29 August 2022

Penyebab Aliando Syarief Mengidap OCD Terungkap, Salah Satunya karena Kekerasan di Rumah!

Aliando Syarief sering dipaksa bekerja
Penyebab Aliando Syarief Mengidap OCD Terungkap, Salah Satunya karena Kekerasan di Rumah!

Foto: instagram.com/aliandooo

Aliando Syarief memutuskan untuk mengurangi aktivitasnya di dunia hiburan Indonesia. Hal ini terjadi karena Aliando mengungkapkan bahwa dirinya mengalami Obsessive Compulsive Disorder (OCD).

Awalnya, tak banyak orang yang mengetahui kondisinya ini, sebab Aliando sengaja tak memberitahu kepada orang di sekitarnya terkecuali keluarganya.

Namun, beberapa waktu lalu melalui akun Instagram-nya Aliando atau yang sapa diakrab Ali ini melakukan siaran langsung untuk menjelaskan kronologi serta kondisi OCD yang ia idap.

Selain melalui Instagram-nya, Aliando juga menceritakan kasus OCD yang ia idap melalui video bersama sahabatnya, Ricky Cuaca, pada 28 Agustus 2022.

Ingin tahu perihal kondisi OCD yang Ali derita? Untuk itu, Moms bisa mencari informasi tersebut melalui artikel ini!

Baca Juga: 5 Ciri Anak Mengidap OCD, Perhatikan Moms!

Fakta-fakta Aliando Syarief Mengidap OCD

Fakta-Fakta Aliando Syarief Terkena OCD
Foto: Fakta-Fakta Aliando Syarief Terkena OCD

Foto: Fakta-Fakta Aliando Syarief Mengidap OCD (Instagram/aliandooo)

Berikut ini beberapa informasi mengenai kondisi Aliando Syarief mengidap OCD yang bisa Moms ketahui.

1. Bermula dari Kesehatan Mental Terganggu

Dalam video yang diunggah oleh Ricky Cuaca, Ali mengungkapkan penyebab OCD yang ia idap selama ini.

Ali mengatakan bahwa OCD ini merupakan dampak dari kasus kriminalitas yang terjadi di rumahnya.

"Ada masalah, ini kriminalitas, jadi ada kasus kriminal yang terjadi di rumah gue, habis itu terkena lah gue OCD," jelas Ali.

Kemudian, Aliando mengatakan bahwa orang terdekatlah yang melakukan tindakan kriminal tersebut.

Buruknya, tindakan kriminal yang ia rasakan memberikan dampak buruk pada kesehatan mental.

2. Mengalami Kekerasan Domestik

Setelah kesehatan mentalnya terganggu, Aliando Syarief mengatakan bahwa dirinya juga kerap mengalami kekerasan domestik yang membuat dirinya selalu dipaksa bekerja tanpa menikmati hasilnya.

"Ada yang bilang Ali ilang kena OCD karena di-judge, gara-gara di-bully, gara-gara enggak laku, udah enggak ada tawaran kali, padahal bukan itu," jelas Aliando.

"Kalau bisa dibilang, kasus gue ini hampir ada namanya domestic abuse, kayak gue dipaksa untuk bekerja, menduiti mereka, kalau enggak, gue disiksa," terangnya lebih lanjut.

Baca Juga: Mengenal Gejala OCD, Tak Hanya Sebatas Gila Kebersihan

3. OCD Ekstrem

Dalam video tersebut Aliando Syarief mengatakan bahwa dirinya tidak sekadar mengalami kondisi OCD biasa, Aliando mengklaim bahwa dirinya mengidap penyakit OCD esktrem.

Aliando juga mengaku bahwa dirinya sempat mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti mandi atau mengambil barang.

“OCD-nya nih OCD ekstrem yang yang gue tuh kayak bener stuck enggak bisa gerak, juga mandi aja tuh bisa mandi tuh susah, kayak mau jalan naik mobil atau ngambil barang itu sulit,” jelasnya.

4. Selalu Dihantui Pikiran Negatif

Selama mengidap OCD, Aliando Syarief mengaku bahwa dirinya selalu dihantui oleh pikiran negatif bahkan dirinya kerap dikendalikan oleh pikiran-pikiran negatif ini.

Maka dari itu, Aliando harus berjuang untuk melawan pikiran negatifnya yang kerap menghambat kegiatan sehari-harinya.

5. Didiagnosis OCD Sejak Kelas 2 SD

Fakta selanjutnya perihal Aliando Syarief mengidap OCD adalah dirinya sudah didiagnosis mengidap OCD sejak kelas 2 SD.

Namun, kondisi OCD-nya semakin memburuk ketika dirinya beranjak dewasa.

"Mungkin karena masih anak-anak ya jadi kita enggak terlalu banyak hal yang kita pikirin, tapi makin gede, di umur 25 ini jadi makin parah," kata Aliando.

Baca Juga: 9 Tanda Alami Penyakit OCD, Apakah Moms Salah Satunya?

Nah, itulah informasi lengkap mengenai Aliando Syarief mengidap OCD yang bisa Moms ketahui. Mari kita doakan untuk kesehatannya, ya Moms!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb