2-3 tahun

2-3 TAHUN
22 Oktober 2020

9 Aktivitas Anti Bosan untuk Si Kecil selama Pandemi Di Rumah Aja

Moms bisa ajak mereka untuk melakukan kegiatan yang bersifat edukasional.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jika buah hati sudah mulai merasa bosan tinggal di rumah selama pandemi, ajak mereka untuk melakukan kegiatan menarik ini, yuk, Moms.

Moms bisa ajak mereka untuk melakukan kegiatan yang bersifat edukasional.

Dikutip dari Procedia - Social and Behavioral Sciences, berbagai kegiatan anak di luar sekolah sebaiknya digunakan sebagai metode belajar-mengajar untuk menanamkan perilaku sehat kepada anak.

Aktivitas Anak Selama Pandemi di Rumah Aja

Yuk, simak apa saja kegiatan yang bisa Moms coba untuk mengisi waktu buah hati di rumah aja.

Baca Juga: 7 Aktivitas Ini Dapat Merangsang Kemampuan Motorik Halus Anak

1. DIY Tie Dye

Kegiatan Anak di Rumah Aja - Tie Dye

Foto: Orami Photo Stocks

DIY tie dye jadi tren di tahun ini dan menyenangkan dibuat juga, lho, Moms.

Jika Moms tidak ingin ribet, pesan kit secara online. Ada begitu banyak pilihan desain dan warna yang berbeda.

Membuat tie dye bersama anak-anak menawarkan kesempatan besar bagi anak-anak untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

2. Proyek Sains

Mulai dari gunung berapi, kristal, dan reaksi kimia, eksperimen sains menawarkan anak-anak kesempatan luar biasa untuk mempelajari hal-hal baru dan keren.

Buah hati Moms bakal merasa sangat gembira dan bisa mengetahui sains di balik ekperimen kalian.

Baca Juga: Menurut Sains, Bayi Juga Mengenal Warna! Simak Penjelasannya di Sini

3. Membuat Panggung Teater Sendiri

Kegiatan Anak di Rumah Aja - Bermain Teater

Foto: Orami Photo Stocks

Jika buah hati Moms suka berakting, kegiatan ini bisa jadi pilihan yang bagus. Bila umurnya sudah lebih besar, coba minta mereka membuat ceritanya sendiri. Kemudian berkumpul saat makan siang untuk membaca ceritanya di meja sebelum dipentaskan.

Jika buah hati Moms menyukai musik, mereka dapat memilih lagu pengiringnya. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda membutuhkan aktivitas selama setengah hari atau penuh.

4. Proyek Seni

YouTube dipenuhi dengan proyek seni ramah anak. Anak-anak dapat menonton video proyek seni kemudian memilih salah satu yang paling sesuai dengan minat mereka.

Untuk mempersiapkan berbagai proyek seni, belilah barang-barang yang berhubungan dengan seni tersebut. Pastikan untuk melapisi meja agar proyek seni yang berantakan itu tidak mengotori meja Moms. Atau, lakukan proyek seni ini di halaman rumah

Baca Juga: Anak Ikut Kursus Seni, Ini 8 Manfaat yang Akan Didapat

5. Berkebun

Kegiatan Anak di Rumah Aja - Berkebun

Foto: Orami Photo Stocks

Ajari buah hati Moms berkebun agar mereka tahu lebih banyak tentang dari mana asal makanan berada. Kegiatan ini tidak hanya bagus untuk mengajak anak-anak beraktivitas di luar ruangan. Ada banyak peluang untuk mengajarkan ilmu selama prosesnya

6. Menonton Film

Coba menayangkan film anak-anak dan tonton bersama. Kalau bisa, di halaman rumah, di malam hari. Yang Moms butuhkan hanyalah proyektor dan layar sederhana.

Ajak buah hati untuk membuat daftar film favorit di selembar kertas, lalu taruh di topi atau mangkuk dan undi setiap minggu.

Baca Juga: Sedang Banyak Film Horor Diputar, Jangan Ajak Anak Menonton! Ini 7 Pengaruh Buruknya

7. Kompetisi Memasak

Kegiatan Anak di Rumah Aja - Memasak

Foto: Orami Photo Stocks

Yuk, Moms, coba memasak di dapur bersama anak. Moms bisa mengajak anak untuk memasak makanan yang mudah. Misalnya, burger atau sandwich. Kita juga bisa mengajak buah hati untuk baking, lho, Moms

8. Tur Virtual

Banyak museum menawarkan tur virtual gratis. Jadi, jika rencana liburan Moms rusak karena wabah korona, masih ada kesempatan untuk mengenalkan anak Anda pada pengalaman budaya baru.

Di Museum Louvre di Paris, pengunjung virtual dapat menyaksikan pameran barang antik Mesir. Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian juga menawarkan tur virtual dari berbagai pameran sebelumnya.

Banyak juga tur wisata yang yang menawarkan jalan-jalan virtual ke berbagai tempat wisata di luar kota yang belum sempat dikunjungi selama pandemi ini.

9. Berenang dengan Kolam Renang Tiup

Karena tidak bisa berenang ke kolam renang umum, coba berenang dengan kolam renang tiup. Kegiatan air memang auto menyenangkan untuk buah hati, Moms! Yuk, coba akhir minggu ini.

Baca Juga: Mengapa Anak Perlu Diajari Berenang Sejak Dini?

Menjaga Kesehatan Anak agar Bisa Selalu Beraktivitas Sepanjang Pandemi

Foto: Orami.co.id

Dengan segudang aktivitas sang buah hati, Moms pasti ingin memberikan segala yang terbaik. Salah satunya adalah dengan memberikan susu Bebelac Gold 3 yang bernutrisi tinggi.

Bebelac Gold 3 mengandung serat pangan yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan Si Kecil. Susu ini juga mengandung minyak ikan yang bagus untuk perkembangan otaknya.

Susu Bebelac Gold 3 diperkaya juga dengan 13 jenis vitamin dan 7 jenis mineral yang menjaga kesehatan anak dan mendukung tumbuh kembangnya.

Yuk, selalu berikan yang terbaik untuk buah hati tercinta!

(ADV)

Artikel Terkait