04 November 2018

Berapa Kali Harus Mengganti dan Mencuci Handuk?

Jangan malas mengganti handuk!
Berapa Kali Harus Mengganti dan Mencuci Handuk?

Apakah Moms termasuk sering mencuci handuk? Berapa kali dalam sebulan Moms mencuci handuk dan menggantinya dengan yang baru?

Bila Moms termasuk yang jarang mencuci handuk, sebaiknya ubah kebiasaan ini.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh ahli mikrobiologi di Universitas Arizona, Charles Gerba, hampir 90% handuk kamar mandi terkontaminasi bakteri coliform, bakteri yang ditemukan pada kotoran manusia.

Charles juga menemukan bahwa 14% handuk kamar mandi mengandung E.coli. Hal ini bisa terjadi karena handuk menjebak bakteri dari permukaan kulit manusia.

Bakteri juga mudah berkembang pada handuk karena kondisi handuk yang lembap, hangat dan berada di kamar mandi yang gelap.

Untungya, Emily Martin, asisten profesor epidemiologi di Universitas of Michigan School of Public Health mengungkapkan bahwa sebagian besar bakteri tidak akan berbahaya, karena mereka berasal dari Moms.

“Tubuh kita disesuaikan untuk bisa hidup dengan semua mikroba ini,” kata Emily.

Namun, Moms kemungkinan berisiko sakit jika berbagi handuk, dan memiliki luka atau lecet, sehingga bakteri dan mikroba dari handuk bisa masuk ke tubuh Moms.

Baca Juga : Ini 7 Langkah Praktis Merawat Handuk Agar Tetap Bersih

Cuci Handuk Secara Rutin

shutterstock 302060504
Foto: shutterstock 302060504

Namun, Moms tidak perlu khawatir, jumlah bakteri bisa dibatasi dengan cara mencuci handuk sesering mungkin.

Charles mengatakan handuk kamar mandi harus dicuci setelah dua hari pemakaian, apalagi jika rumah Moms terdapat anak kecil.

Untuk menghilangkan bakteri dengan benar, Charles menyarankan agar menggunakan deterjen dengan pemutih oksigen yang diaktifkan.

Karena deterjen normal tidak akan membersihkannya secara menyeluruh.

Selain itu, Susan Whittier, direktur mikrobiologi klinis di New York Presbyterian dan Columbia University Medical Center, mengatakan bahwa jika handuk Moms kering, kemungkinan bakteri yang muncul jauh lebih sedikit.

Meski begitu, tetap saja dia merekomendasikan untuk mencuci semua handuk setidaknya seminggu sekali, apalagi jika sudah muncul bau tak sedap dari handuk Moms.

Jadi, jangan malas untuk rutin mengganti handuk dan mencucinya secara rutin ya, Moms!

Sumber : meetdoctor.com

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb