa ‘balas dendam’ dan makan junk food kelewat batas, yang tentunya akan berisiko pada kesehatannya.

5. Berikan contoh

Anak-anak belajar dengan memerhatikan apa yang orang tua lakukan. Jika Moms tidak ingin anak makan terlalu banyak junk food, jadilah role model yang baik.

Moms harus mengajarkan mengonsumsi makan sehat dan hindari makan banyak makanan cepat saji. Jangan lupa, libatkan anak dalam pemilihan makanan atau camilan yang menyehatkan.

Baca juga: Anak Suka Makan Mie Instan, Apa Efeknya untuk Kesehatan?

6. Hindari memberikan junk food sebagai hadiah

Moms sebaiknya hindari memberikan junk food sebagai hadiah. Misalnya, sebagai hadiah naik kelas atau memenangkan suatu lomba, Moms mengajaknya makan di restoran cepat saji.

Sebagai alternatif hadiah, Moms bisa memberikan mainan favoritnya, peralatan gambar, peralatan olahraga seperti raket, bola basket dan sebagainya.

Terapkan cara-cara ini supaya Si Kecil tak terlalu banyak makan junk food dan lebih memilih mengonsumsi makanan sehat!

(HIL) 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.