Jalan-jalan

5 Agustus 2021

Berbagai Jenis Alat Musik Petik yang Bisa Moms Coba Ajarkan pada Si Kecil

Alat musik petik mungkin jadi yang paling mudah diajarkan pada Si Kecil, berikut beberapa jenisnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Saat sedang stres, mendengarkan atau bermain musik mungkin menjadi salah satu cara mengatasinya. Namun, tahukah Moms bahwa mengajarkan musik bisa menstimulasi kecerdasan anak? Salah satu alat musik yang bisa Moms ajarkan adalah alat musik petik seperti gitar atau harpa.

Moms pasti sudah tidak asin dengan alat musik jenis ini dan dengan ketekunan dan keinginan untuk bisa mempelajarinya, anak pasti bisa memainkannya.

Secara sederhana, alat musik petik adalah instrumen yang memiliki senar, dan ia dimainkan dengan cara dipetik senarnya sehingga kemudian akan mengeluarkan suara yang indah.

Namun, tidak semua jenis alat musik yang memiliki senar dimainkan dengan cara dipetik. Ada yang perlu digesek untuk menghasilkan suara seperti misalnya biola dan cello.

Namun kali ini, Moms akan melihat-lihat berbagai alat musik petik yang paling populer yang mungkin bisa diajarkan pada anak.

Baca Juga: Kenali Ragam Alat Musik Maluku dan Cara Memainkannya

Jenis-Jenis Alat Musik Petik

Berikut ini adalah beberapa alat musik petik yang bisa Moms kenalkan pada anak:

1. Gitar

Gitar.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Gitar adalah alat musik petik yang paling terkenal dan hampir negara di seluruh dunia mengenal alat musik satu ini. Umumnya, bagian badan dan leher gitar terbuat dari bahan kayu dan ia memiliki 6 dawai untuk dipetik.

Moms bisa memainkannya tidak hanya dipetik, tetapi juga digenjreng menggunakan jari tangan. Ada total 144 chord pada gitar yang bisa digunakan sesuai kebutuhan untuk mendapatkan bunyi atau nada yang sesuai untuk mengiringi sebuah lagu.

Gitar juga bisa dibagi menjadi dua macam, yakni gitar akustik dan gitar elektrik. Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok terkait bunyi yang dihasilkan, ukuran, teknologi yang digunakan hingga harga atau rupiah yang dibutuhkan untuk mendapatkan keduanya.

Supaya bisa memainkan gitar, terlebih dahulu Moms harus mengetahui kunci nada yang ada pada gitar setelah mengetahui bagian-bagian alat musik ini tentunya.

Lima jari tangan kanan bisa Moms tempatkan pada bagian leher dan tangan yang lain pada bagian badan untuk memetik dawai, atau pun dapat sebaliknya jika Moms atau anak kidal.

2. Ukulele

Alat Musik Petik - Ukulele

Foto: makingmusicmag.com

Jika gitar terlalu besar untuk anak, maka Moms bisa mengajarkan anak alat musik petik yang lebih kecil yakni ukulele. Alat musik ukulele umumnya menjadi instrumen utama dalam musik keroncong.

Ukulele juga merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Kepulauan Hawaii.

Alat musik petik ukulele memiliki berbagai jenis ukuran. Umumnya dikenal empat jenis ukulele, yaitu Soprano, concert, Tenor, dan Baritone. Alat musik dengan ukuran sekitar 50 cm ini memiliki suara yang khas.

Dapat dikatakan juga bahwa alat musik satu ini kecil-kecil cabe rawit. Ia cukup mudah dimainkan, tetapi dapat menghasilkan nada yang indah dan khas jika tepat menggunakannya.

Di Indonesia sendiri, alat musik petik satu ini kerap dipopulerkan oleh beberapa musisi seperti Budi Doremi, Payung Teduh, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Bakat Anak, Yuk Coba!

4. Kecapi

Kecapi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata ada juga alat musik tradisional yang bisa dimainkan dengan cara dipetik, yaitu kecapi. Alat musik petik yang berasal dari tanah Sunda ini rasanya begitu terkenal bukan hanya di Jawa Barat saja, tetapi juga oleh semua penduduk pulau Jawa.

Dalam kecapi, jumlah dawainya bermacam-macam, mulai dari 15 hingga 20 dawai, tergantung ukuran dan jenis kecapinya sendiri. Berdasarkan bentuknya, kecapi ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu, Kecapi Parahu dan Kecapi Siter.

