Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
1 April 2019

Mengapa Produk Skin Care dengan pH Balance Itu Penting?

Mengapa Produk Skin Care dengan pH Balance Itu Penting?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Jika Moms gemar menggunakan produk perawatan kulit atau skin care, Moms mungkin sadar ada beberapa produk skin care yang mengklaim akan menyeimbangkan pH pada wajah. Moms lalu bertanya-tanya, seberapa penting keseimbangan pH wajah pada skin care?

Pengertian pH itu sendiri merupakan skala untuk mengukur tingkat asam-basa suatu zat dari 1 (paling asam) ke 14 (paling basa), dan pH netral ada di angka 7.

Berbicara kesehatan wajah, kadar pH wajah yang sehat berada di angka 5,5, di mana sedikit lebih asam. Mengutip Hello Giggles, ini karena wajah memiliki mantel asam, yang menutupi kulit sebagai penghalang untuk melindungi kulit dari polutan dan membuat bakteri tidak  berproduksi.

Sangat penting menjaga penghalang ini tetap utuh, karena ketika kadar pH wajah sedikit lebih asam, bisa menciptakan masalah kulit seperti infeksi, jerawat, dan yang lainnya. Sementara bila pH wajah terlalu basa, kulit menjadi kering dan sensitif.

Kadar pH wajah yang tidak seimbang dapat memperlambat pergantian sel pada kulit, akhirnya menyebabkan produksi sebum berlebihan, menyumbat pori-pori, akibatnya menciptakan kulit berjerawat dan komedo.

Moms juga bisa mengalami peradangan, yang bisa menghambat kemampuan kulit menangkal matrix metalloproteinases, yaitu enzim yang memecah kolagen, menyebabkan wajah keriput dan kulit kendur.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Merk Skincare dan Makeup Halal

Tatiana Aynbinder, Beauty Editor Fashion Shift Magazine, dan Konsultan Perawatan Kulit Dermatologi Kosmetik, mengatakan melalui Quora, bahwa beberapa produk pembersih wajah memiliki sifat basa, sehingga menghilangkan pH netral wajah.

Hal ini mendorong kulit untuk menyeimbangkan kembali levelnya dengan membuat kelenjar minyak mengalami produksi minyak berlebih sebagai upaya alami untuk menyeimbangkan kembali pH pada kulit.

Bahkan, beberapa sabun dan produk tertentu membuat kulit rentan terhadap infeksi jamur dan bakteri. Karena itu, ketika memilih sabun wajah, penting memilih pembersih dengan label "pH balancing".

ph lifestyleiresearchnetcom

Foto: llifestyle.iresearchnet.com

Penting juga menjaga kulit dari kerusakan karena faktor luar, seperti sinar matahari, polusi udara, dan kabut asap yang menyebabkan kulit  menua dan keriput.

Tak hanya itu, Moms juga perlu memerhatikan pola makan dengan memilih makanan yang lebih bersifat alkali, seperti sayuran hijau, makan banyak buah jeruk, tomat, dan wortel.

Karena itu, gunakan pembersih yang bisa menyeimbangkan pH wajah untuk menjaga kesehatan kulit. Pilih pembersih yang lembut, namun sedikit lebih asam. Penting juga memakai pelembap, serum, atau toner yang paling tepat untuk jenis kulit untuk menjaga pH seimbang.

Baca Juga: Manfaat Skin Care Untuk Para Wanita Usia 20-an

Seiring bertambah usia, jumlah produksi minyak dan sebum wajah juga akan berkurang, sehingga kemampuan penghalang mantel asam kulit untuk melindungi wajah juga jadi berkurang. Moms bisa menggunakan produk krim yang lebih tebal.

Namun, pada usia yang lebih muda dan rentan terhadap jerawat, bisa menggunakan serum antioksidan dan toner kulit tanpa alkohol yang membantu memulihkan dan menyeimbangkan kembali tingkat pH kulit tanpa melembapkan secara berlebihan.

Itu dia Moms, alasan pentingnya memilih produk skin care yang menawarkan bisa menjaga pH wajah tetap seimbang, agar kulit terhindar dari masalah yang mengganggu penampilan.

(AP)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait