Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Keamanan Bayi | Feb 9, 2018

7 Tips Menghindari Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

Bagikan


Tips Agar Bayi Tak Jatuh Dari Tempat Tidur

Posisi Si Kecil di tempat tidur amatlah rentan, Moms tentu harus benar-benar menjaga agar mereka tak sampai terjatuh. Ketahuilah bahwa bayi berusia 0-6 bulan bisa saja terjatuh karena mereka sudah mampu tengkurap dan bergerak dengan aktif.

Meski pada umumnya tak mengakibatkan benturan yang keras pada otak karena kepala mereka masih lunak, Moms tetap harus mengetahui bahwa ada risiko lain seperti mual, benjol maupun demam.

Baca Juga : Gemas, Ternyata Ini Alasan Mengapa Bayi Sering Tersenyum Saat Tidur

Untuk itu, simaklah sejumlah tips agar Si Kecil tak jatuh dari tempat tidur berikut:

1. Atur Posisi Kasur

Bila memungkinkan, Moms harus sebisa mungkin menempatkan sisi-sisi kasur bersentuhan dengan dinding kamar. Selain itu, upayakan pula kasur yang rendah atau bahkan sejajar dengan lantai untuk meminimalisasi risiko mereka terjatuh.

2. Perhatikan Keseimbangan Si Kecil

Selain penting untuk memperhatikan gerakan Si Kecil, hal lain yang perlu Moms perhatikan adalah keseimbangan tubuhnya.

Perhatikan apakah tubuhnya proporsi atau tidak, perhatikan bila kepala Si Kecil lebar besar dan berat ketimbang tubuhnya. Ingatlah bahwa mereka belum bisa mengontrol tubuhnya, sehingga rentan sekali jatuh  bila tubuhnya tak seimbang.

Baca Juga : Bayi Tidur Tanpa Digendong? Bisa!

3. Gunakan Penyangga

Cara yang cukup ampun untuk dilakukan adalah dengan memasang penyangga pada kasur, penyangga ini dapat Moms buat dari bantal dan guling sebagai alternatif membuat pelindung.

Letakkan bantal di kiri dan kanan, bahkan lebih baik lagi bila diletakkan di semua sisi tempat tidur.

4. Atur Posisi Tidur Moms dan Suami

Saat tidur dengan Moms dan suami, Si Kecil masih mungkin untuk terjatuh. Makan itu, sebaiknya atur posisi tidur menyerupai huruf L, di mana suami dan Moms berada di dua sisi yang tidak menempel pada dinding.

Dengan posisi ini Moms dan suami secara tak langsung menjadi penyangga bagi Si Kecil yang mungkin saja berguling dan terjatuh.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

5. Safety Bed Rail

Cara lain yang aman dan ampun mencegah Si Kecil terjatuh dari tempat tidur adalah dengan menggunakan safety bed rail yang dapat dipasang dan copot sesuai dengan kebutuhan.

Moms hanya perlu memasang alat ini saat dibutuhkan, alat ini sangat bagus untuk membatasi gerak dari Si Kecil di tempat tidurnya.

6. Letakkan Kasur atau Alas Tebal di Lantai

Mengantisipasi risiko jatuhnya Si Kecil dapat pula dilakukan dengan meletakkan kasur atau alas yang tebal di lantai. Hal ini dinilai baik untuk mengurangi risiko Si Kecil yang jatuh dan langsung bersentuhan dengan lantai yang keras.

Baca juga: 5 Trik Mudah Atur Pola Tidur Bayi Baru Lahir Tanpa Perlu Bergadang

7. Letakkan di Dalam Boks Bayi

Saat meninggalkan Si Kecil tanpa pengawasan Moms, jangan sekali-sekali membiarkannya berada di tempat tidur tanpa pelindung. Untuk lebih amannya, letakkan mereka di dalam boks bayi yang memang diciptakan sudah dengan penyangga di setiap sisinya.

Nah, sederet tips tadi cukup mudah bukan untuk Moms lakukan guna melindungi Si Kecil dari risiko terjatuh dari tempat tidur?

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.