Keduanya menggunakan dawai yang diikatkan pada bagian kanan kotak yang berfungsi sebagai tone control.

Sementara jika dilihat dari segi fungsi, kecapi dibagi menjadi 2 yaitu Kecapi Indung dan Kecapi Rincik yang mana Kecapi Rincik memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Kecapi Indung.

Teknik memetik Kecapi ternyata juga beragam, ada teknik petikan dijambret, teknik sintreuk toel dan teknik petikan dijeungkalan.

5. Harpa

Alat Musik Petik - Harpa

Foto: hurimg.com

Harpa berbeda dengan alat musik petik lainnya. Alat musik ini dikenal karena ukurannya yang cukup besar. Tingginya sekitar 180 cm, berbentuk sedikit seperti angka 7, dan memiliki 47 senar dengan panjang yang bervariasi, yang disetel ke nada tuts piano putih.

Biasanya ada satu atau dua harpa dalam orkestra dan mereka memainkan melodi dan harmoni. Moms bisa memainkan harpa duduk dengan kaki di kedua sisi, dengan leher harpa bersandar di bahu kanan.

Setiap senar membunyikan nada yang berbeda dan mereka dibuat dalam warna yang berbeda untuk membantu membedakan satu sama lain. Moms bisa memainkannya dengan memetik senar dengan ujung jari dan ibu jari.

Terlampir di bagian bawah harpa adalah tujuh pedal kaki, yang mengubah titinada setiap senar dan memungkinkan mereka membunyikan titinada tuts hitam pada piano.

Mungkin alat musik ini kurang cocok untuk diberikan kepada anak, mungkin anak-anak yang sudah remaja yang bisa mulai diajarkan alat musik ini karena umumnya anak yang sudah menginjak remaja sudah cukup kuat untuk menopang alat musik ini.

6. Sasando

Alat Musik Petik - Sasando

Foto: greatnesia.id

Alat musik petik tradisional lainnya yang bisa Moms ajarkan kepada anak adalah alat musik Sasando.

Alat musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur dan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik ini mirip dengan alat musik petik lainnya akan tetapi harmoni nada yang dihasilkan memiliki rasa yang berbeda.

Moms pasti akan dengan mudah mengenali alat musik ini berkat bentuknya yang khas.

Sasando juga memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan berdasarkan jumlah dawai yang dimilikinya, yaitu Sasando Engkel (28 dawai), Sasando Dobel (56 – 84 Dawai), dan lainnya. Kini dalam perkembangannya, sasando sudah dapat dijumpai dalam bentuk elektronik.

Baca Juga: 4 Manfaat Terapi Musik untuk Balita Autis, Seru dan Menyenangkan!

7. Banjo

Alat Musik Petik - Banjo

Foto: ibiza-voice.com

Banjo adalah alat musik yang mirip gitar namun ia memiliki bagian tubuh yang bulat. Banjo memiliki jumlah dawai dari 4 hingga 6 seperti gitar dan dalam sejarahnya, ia dikembangkan oleh budak-budak Afrika di Amerika Selatan.

Sesuai dengan daerah asalnya, Banjo biasa digunakan untuk mengiringi musik country yang merupakan musik khas Amerika Selatan.

Alat Musik ini juga banyak digunakan pada aliran musik country atau bluegrass bahkan folk. Dalam beberapa kesempatan, penyanyi terkenal seperti Taylor Swift juga sering membawakan lagu dengan instrument Banjo.

8. Shamimasen

Alat Musik Petik - Shamimasen

Foto: jpninfo.com

Ini adalah alat musik petik khas Jepang yang memiliki arti tiga garis.

Berbeda dengan gitar atau ukulele, shamisen hanya mempunyai 3 buah dawai dan bisa dipetik menggunakan bachi. Alat musik ini terdiri dari 3 bagian utama, yakni Do (badan), Sao (Leher) dan Itomoki (pasak).

Salah satu hal unik dari alat musik ini adalah bagian tubuh shamisen yang dilapisi oleh kulit perut kucing betina atau kulit punggung anjing.

Namun beberapa Shamisen dibuat menggunakan plastik juga. Dawai atau senar yang digunakan berbeda dengan senar yang digunakan pada gitar, dawainya terbuat dari sutra yang dipilin-pilin hingga bisa menghasilkan suara merdu yang diinginkan.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai alat musik petik. Alat musik mana yang ingin diajarkan kepada Si Kecil?

  • https://www.orsymphony.org/learning-community/instruments/strings/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait